Tips Menghadapi Kuis, UTS, Ujian Kehidupan

1.6K 74 13
                                    

Pas awal-awal kuliah, gue belum disibukkan dengan kegiatan kepanitiaan dan unit sehingga gue masih bisa belajar dengan baik. Nilai gue juga masih batas aman. Tapi bener-bener yang namanya belajar tuh gak bisa sistem kebut semalam, harus bener-bener belajar jauh jauh hari. Dan fyi soal UTS di sini terutama kalkulus, fisika, kimia itu esai semua, jadi gue harus memastikan konsep gue kuat dan bisa untuk menghadapi soal apapun.

Dan sedikit tips dari gue, jangan cuma latihan soal doang. Oke, mungkin sebagian dari temen-temen gue akan menentang ini, tapi ya kembali lagi pada cara belajar kalian masing-masing.

Tips sukses belajar gue di semester satu ITB:

1. Belajar dari buku pegangannya

Untuk bener-bener ngerti konsep gue belajar dari tiga buku sakti (kalkulus( Purcell), fisika (halliday), kimia(Brady)). Buku-buku itu buatan luar dan penjelasannya bener-bener sistematis dan bisa menuntun banget. Ini sedikit testimoni aja. Kuis ketiga kimia gue nilainya 58, karena hanya belajar dari buku latihan soal. Sementara kuis keempat kimia gue nilainya 86 dan belajar dari buku pegangannya.

2. Belajar jauh-jauh hari

Belajarlah sebelum dosen nerangin di kelas biar lo gak blank-blank amat. Belajar lagi setelah kelas dan cicil tiap materinya. Inget, waktu sangatlah berharga.

3. Jangan malu bertanya

Temen-temen di sekelilingmu banyak yang jenius nak, serius. Manfaatin mereka untuk bertanya. Jangan pernah ngerasa pinter. Ini kuncinya. Walau lo anak rangking di SMA lo sekalipun.

4. Ikut tutor

Nah, ini dia hal emas yang gue temui di kampus ini. Kating-kating yang berjiwa mulia sering ngadain tutor gratis menjelang UTS gitu. Ikut aja. Di situ lo bisa nanya-nanya dan minta dijelasin konsepnya.


Karena tips-tips tadi, gue berhasil dapet indeks A untuk Fisika dan Kimia, serta indeks B untuk Kalkulus. Lumayan kan, geng.

ITB (Ini Tips Bertahan)Hikayelerin yaşadığı yer. Şimdi keşfedin