Lokapedia Chapter 19

281 32 8
                                    

Blitar
Blitar adalah sebuah wilayah kota dan kabupaten yang terletak di sebelah selatan Kabupaten Malang. Wilayah ini dahulu bukan bernama Blitar namun lebih lazim disebut Kali Aksa atau Kali Lekso. Wilayah ini sejak lama berperan sebagai jalur penghubung antara dua kerajaan besar yakni Panjalu (yang kemudian berevolusi menjadi Kerajaan Kadiri) dan Janggala (atau Hujung Galuh) yang berpusat di Kahuripan/Sidoarjo. Kala Kediri menjadi kerajaan bawahan Singosari, jalur Kali Aksa masih lazim digunakan sebagai jalur dagang dan transportasi. Karena banyak perdagangan maka wilayah ini makin makmur dan kemudian dijadikan tempat bermukim para rohaniwan sehingga lama-lama dibangun berbagai macam candi di wilayah ini.

Nama Blitar sendiri menurut cerita tutur baru muncul di era Majapahit akhir kala Raja Majapahit memerintahkan seorang panglima perang bernama Nilasuwarna, anak Adipaati Tuban, menuju ke daerah Kali Aksa untuk memberangus gerombolan Orang Tartar at...

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Nama Blitar sendiri menurut cerita tutur baru muncul di era Majapahit akhir kala Raja Majapahit memerintahkan seorang panglima perang bernama Nilasuwarna, anak Adipaati Tuban, menuju ke daerah Kali Aksa untuk memberangus gerombolan Orang Tartar atau Mongol, sisa dari pasukan Kubilai Khan yang dahulu kalah melawan pasukan Raden Wijaya, dan sekarang menjadi perampok di wilayah Jawa Timur bagian selatan.

Sesudah berhasil memberangus para perampok itu, Nilasuwarna diangkat menjadi kepala wilayah di daerah Kali Aksa dan Palah kemudian menyebut wilayah kekuasaannya sebagai Balitar, singkatan dari Bali Tartar atau Orang Tartar yang kembali. Gelarnya semasa memerintah adalah Adipati Ariyo Balitar I.

Pada masa pemerintahan Demak sampai Mataram Islam Balitar adalah wilayah merdeka atau semi otonom sampai kemudian Amangkurat I dari Mataram menyerahkan Balitar kepada Belanda sebagai wilayah hadiah karena Belanda berhasil membantunya memadamkan berbagai pemberontakan. Di bawah Belanda, Balitar adalah wilayah di bawah Karesidenan Kediri.

Pada era kemerdekaan, kabupaten Blitar dipulihkan dan setelah Ir. Soekarno mangkat, pemerintahan Orde Baru memakamkan Soekarno di Blitar bersama dengan kedua orangtua dari proklamator tersebut.


Candi Penataran

Salah satu candi yang dibangun di wilayah Blitar ini adalah Candi Batara Palah atau kita lebih mengenalnya sebagai Candi Penataran. Candi ini fungsinya kurang lebih sama seperti Candi Prambanan di Jawa Tengah yakni sebagai candi utama kerajaan. Pembangunannya diawali oleh Kerajaan Kadiri kemudian diteruskan oleh raja-raja Singosari dan Majapahit.

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.
Lokapala Season 2 : Pahom NarendraWhere stories live. Discover now