Yak

2.7K 99 8
                                    

Jadi, gue akhirnya punya kesempatan menulis lagi setelah dihadapkan pada kekeosan akademik dan unit selama gue jadi mahasiswi di ITB. Gue mau nyeritain nih masa-masa awal gue di ITB sebagai maba imut nan polos.

Perjalanan gue di sini diawali dari diinvitenya gue ke grup angkatan alias grup berisi maba-maba ambis. Fyi, setelah kalian keterima SNMPTN/SBMPTN/ sekarang ada SM (seleksi mandiri), coba search di instagram. Kalo gue sih search ftiitb[tahun] dan di sana tertera kontak person. Nah, lo harus ngechat si kontak person ini berikut ngirim bukti berupa pengumuman seleksi yang menyatakan bahwa lo keterima di fakultas itu.



Sejujurnya di masa-masa inilah bener-bener gue ngerasa bangga banget bisa jadi mahasiswa ITB. Rasanya bener-bener kayak melayang ke langit ketujuhhhh.

Setelah itu, agenda selanjutnya adalah daftar ulang. Sebelum daftar ulang, gue diajak papa gue jalan-jalan di kampus buat ngenalin gue lokasinya (ya, biar gak tersesat di kampus sendiri nantinya, wkwkwk). Akhirnya gue menginjakkan kaki di kampus gajah tercinta. First impression gue adalah kampus ini luas pake banget, dan gue kayanya bakal tersesat dengan sukses di kampus ini.

Singkat cerita, hari daftar ulang tiba. Gue udah nyiapin semua berkas-berkasnya. Pokoknya lengkap beud ampe pusing. Mau daftar ulang aja udah kek ngerjain soal SBMPTN. Di daftar ulang, gue dateng pagi-pagi biar gak rame. Eh ternyata gak rame. Tapi ngantri, udah kek ngantri sembako. Sebelum daftar ulang gue keliling-keliling di halaman parkir Sabuga (fyi, sabuga itu kek auditorium gede buat acara-acara gitu). Di sana kek ada semacam bazzar gitu. Ada yang jual makanan, minuman, buku, spek ospek, sampe asuransi sama jasa bimbel pun ada.

Gue tadinya tuh ga mau beli buku karena udah nanya ke kating (kakak tingkat) katanya di perpustakaan juga bisa pinjem. Tapi, fyi lagi himpunan mahasiswa matematika, kimia, sama fisika itu nerbitin buku latihan soal. Di situ berkumpulah kumpulan-kumpulan soal yang keluar tahun-tahun sebelumnya yang pasti berguna banget buat latihan penguasaan materi. Gue yang udah kebawa kebiasaan belajar dari latihan soal sejak SBMPTN pun tertarik buat beli. Harganya 40rb 1 bukunya. Karena gue beli 3 buku (matematika (kalkulus), fisika, sama kimia), maka ludeslah 120 rb dalam sehari, belum lagi gue beli jas laboratorium buat nanti praktikum.

Udah puas ngabisin duit, gue masuk ke Sabuga buat daftar ulang. Ngantri banget parah, untungnya berkas gue lengkap jadi ga perlu pusing-pusing ngurus kasus segala macem.

O, iya, sekedar bukan promosi, hehe. Jadi kan kita disuruh bawa laporan cek kesehatan, lebih baik kalian ceknya di Bumi Medika Ganesha aja. Letaknya di seberang kampus ITB Ganesha karena dijamin memenuhi syarat.

Pas daftar ulang gue kenalan sama satu cewek yang duduk di kiri gue. Percakapan gue sama dia cuma sekedar 'wah, daftar ulangnya rame, ya' 'wah, kamu dari luar bandung, ya?' dan hal-hal membosankan lainnya.

Abis daftar ulang itu fakultas gue ngadain gathering gitu dan gue dengan semangatnya dateng karena mau nyari temen. Because, ya gue gak punya temen samsek di fakultas ini. Di gathering itu gue mencoba jadi anak yang sok asik dan membuka diri untuk bergaul. Gue kenalan sama beberapa orang dan gak ada samsek yang dari Bandung. Semua dari luar kota, bahkan luar pulau Jawa. Waw, gue berada di tengah-tengah anak rantau guys.

Gak banyak yang bisa diceritain dari gathering waktu itu. Karena, ya, emang belum punya temen dan... belum berkesan aja.

Agenda setelah daftar ulang bisa dibilang membosankan. Isinya cuma diem di Sabuga, dengerin ceramah yang ngebangkitin semangat dan kebanggaan sebagai anak ITB. Dan, tiap kegiatan, selalu kita wajib pake jas almamater warna deep cobalt blue tapi boong.

 Dan, tiap kegiatan, selalu kita wajib pake jas almamater warna deep cobalt blue tapi boong

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Jujur, inilah jamal impian gue waktu SMA, dan sekarang gue udah memilikinya sepenuhnya.

Ea.

Eh, tapi waktu itu sempet dateng Taufik Hidayat sama Dahlan Iskan lho pembicaranya. Wedew.

ITB (Ini Tips Bertahan)Where stories live. Discover now