Pre-College

1.9K 334 161
                                    

Puasa udah masuk hari ke sekian dan 0403 junior udah pada lemes gegara bertepatan sama ujian akhir. Terutama Adam CS sih karena ini udah akhir tingkat 3 mereka. Mereka udah ujian nasional, tapi belum tes pre-college dari sekolah. Jadi ada tes yang menentukan minat bakat masing-masing siswa biar gak bingung kuliah di mana.

Yang paling uring-uringan ya jelas si Althaf karena dia sendiri harus ngalah sama Adam. Adam dapet undangan dan udah fix masuk univ!
Sementara, dia dan yang lain, yang notabenenya di atas rata-rata masih belum beruntung dan harus ikut tes PC, terus seleksi univ.

Adam nggak harus melewati ujian dan nilai rapot karena dia dapet beasiswa bibit unggul berkat ngajuin sertifikat kegiatan musiknya. And then... Udah ketebak dia ketrima di jurusan musik dan manajemen seni pertunjukan. Double degree! 

Mamih : Udahlah Kak, hidup itu kadang di bawah kadang di bawah banget. Udah rejekinya Adam, jangan diiriin..

Mamih yang kesel liat Althaf murung di meja makan pas sahur pun ngusap rambut anaknya sambil nyiapin makan sahur.

Alya : Bang Adam gaikut tes PC dong, Kak? Terus ngapain dia?

Papih : Bantuin Yanda sama Ibun di kantor agensi katanya, lap-lap kaca atau markir gitu..

Candaan si Papih emang gak bisa diampuni. Althaf gak ketawa, garing. Emang suka gitu. Mamih mah cuma ngeliatin suaminya males. Yang ketawa maksa cuma Alya. Iya, dia doang emang yang anak papih.

Althaf : pokoknya Adam gabut aja katanya. Makanya suruh ngajar musik sama dance anak kecil gitu.

Jauh dalem hati si Althaf bangga punya pacar kek Adam. Punya tanggung jawab sama talent yang dikasih Tuhan buat dia. Walau penyakit songongnya gabisa disembuhin. Bayangin, hari ini pengumuman univ keluar, besoknya langsung cat rambut warna pink!

"Ngapain takut, gue kan gak harus ke sekolah ngurus ini itu lagi," gitu katanya.

Mamih : Yaudah, tugas Kakak sekarang kan belajar, gapapa. Mamih dulu juga banting tulang mo masuk univ. Univ itu masuknya gampang Kak, yang penting kamu lulusnya gimana..

Beruntung si Althaf dan Alya punya mamih kek Mamih Nanda, baik, cantik, dan bikin tenang di tengah rusuhnya pikiran.

***
"Kaia, bangun nak. Sahur yuk."

Suara Bunda yang super lembut bikin Kaia kebangun, apalagi Bunda tambahin bumbu-bumbu kecup mesra di jidat. Kayak ke-rechagre aja gitu. Nggak cuma Kaia, Ayah dan Kei juga gitu. Bedanya, mereka berdua sering minta nambah karena emang dasarnya manja.

Kaia langsung ke kamar mandi cuci muka. Bunda nungguin dia keluar karena takut kejadian sahur kemarin keulang, Kaia ketiduran di kamar mandi. Trauma aja anaknya ntar jadi dugong kelamaan main air kran.

Dan pas keluar, wajahnya panik.

Kaia : Bun, Kaia bocor.

Bunda : Lah, Kak. Yauda, kakak mau tidur lagi apa gimana? Inget, kakak begadang lho semalem belajar, belum makan.

Iya, Kaia segitunya pengen sukses  tes PC. Padahal mah sebenernya gak nentuin apa-apa. Cuma kalo nilainya lumayan, dia bisa lebih gampang masuk Universitas Pledis, yang satu yayasan sama sekolah dia dan yang lain.

Kaia : Makan dulu aja keknya Bun, abis itu mau belajar lagi..

Bunda : Jangan terlalu ngebut, sayang. Kasian. Kei udah flu lho, jangan sampe ikutan flu juga.

Seventeen : Every Day in LoveTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang