Wisuda SMA(2)

1.5K 225 52
                                    

Adam maju dengan gagahnya ke podium dan disambut teman-temannya yang berdiri di tempat dan ngasih tepuk tangan untuk si Jenderal bangor itu. Sejujurnya Adam masih mikir, gimana dan apa yang bakal diomongin di depan? Apakah dia bakal dicela dan disela sama guru-gurunya?

"Eum, selamat pagi semua, hai."

Seperti biasa, dia cengengesan dulu. Di bangku undangan, Yanda sana Ibun udah mau buang muka. Bukan anak gue plis.

"Oke, pertama-tama saya meminta maaf dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga sekolah ini mulai dari Pak Kepsek, bapak ibu guru tercinta, teman-teman, pak kebun, pak satpam, pak TU, pak Parkir, mbak kantin dan beberapa pak dan bu lainnya..."

Anjirlah, anak gue boleh refund gak sih?! -kata hati seorang Yanda

"Selama tiga tahun, saya dijuluki Jenderal karena saya selalu menjadi dalang kerusuhan di OVJ..umm...canda sayang. Saya selalu menjadi dalang kerusuhan di sekolah, mulai dari tiang bendera patah karena saya pake pole dance ala-ala, sampai saya pernah gak sengaja nendang bola sepak sampe kena Pak Rudi, guru matematika saya tercinta. Damai ya pak hehe"

Adam ngeliat ke arah Pak Rudi yang garang. Bapak itu hanya tersenyum dan nunjukin jempol. Iya, proses damainya, tuh bapak diikutin ampe ke tempat ngopinya. Yaudah, di situ Adam konsolidasi sampe damai dan bayarin kopi si Bapak! :') Konsolidasi itu berujung pada Adam yang rutin ngajakin ngopi Pak Rudi sambil sesekali nanya kiat-kiat ngerjain soal matematika yang jawabannya hanya guru dan Tuhan yang tau.

"Saya tau, saya nakal. Tapi yang perlu Bapak dan Ibu tahu, saya sedang berusaha untuk belajar menjadi manusia seutuhnya lewat Bapak dan Ibu guru yang senantiasa mengajarkan banyak hal kepada saya. Saya belajar bagaimana menghargai dan dihargai serta memperoleh penghargaan dengan cara yang baik. Terima kasih kepada kedua orang tua saya, Yanda dan Ibun, yang selalu percaya bahwa di masa akhir SMA ini saya ada di tangan yang tepat dan tidak pernah memanjakan saya kecuali ketika saya sakit dan ingin dimanja, hehe...Terima kasih kepada teman-teman saya yang telah mempercayakan gelar valedictorian ini kepada saya. Semoga kita semua dilimpahi keberkahan dan kesuksesan. Salam."

Pidato Adam ditutup oleh riuh tepuk tangan seisi aula. Termasuk Yanda dan Ibun yang awalnya malu punya anak kek dia, tapi jauh dari lubuk hati terdalam, mereka bahagia dan teharu. Apa yang ditanamkan ke Adam sejak kecil berbuah, yaitu memanusiakan manusia dan menghargai segala penghargaan. 

***

"Saik banget pidatonya tadi, tos dulu! Bangga bet gue. Huhh, dah gede ni Adam Khalis. Udah mau sunat dua kali haha"

Adam: Suka ngada-ngada ni Bapak-bapak. Abis dong ntar aset saya kalo cutting laser dua kali

Yanda: Lu kira percetakan stiker, pake cutting laser!

Yanda nyambut Adam saat selesai prosesi Wisuda. Kini semua orang nggak heran dari mana bibit petakilan Adam berasal. Yaiyalah, aturan Bapak meluk anak nih, ini malah diajak tos. Ibun yang liat cuma senyum kecut. Ngerasa kalo emang Adam numpang rahim doang. 

"Udah, udah. Iye iye yang anaknya abis pidato," Seperti biasa, ada aja netijen nyinyir. Yak, kali ini si Ayah yang ngedeketin mereka bareng si kembar dan Bunda. "Selamat ya Bang, gila gak nyangka maling jambu gue jadi valedictorian hahaha"

Adam malu-malu pas Ayah nepok bahunya. Tepokannya keras banget kek atlet Taekwondo. Yah emang bapak-bapak fitness mah gitu ya, suka mengkhawatirkan aja kitu tenaganya. 

Kaia : Gak ada yang nyangka lu bisa ngomong segitu bagusnya sih walau tetep ngeselin. Kenapa gak dari dulu ih benernyaaaa! Kesel gue!

Kei : Tau nih orang! Tadi bunda ampe chat banyak banget padahal kita kepisah bangku doang. Takut lu ngelawak di depan. Ya kan Bun?

Bunda cuma ketawa aja. Haduh, Ayah gak tahan akhirnya narik idung Bunda. 

Ibun : Ew, stop being cheesy ya Buibu, bapak-bapak..

CHU!

Yanda nyium pipi Ibun singkat. 

Yanda : Halah, anda juga pengen kan!

Malu lah si Ibun. Yakali di aula segede ini dia dicium sama Yanda. Oke, gapapa. Ini hari bahagia, semua orang boleh seenaknya, kecuali Ibu. Hari ini dia gaboleh marah. Nanti dibetein Lintang. 

Ayah: "Mana yang lain?"

Adam : Lagi foto-foto kali. Tadi sih keluarga Papih, Abi, Pakdhe lagi pada ke booth foto cetak langsung. Ini kaga ada yang mau foto apa mon maap?

***

"Ami nggak marah, kan?"

Di halaman aula, seorang cewek manis menatap sendu orang yang udah ngelahirin dia. 

Ami : It's ok sayang. nggak apa-apa. Kamu tetap yang terbaik buat Ami sama Abi. 

Iya, Ami paham banget. Sabriel nurunin sifat ambisiusnya. Everything must be number one. Dia agak kaget waktu yang dapet peringkat bukan dia, bahkan tiga besar pun dia nggak masuk. Bahkan si bangor Adam pun dapet penghargaan. Seketika dia ngerasa nggak pede begitu liat temen-temennya nerima penghargaan. Sabriel emang gak biasa nerima kekalahan. Dia meluk Aminya dan Aminya nenangin dia, "Uuuu, it's Ok sayang, anak Ami hebat kok."

Gak lama kemudian, Abi dateng dari dalem aula habis nyariin Apin buat foto bareng. Abi ngeliat anak sulungnya meluk Aminya dan nyembunyiin wajahnya di dada Ami. 

'Kenapa bocah?' tanya Abi tanpa suara. Ami ngegeleng pelan. Tapi Abi udah paham. Dia udah hidup sama Ami bertahun-tahun. Udah apal sama sifat Ami yang diturunin ke Sabriel ini. Apin juga ngehela napas. Mau ngejahilin Ayuknya aja jadi gak tega. Abi sama Apin tau, Sabriel nggak nangis, cuma agak bete aja. 

Abi : Udah sih, Nak betenya. Nih, Abi bawain risoles konsum wisudaan kamu..aww sakit Yang!

Ami nyubit pinggang suaminya. Emang walau cheerful , Bapak-bapak satu ini ada sisi nggak gunanya. Apin cuma nahan tawa sambil minum air mineral. Nyanyi bikin serak bos. 

Wajah Abi berubah ceria lagi pas dia dapet ide. Dia masuk lagi ke Hall sekitar sepuluh menit dan keluar sambil bawa gitar 

Ratusan hari ku mengenalmu
Ratusan alasan kamu berharga
Ratusan hari ku bersamamu
Ratusan alasan kamu cahaya
Semampuku ....kau akrab dengan senyum
Dan tawa
Semampuku .....tak lagi perlu kau takut Cinta

Sabriel kaget. Abi nyanyi lagu favoritnya pake gitar akustik yang dipinjem dari anak band yang habis nampil. Udah gitu Abi dateng pake bawa kembang dekor panggung yang udah diiket sedemikian rupa. Bodo amat diliat wali murid lain. Yang dia tau, dia cuma pengen ngehibur anaknya yang lagi bete karena dikalahin temen sendiri. 

Bila aku pegang kendali penuh pada Cahaya
Aku pastikan jalanmu terang
Bila aku pegang kendali penuh pada Cahaya
Aku pastikan jalanmu terang

Orang-orang pada ngerubungin keluarga itu persis kek film India. Tapi Abi tetep cuek aja. Emang keluarga Lukito doang yang artsy. Abi nyanyi sambil senyum ganteng banget alias Sabriel boleh gak sih ambyar sama bapak sendiri? Rasanya ini yang bikin dia susah punya pacar. Nggak ada yang semanis Abinya. 

Duhai cahaya terima aku
Aku ingin kau lihat yang kau punya
Aku ingin kau kembali bisa
Percaya pada diri dan mampumu

Abi : Sayang, apapun hasilnya, kamu tetep anak Abi Ami. Kamu lahir aja udah jadi hadiah terbesar buat Abi sama Ami. Jangan bete, kamu tetep juara satu buat Abi hehe 

CHU~ 

Sabriel nyium pipi Abinya sambil meluk bapak konyolnya itu. Sabriel lupa, dia punya keluarga yang lengkap. Adek yang bikin dia kesel, Ami yang bikin dia tenang, dan Abi yang selalu berusaha ngebahagiain dia dengan caranya. Ah, gimana Sabriel bisa berenti bersyukur kalo tiap hari disuguhi keuwuan ini. Hehe 

TBC 

Pemanasan sebelum kambek again dengan keluarga 0403 :)

Seventeen : Every Day in LoveTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang