DUA PULUH

18.5K 1.7K 40
                                    

"Tapi kamu pernah nyesel nggak sih Pad?" tanyaku setelah meletakkan gelas susu jahe pesananku di atas meja.

"Nyesel apa dulu nih? Kalau soal Divorce nggak.Justru rasanya itu keputusan paling tepat yang pernah ku ambil Ndra. Waktu itu banyak orang yang ngelarang aku buat cerai, bilang kalau keputusan yang ku ambil itu adalah keputusan sembrono, pengaruh emosi yang belum stabil, ya maklum aja ya aku ngajuin gugatan waktu umur dua puluh dua tahun apalagi waktu itu anakku baru umur setahun, keluarga dari kedua belah pihak juga nyuruh mikirin nasip anak gimana cuma ya keputusan aku udah bulat. Cerai." Aku mendengarkan dengan seksama cerita Padma dan aku masih setia mnunggu karena ceritanya belum berakhir di sini.

"Gimana ya Ndra, dulu tuh aku orangnya parnoan banget. Trus tau suami selingkuh, ya ibaratnya mecahin gelas kaca. Mau di lem pake lem paling mahal sekalipun bentuknya nggak bakal sempurna lagi. Dulu aku sempet bertahan selama enam bulan, nyoba maafin dia tapi ternyata nggak semudah itu jalannya. Bawaannya curiga terus, kalau dia pulang lebih malam dari seharusnya langsung pikirannya kemana – mana dan rasanya itu melelahkan Ndra, melelahkan banget. Aku ngerasa ini rumah tangga udah nggak sehat, kalau di paksa di terusin nggak akan baik buat aku ataupun buat anakku makanya ya udah lah cerai aja, kita jalan sendiri – sendiri."

"Paling aku nyeselnya kenapa dulu aku nggak dengerin omongan orang tua buat kuliah, malah ngebet minta kawin. Kalau aja waktu itu aku mau kuliah, setidaknya sekarang aku bisa dapet kerja yang lebih baik, bisa ngasih masa depan ke anakku dengan lebih baik."

"Maaf, kalau boleh tau sekarang kamu kerja di mana Pad?"

"Kerja di pabrik tekstil Ndra."

Aku mengangguk mengerti.

"Kamu sendiri udah berapa bulan?"

Aku mengerutkan kening, tidak mengerti kemana arah pertanyaannya.

"Kehamilan kamu."

"Udah mau jalan lima bulan Pad," jawabku sambil mengusap perutku. "Keliatan ya?"

Dia terkekeh. "Aku pernah hamil juga Ndra."

Sekali lagi kami sama – sama terkekeh. "Tapi semuanya lancar kan?"

"So far sih aman ya, cuma dokter udah warning banget buat bedrest total nggak boleh stress sedikitpun. Makanya ini ngungsi di Jogja selama sebulan."

"Loh kenapa ini malah keluyuran malam – malam kalau emang sama dokter di suruh bedrest total Ndra? Apalagi hawanya lagi kaya gini."

Aku meringis. "Bosen aku seharian di rumah Pad. Biasanya sehari – hari sibuk sama kerjaan ini seharian cuma tiduran, makan, nonton tv."

"Jangan bandel aduh Ndra. Ya walaupun udah melewati tri semester pertama tapi tetep kudu ati – ati juga. Apa kata dokter ya di lakuin jangan malah di langgar. Makannya gimana? Ada gangguan nggak?"

Aku menggeleng. "Nggak sih, kalau untuk makan normal kok."

Padma mengangguk mengerti. "Syukurlah kalau gitu,"katanya hingga beberapa menit kemudian ponselnya berdering, sebuah pesan masuk ke ponselnya.

"Udah di cariin bocah," katanya sambil menunjukkan ponselnya padaku. Aku terkekeh kemudian beranjak dari duduk yang di susul oleh Padma.

***

"Makasih Pad udah di anterin balik walaupun sebenernya nggak perlu di anter juga karena cuma beberapa meter dari gerbang utama," kataku begitu turun dari jok motornya.

"Udah jam segini, nggak baik kalau jalan sendirian. Apalagi kamu baru di sini," katanya. "Oh ya makasih juga udah di bayarin makannya dan udah di bungkusin juga buat Randu."

CURE | MOVE ON SERIES Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang