Teknik Industri ITB Susah? (vol. 2, part 1)

677 26 7
                                    

Jadi seperti janji gue, di chapter ini gue akan membahas mengenai matkul-matkul yang gue ambil semester ini, termasuk di dalamnya perkara kuliah online dan ujiannya serta serpihan tips.

1. Penelitian Operasional (OR/Operational Research)

Jujur se-nguli-ngulinya matkul ini, gue suka sih. Inget ga pelajaran program linear di SMA? Yang ada beberapa persamaan, terus dibikin grafiknya, dicari daerah himpunan penyelesaiannya, terus dimasukin lagi ke fungsi objektifnya buat dicari nilai maksimum/minimumnya. Pokoknya kek gambar di bawah ini deh.

Gue emang dari SMA suka Matematika sih dan adanya matkul ini adalah satu penghiburan bagi gue

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Gue emang dari SMA suka Matematika sih dan adanya matkul ini adalah satu penghiburan bagi gue. Like, finally, something that I can understand :'). Ini adalah matkul yang bagi gue adalah matkul di mana hasil tidak mengkhianati usahanya. Emang gue menghabiskan berjam-jam bahkan berhari-hari untuk belajar, tapi ya emang mempersiapkan gue untuk bisa ngerjain ujian.

Eh ilah sorry kebanyakan curhat.

Matkul ini intinya belajar cara mencari nilai optimal dari suati fungsi objektif. Gak kayak SMA yang hanya 2 variabel, dengan berbagai rumus dan software kita bisa nyari solusi untuk lebih dari 2 variabel. Nanti belajar pake metode simpleks, simpleks transportasi, Russel, Brach and Bound, dkk. pokoknya. Sampe belajar pake software Lingo buat nyelesaiin persamaan dalam satu kali klik.

Sebenernya gue gak seberuntung itu. Gue dapet dosennya yang, mon maaf, gak bisa bikin atmosfer belajar yang mumpuni. Kuis pertama gue juga ancur total, gue salah ngerjain dari awal. Pas UTS, gue belajar dari soal tahun lalu dan tipenya mirip, jadi gue bisa ngerjain. Meskipun gitu, ngerjainnya harus ngebut banget, kalo ga, ga bakal selesai.

Pas kuliah online, kelas gue diajarnya sama dosen yang WUIHHHH MANTEB POL POKOKNYA BAPAK! Ngejelasinnya super niat dan sengerti itulah. Pokoknya mau sungkem aja sama bapaknya. Terus kami juga dikasih tugas besar. Kerjaan gak jauh-jauh dari materinya. Cari permasalahan, bangun modelnya, persamaan, cari solusi, bikin laporan secara keseluruhan. Jujur di sini gue beruntung sekaligus ga beruntung. Gue sekelompok sama anak-anak jenius jadinya kerjaan kelompok gue seberes dan seselesai itu. Tapinya, gue gak banyak bantu mikir karena sebagian besar mereka yang kerjain. Hehe.

Buat ujiannya ya itu dia. Biasanya soalnya banyak dan bercabang. Waktunya sempit, soalnya soal cerita berparagraf gitu. Dan ga semua informasi di soal itu kepake di perhitungan. Ada informasi yang cuma buat ngejebak doang. Latihan baca cepet dan teliti deh pokoknya. Waktu UAS kan udah online, nah, gila sih. Dikasih 3 soal yang masing-masingnya bercabang, padahal biasanya kita cuma dikasih 1 soal yang bercabang. Kebayang kan tuh ngebutnya sengebut apa. Bayangin lah 1 soal harus bangun persamaannya, buat modelnya, cari solusi, terus kesimpulan. Terus foto, dan upload di Google Classroom. Gemeter, gemeter dah.

Tipsnya, pokoknya banyakin latihan soal

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Tipsnya, pokoknya banyakin latihan soal. Kerjain soal yang tahun lalu sangat berguna. Latih terus tiap metode sampe hapal. Gue selama belajar hanya ngandelin PPT dari dosen karena udah lengkap banget, dan latihan soal dari soal kating tahun lalu. Belajar bareng temen, minimal pastiin jawaban dan cara yang lo pake udah bener. Jangan sampe salah konsep. Jangan panik pas ujian, terutama online. Kerjakan sebaik yang kamu bisa. Simingit.

2. Statistika Industri (Statin)

Yoi seperti namanya, ini akan belajar statistika, peluang-peluang, selang kepercayaan, rentang toleransi, random variable, dkk. dah pokoknya. Ini matkul udah bestie banget sama Teori Probabilitas di semester 3 kemarin. Jujur gue agak takut ketemu lagi, soalnya kemarin aja Teori Probabilitas gue cuma dapet BC, ya lumayan si, tapi tetep aja trauma, soalnya dapet dosennya juga sama lagi. Kek mengenang luka lama gitu.

Tapi di sini gue lebih kencengin lagi belajar, berusaha gak tidur di kelas, pokoknya ketika gue masuk kelas, gue harus dapet ilmu. Titik. Ditambah juga gue belajar dari kelas lain yang dosennya lebih enak metode ngajarnya. Ditambah juga lagi gue kencengin latihan soal. Dan akhirnya, akhirnya, pertama kalinya, nilai UTS gue dapet di atas rata-rata kelas! Kapan lagi lah ini terjadi. Apakah gue bermimpi?

Udah gitu abis UTS kan gak lama kemudian corona datang. Dosen gue mulai suka ngasih tugas gitu, ya lumayan membantu nilai juga si. O, ya, di sini kita diajarin pake tools lain buat ngitung. Kayak Excel dan Minitab. Buku pegangannya masih sama, yaitu pake Walpole.

Tapi ujiannya senguli itu coy. Udah ngitung pake Excel pun rasanya udah ga keburu. Ujiannya sama kayak Penelitian Operasional tadi, tiap nomor dikasih rentang waktu, terus harus segera submit di Google Classroom. Sumpah gue udah mau nangis, ga bisa apa-apa pas ujian. Sebagian besar nomor gue cuma nulis rumus dan caranya aja, gak sempet diitung. Untunglah masih dikasih nilai. Makasih, Pak, btw.

Gue inget banget abis ujian tuh langsung ikut tutorial dari kating karena besok harinya ujian Penelitian Operasional. Gila, masih sedih karena yang ujian tadi ga tau nilainya berapa, harus udah dibombardir belajar lagi. Makasih sebesar-besarnya kepada diri gue yang waktu itu, makasih udah kuat bertahan. Terharu.

 Terharu

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

3. Analisis dan Estimasi Biaya (Anabi/Estibi)

Ini kalo singkatnya ditanya, ini tuh belajar akutansi. Tapi tenang, gak serumit anak STAN kok. Di sini belajar bikin laporan keuangan, dll. Terus apa bedanya dari anak akutansi? Di sini kita diajak untuk bisa berpikir, belajar, dan menganalisis keterkaitan antarakun, kenapa bisa segitu, kok naik, kok turun, dll. Gue berusaha tidak antipati duluan sama matkul ini sih tapi nyatanya tetep aja susah.

Kemarin waktu UTS gue kek udah belajar gitu dan gue ngerasa lumayan bisa ngerjainnya eh nilai gue masih dibawah rata-rata kelas. Gue salah kelas apa ya? Intinya harus banyak latian soal sih, kasus ini gimana, kasus itu gimana. Terus ngerjainnya harus lumayan gercep gitu supaya keburu. Pas UAS soalnya pilihan ganda pake google form. Soalnya bahasa inggris dan sebenarnya ada di internet gitu. Ada soal esai juga.

4. Pengantar Ergonomi

Ini ilmu kenyamanan. AZEK. Jadi pokoknya kita belajar segala sesuatu gimana manusia bisa nyaman sama lingkungan kerja, alat-alat yang dia pake, dll. Kayak seharusnya tuh keyboard desainnya kayak gini, biar mengurangi pegel penggunanya.

 Kayak seharusnya tuh keyboard desainnya kayak gini, biar mengurangi pegel penggunanya

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Pokoknya ngebahas aspek manusianya, dari segi fisik, budaya, cara kerja, dll. Ini matkulnya santuy si. Ujiannya biasanya tergantung dosen, gue dapet dosen yang kalo ujian pokoknya kek logika, pemahaman, contoh kasus, dahlah ngebacot ae yang panjang.

Masih ada 5 matkul lagi yang gue ambil di semester ini, sampe jumpa di chapter selanjutnya karena ternyata chapter ini sepanjang itu...

ITB (Ini Tips Bertahan)Where stories live. Discover now