Bahas Matkul Kuy

1.7K 75 6
                                    

Sebagai bagian dari anak ambis FTI, gue dipaksa melahap 7 matkul dan totalnya menjadi 19 sks semester ini. Untuk penjelasan mengenai sks stuff, next chapter, ye.

1. Kalkulus

Seperti yang udah gue bilang di chapter sebelumnya, kalkulus itu ibarat matematika dengan bumbu kekejaman api abadi neraka. Gue yang waktu SMA menobatkan matematika sebagai pelajaran favorit gue harus rela predikat itu ditarik secara paksa. Gue bener-bener benci kalkulus! Ya, ampun, pelajaran apa itu! Bener- bener apa yang udah gue pelajarin pas SMA seakan-akan dihakimi sebagai suatu ilmu yang salah. Seakan-akan pengetahuan gue di SMA tentang integral, turunan, dan lain-lain yang gue anggep sudah mantap itu ternyata salah menurut dosennya.

Kalkulus lebih kek nuntut kita untuk belajar dari akarnya. Kenapa gini, kenapa gitu. Apalagi soal kuis, UTS, maupun UAS itu semua esai. So, kalo gue gak ngerti konsep dan gak bisa ngejabarin, auto tewas lah gue. Dan itulah yang terjadi. Mungkin gak parah, tapi ya... gue sebagai yang suka matematika merasa dikhianati aja.

Dasar lebay!

Contohnya aja kek gini. Integral yang kaya tinggal lo integralin dan masukkin batas pun bisa diubah ke bentuk lain sampe-sampe keluar tuh lambang sigma hingga dikenal dengan sebutan deret Riemann dan ada limitnya segala. Dan, integral yang masukkin batas itu ternyata namanya Teorema Dasar Kalkulus Kedua. Wadidaw, rasanya ingin kucukur jambangku sendiri.

 Wadidaw, rasanya ingin kucukur jambangku sendiri

Ουπς! Αυτή η εικόνα δεν ακολουθεί τους κανόνες περιεχομένου. Για να συνεχίσεις με την δημοσίευση, παρακαλώ αφαίρεσε την ή ανέβασε διαφορετική εικόνα.

2. Fisika

GUE CINTA FISIKA WOY! Fisika adalah matkul yang paling sangat amat sekali luar biasa dapat gue kuasai. Materinya gak aneh-aneh, dan menurut gue ilmu yang gue pelajari pas SMA tinggal gue inget-inget lagi dan gue terapkan dalam pengerjaan soal.

3. Kimia

Pengen ngehujat kimia plis! Padahal Kimia adalah pelajaran yang membuat gue bisa lolos lewat jalur SBMPTN tapi sekarang...

Pengen ngehujat kimia plis! Padahal Kimia adalah pelajaran yang membuat gue bisa lolos lewat jalur SBMPTN tapi sekarang

Ουπς! Αυτή η εικόνα δεν ακολουθεί τους κανόνες περιεχομένου. Για να συνεχίσεις με την δημοσίευση, παρακαλώ αφαίρεσε την ή ανέβασε διαφορετική εικόνα.

Entah gimana ceritanya, ya. Gue masih terima dosennya ngejelasin materi pake power point bahasa inggris. Gue masih terima karena nilai kuis gue aman-aman aja. Gue masih terima kalo materinya ada sedikit-sedikit yang baru. Tapi, waktu akhir semester... Materinya banyak yang teori dan entah gimana gue udah belajar gimanapun eh cuma dapet 58 :(. Terus kek materinya gak jelas gitu.

Gue gak suka kimia tolong :''(

Ουπς! Αυτή η εικόνα δεν ακολουθεί τους κανόνες περιεχομένου. Για να συνεχίσεις με την δημοσίευση, παρακαλώ αφαίρεσε την ή ανέβασε διαφορετική εικόνα.

Gue gak suka kimia tolong :''(. Tapi kok orang-orang pada bisa ya, ampe nilainya 90-an. Dan dosennya tuh kan ngajarnya pake power point dan gue selalu ngantuk dan gak bisa ngikutin. Bahkan sampe 2 jam kuliah gak dapet apa-apa.

O,ya. Fisika sama Kimia itu ada praktikumnya. Mirip SMA, kok. Dan, praktikumlah yang akhirnya menyelamatkan nilai gue dan mempertemukan gue sama kakak asprak(asisten praktikum) ganteng. EHEM.

4. Olahraga

Awalnya gue males parah ada olahraga. Apalagi suka suruh main basket, bola tangan dan kawan-kawannya yang which is gue benci olahraga begituan. Tapi yang gue suka karena olahraga utamanya itu lari. Dan, nantinya baik ujian dan lain-lainnya itu adalah tes lari dan kayak push up, sit up, gitu. Asyique dah menurut gue.

5. TTKI (Tata Tulis Karya Ilmiah)

Ini, tuh, kayak Bahasa Indonesia sih jatohnya. Tapi bener-bener kayak pelajaran B.Indo rasa tenses. Karena kita belajarnya kata baku, struktur kalimat, dll. Udah gitu ada tugas bikin makalah yang sangat memakan waktu. Jadi kita suruh nyari satu topik, boleh eksperimen, survey, gitu-gitu. Terus kita ambil data dan susun laporan.

6. PRD (pengantar rekayasa desain)

Gue gak begitu mudeng maksud matkul ini apa. Intinya matkul ini menuntun kita untuk menjadi anak teknik yang lebih bermakna bagi kehidupan. Tapi emang materinya macem-macem dan luas banget. Sampe-sampe pernah dapet materi farmasi sama biologi segala. Terus kalo ujiannya tuh bahannya dari kuis online dan sama persis. Tapi, bukan berarti gampang ya. Karena kuisnya tuh kagak ada kunci jawabannya. Jadi kadang suka cekcok sama temen. Menurut si ini jawabannya A,menurut yang lain jawabannya B. Ya, begitulah.

7. GAMTEK

YAK! Kenapa harus capslock? Karena matkul ini adalah MATKUL TERDAHSYAT SEPANJANG PERJALANAN HIDUP GUE. Matkul ini gue suka, sekaligus membuat gue berlinangan air mata. Gamtek itu apaan? Gamtek itu kepanjangannya gambar teknik, pake aplikasi solidworks kalo di FTI.

Matkul ini cuma 2 sks tapi berasa 20 sks

Ουπς! Αυτή η εικόνα δεν ακολουθεί τους κανόνες περιεχομένου. Για να συνεχίσεις με την δημοσίευση, παρακαλώ αφαίρεσε την ή ανέβασε διαφορετική εικόνα.

Matkul ini cuma 2 sks tapi berasa 20 sks. Matkul ini itu ada praktikumnya, setiap minggu sekali. Dan sebelum praktikum pasti dikasih modul plus PR yang harus dikerjain. Yah, pokoknya bener-bener nyita waktu dan kesabaran.

YAK SEKIAN pembahasan matkulnya. Kalo ada yang mau tanya sabi langsung komen aja atau dm via wp atau ig.

ITB (Ini Tips Bertahan)Όπου ζουν οι ιστορίες. Ανακάλυψε τώρα