Unit

1.3K 60 0
                                    

Sebenernya di part ini gue mau bahas unit yang gue ikutin aja. Tapi, demi menjaga identitas gue yang asli, gue akan bahas unit-unit yang sekiranya gue tau. Jadi, kalian bisa nimbang-nimbang unit apa yang bakal kalian ikutin.

Tapi sebelumnya, seperti yang udah gue bilang, unit itu kayak ekskul kalo di SMA. Ikut unit adalah pilihan masing-masing. Kalo gak mau ikut pun boleh. Tapi, unit itu jadi sarana ngembangin hobi, bakat, dan softskill lo. Jadi, sayan banget kalo lo gak ikut apapun. Selain itu juga nambah relasi dan percayalah ini sangat berguna untuk hidupmu ke depannya.

Di sini gue juga bakal bahas tentang pelantikan dan kaderisasinya nih. Jadi sebelum resmi menjadi anggota suatu unit, lo perlu dikader( disiapkan). Setelah itu baru dilantik dan resmi jadi anggota. Proses kader tiap unit beda-beda, ada yang sebentar udah lantik, dan ada yang lama banget. Intinya kalo mau jadi anggota suatu unit lo harus bertahan menghadapi proses kader sampe akhirnya lantik.

1. PSM (paduan suara mahasiswa)

Ini salah satu unit yang banyak peminatnya. Unit ini keren karena udah banyak menuai prestasi. Tapi, tentunya lo harus punya suara yang cukup emas ya, soalnya anak-anak di unit ini emang bersuara emas semua. Kan, masuk kuliah sekitar bulan Agustus, nah, PSM ini udah lantik akhir November. Jadi kaderisasi sekitar 3 bulan lah ya. PSM sering disebut unit ibadah karena latian mulu. Ya iyalah latian mulu biar tampilnya keren.

2. KPA (keluarga paduan angklung)

KPA ini pasti akan memukau pas tampil di penerimaan mahasiswa baru. Jadi, yang daftar juga rame. Tapi, fyi, KPA ini kadernya lama. Baru lantik akhir Januari. Dan KPA punya julukan unit ibadah alias latihan terus. Tapi, KPA ini bener-bener kayak keluarga. Anak-anaknya bener-bener kekeluaragaan banget, deh.

3. URPA (unit renang dan polo air)

Seperti namanya, ini unit renang. Dan renangnya itu masih di kawasan ITB dan gratis bagi anggota (cuma bayar 50 ribu di awal dan gratis renang seterusnya). Kalo nanti udah lantik, bakal dapet jaket unit yang bagus banget motifnya. Kalo mau cari cici-cici cantik dan koko-koko ganteng, sabi nih gabung unit ini. Lantiknya bulan November akhir.

4. Ludruk

Seperti namanya, ini kesenian dari Jawa. Anak-anak penghuni unit ini kreatif dan receh-receh, sekaligus calon-calon admin shitposting tentang kampus. Pokoknya kayak kritikus kampus, tapi gue suka pemikiran mereka wkwkwk. NAH unit ini GAK ADA KADER jadi langsung anggota dong...

Selain itu juga ada unit MBWG (marching band) (ini juga unit ibadah), atlas (atletik), genshiken dan UKJ(unit kebudayaan jepang) (unit para wibu), infinity (dance), UKSS (unit kebudayaan sumatera selatan), LSS (lingkung seni sunda), dan 80 plus plus lainnnya. Pokoknya di kampus ini banyak banget sarana pengembangan diri deh...

Ada juga Skhole, gerakan ITB mengajar. Jadi kita ngajar anak-anak secara gratis gitu (pengabdian masyarakat). Skhole juga ada kader, dan lantiknya cepet (sekitar bulan Oktober). Tapi, kaderisasinya kejam, karena bakal cuma sedikit yang keterima wkwwk.

ITB (Ini Tips Bertahan)Where stories live. Discover now