Perbedaan sama SMA

1.3K 68 7
                                    

Apa, sih, yang ngebedain kuliah sama SMA? Mungkin ini pertanyaan yang paling sering ditanyain adek-adekku nan polos (gue juga sih waktu SMA).

1. Sistem SKS

SKS itu apaan? Bukan sistem kebut semalam ya... wkwkwk. SKS itu satuan kredit semester. Jadi kalo di SMA 1 mata pelajaran misalnya berdurasi 40 menit dan ada 4 kali pertemuan di kelas setiap minggunya. Kalo di dunia perkuliahan nan jahanam ini, disebutnya sks. Sebut aja kalkulus gue dapet 4 sks setiap minggunya. Artinya, gue bakal dapet 4 jam kesempatan dengerin dosen ngajar cuap-cuap di kelas, 4 jam latihan soal bersama tutor, dan 4 jam belajar mandiri (yang sejujurnya jarang dilakukan).

2. Belajar nyicil itu sangat amat penting

Udah dari SD kebiasaan gue adalah belajar H-1 sebelum ulangan. Tapi, bener-bener Anda akan tewas kalo di kuliah masih belajar cuma H-1. Percayalah. Gue udah jadi korban pemikiran bodoh gue itu. Selain bahannya banyak, lo juga perlu makan waktu banyak buat latihan soal dan mengerti soal itu dari akarnya.

3. Dosen apatis

Dosen tuh bener-bener seapatis itu lho. Udah kek robot cendekiawan. Dia cuma ngajar sekenanya dia dan mau ga mau kita semua dianggap ngerti.

4. Jadwalnya aneh

Kenapa gue bilang aneh? Karena kalo sekolah tuh pasti jadwal teratur ya. Senin sampe Rabu mungkin dari jam 7 sampe jam 3, istirahat 2 kali, dan semacamnya. Kalo kuliah tuh bisa di tengah-tengah kosong 2-4 jam, baru kuliah lagi sore.

Ya, gue baru kepikiran segitu. Kalo ada yang mau nambahin silakan.

ITB (Ini Tips Bertahan)Where stories live. Discover now