5. 1: Glosarium Spesial - Ras

99 22 20
                                    

Baiklah, mari beristirahat sejenak dari cerita yang (mungkin) agak berat ini baik dari sisi penulisan ataupun konfliknya.

Kali ini kita akan masuk halaman spesial yang akan saya buat secara random di dalam novel ini untuk menjelaskan tentang worldbuilding yang saya gagas dalam bentuk Glosarium.

Dan karena ini adalah Glosarium, kita hanya akan fokus ke istilah-istilah yang ada dalam novel ini dan menjelaskannya sedikit lebih detail serta (diusahakan) tidak akan membocorkan apapun yang akan muncul ke depannya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo kenal lebih dekat tentang dunia Land of Promising!
___________

• Ras

Di dunia fantasi sering kali disisipkan makhluk berakal seperti manusia yang mampu berbaur atau membuat peradabannya sendiri.

Dari segi fisik, umumnya mereka digambarkan tidak jauh dari fisik manusia, berupa; berjalan dengan dua kaki, berkomunikasi dengan bunyi yang dihasilkan dari mulut, memiliki Lima Indra, dan terbagi atas jantan serta betina.

Hal tersebut bukanlah batasan, karena film-film akhir-akhir ini berhasil menciptakan nuansa peradaban yang di luar nalar seperti pada film 'The Arrival' di mana alien-nya berwujud mirip gurita dan berkomunikasi dengan tinta.

Hal tersebut bukanlah batasan, karena film-film akhir-akhir ini berhasil menciptakan nuansa peradaban yang di luar nalar seperti pada film 'The Arrival' di mana alien-nya berwujud mirip gurita dan berkomunikasi dengan tinta

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.


Tujuan yang demikian sebenarnya hanya untuk memicu perasaan nostalgia bagi pembaca. Sehingga pembaca pun lebih paham dan dapat membayangkan sosok 'yang bukan manusia' itu. Nah... Kurang lebih, seperti itulah yang saya coba garap dalam novel ini.

Meski begitu, jika boleh jujur ide saya ini masih belum orisinil. Karena masih terpaku pada referensi tertentu. Dalam hal ini, referensi terbesar saya berasal dari game keluaran Bethesda, yaitu The Elders Scroll V: Skyrim.

Bagi yang tahu dan pernah memainkannya mungkin akan langsung paham. Karena secara langsung saya mengambil lima ras dengan ciri paling berbeda yang kemudian saya adaptasi.

Kelima ras itu, adalah sebagai berikut:

1. Khii'dar

(Source: WIKIA TES V: Skyrim)

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

(Source: WIKIA TES V: Skyrim)

Khii'dar merupakan ras manusia setengah kucing. Contoh karakter yang telah muncul dan lahir dalam ras ini adalah Radeem yang merupakan teman satu tahanan Louise.

Land of PromisingWhere stories live. Discover now