KeeeOoooOSsSsSSSS

1.4K 67 6
                                    

Dari tadi ceritain kampus gajah tapi ada bagian terpenting yang belum kalian denger.

KEOS.

Apa, sih, itu keos? Keos itu sebenernya dari bahasa Inggris, chaos yang artinya kekacauan. Yak, tepat sekali. Pokoknya keos itu melambangkan tugas tiada akhir, sedikitnya jam tidur, dan waktu yang seakan-akan terus mengejar.

Kalo daritadi gue cerita, mungkin kalian bertanya-tanya apakah kegiatan gue di kampus, dan apakah gue sibuk, dan apakah gue pusing kuliah di sini. Jawabannya adalah... COY PUSING SUMPEH DAH!

Pas awal kuliah gue tuh masih bisa efektif belajar sesuai sksnya (jadi kalo 4 sks gue belajar 4 jam per minggu itu masih sempet). Tapi semenjak gue aktif di empat unit kegiatan, dan salah satunya adalah unit ibadah, gue mulai pusing. Yang pertama, tugas kaderisasi yang suruh gue wawancara. Itu bener-bener nyita waktu banget. Terus tuntutan unit yang mengharuskan gue latihan sampe malem. Terus rumah gue jauh dari kampus. Perjalanan pulang pergi aja udah ngabisin 2 jam dan kalo gue pulang malem otomatis sampe rumah udah cape dan tinggal tidur. Lantas belajarnya kapan dong?

Akhirnya gue lepas satu unit. Sisa 3 unit lagi. Gue juga ditunjuk jadi salah satu penanggung jawab kegiatan rutin mingguan. Gue juga ngambil tanggung jawab sebagai panitia di acara yang lumayan gede.

Udah banyak tanggung jawab, panitia, unit, dan akademik yang harus gue urus. Gue juga mulai disibukkan dengan tugas kerja kelompok, makalah, laporan praktikum dan tugas gamtek yang jahanam itu.

Kadang juga semua kegiatan bentrok di satu waktu sehingga gue harus kocar kacir sana sini ngurus surat izin. Belum lagi kegiatan di hari Sabtu dan Minggu yang harusnya libur.

Belum lagi ngurusin orang tua gue yang ngomel karena anaknya pulang malem mulu.

Belum lagi nilai gue yang mulai mendekati ambang kehancuran (GAMTEK GUE COY 50 AJA GA SAMPE).

Kalo ditanya, kenapa gue mau mengambil semua tanggung jawab itu? Gue kok kesannya menyibukkan diri sendiri?

Gue mikirin soft skill gue. Di unit gue mengembangkan diri gue dan mengetahui bakat gue yang selama ini gue pikir ga bisa. Gue ketemu banyak jenis orang dan belajar berani ngomong di depan orang banyak. Gue ketemu banyak kakak tingkat yang bisa gue ambil ilmunya. Gue memperlebar relasi yang gue punya. Gue gak mau cuma fokus melulu di akademik yang gak akan mungkin menyelamatkan gue secara sukses di dunia kerja nanti.

Gue seneng sih di sini banyak tempat buat gue ngembangin hal yang gue suka. Gue juga seneng ketemu temen-temen baru, orang-orang baru yang bener-bener cerdas, unik, jenius maksimal. Tapi, di satu sisi gue cape karena bener-bener ngurangin waktu buat me time, keluarga, temen SMA.

Sampe pernah satu hari gue udah bener-bener cape batin sama semuanya. Mulai dari gue yang dimarahin orangtua karena pulang malem dan tiap hari ke kampus, gak sempet belajar buat kuis, kurang tidur, nilai ancur, terlalu banyak tuntutan unit. Gue ampe nangislah di situ...

Tapi... well, me, myself and I finally survived.

Proses memang melelahkan, tapi lihat dibalik prosesnya, ada hal besar yang menanti lo. Mungkin lo belum bisa tuai dan nikmati sekarang, tapi percayalah Tuhan tau waktu dan saat yang tepat.

ITB (Ini Tips Bertahan)Where stories live. Discover now