Lazarus-Pedia #1

1.1K 224 15
                                    

Steampunk


Steampunk, berasal dari dua pedanan kata, yaitu Steam yang artinya mesin uap dan Punk yang secara harfiah berarti "Menyeleweng"

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Steampunk, berasal dari dua pedanan kata, yaitu Steam yang artinya mesin uap dan Punk yang secara harfiah berarti "Menyeleweng". Di sini maksudnya, Steampunk itu adalah "Mesin uap yang agak Nyeleneh". Tapi dalam seni sastra modern dan karya fiksi, Steampunk menjadi istilah yang digunakan untuk era ketika mesin-mesin uap dijalankan, yaitu pada abad ke-19.

Karena konsep mesin uap ditemukan oleh James Watt (Orang kebangsaan Inggris) pada abad yang sama, era steampunk lekat dengan kekuasaan era Victoria (abad 19) dan banyak berlatar di Inggris. Tapi sebenarnya karya-karya steampunk tidak melulu di INggris kok latarnya, haha. Walaupun, yah, mereka nggak akan luput dari menyebut-nyebut kata Inggris sebagai salah satu kiblat mesin uap. 

Dalam dunia steampunk, perpaduan teknologi antara masa depan dan masa lalu seakan melebur. Sering kali steampunk dileburkan dengan genre lain untuk menciptakan model teknologi baru. 

Contoh dari perpaduan genre yang saya sebutkan:

Leviathan Trilogy: Biopunk dan steampunk

Infernal Devices Trilogy: Steampunk dan Paranormal

His Dark Materials: Steampunk dan Fantasy

Clockwork Trilogy: Clockpunk dan Steampunk

Satu hal unik di steampunk, orang-orang mampu menciptakan kendaraan terbang, motor, dan bahkan mesin-mesin pembunuh massal bertenaga uap alias tenaga air saja.

-

Dunia nyata:

Sayang, Steampunk cuma fiksi. Nggak bisa dijadiin nyata. Karena secara Secara era di dunia nyata, sebenarnya nggak banyak yang bisa dilakukan sebuah boiler. Mereka mungkin bisa menjalankan mobil, tapi terlalu banyak emisi uap yang dihasilkan. Bisa bayangkan seberapa besar boiler dan uap yang akan dihasilkan jika mau membuat satu kapal udara besar terbang di udara?

Secara teori, itu mustahil karena boiler-boilernya tidak akan mampu menampung panas dari tekanan piston yang terus berputar. Yep, secara teori, kapal udara di setampunk pasti meledak kalau beneran dibikin.

-

Dunia Lazarus:

Tenang, seperti yang saya bilang, Steampunk itu bisa dipadukan dengan genre lain. Dan di Lazarus Chest ini, steampunk saya padukan dengan magic.

Bukan hal aneh Steampunk digabungkan dengan fantasy bertema sihir. Sebelum ini sudah ada Harry Potter kok, walaupun tidak begitu keliahtan unsur steampunk-nya, tapi era Victoria yang kental di Harry Potter yang berlatar di London dan kereta uap Hogwarts, pastinya bikin para penggemar steampunk langsung mengaitkan cerita terkenal ini ke dalam genre steampunk.

Keuntungan dari menggabungkan steampunk dengan genre magic adalah, akan ada penjelasan dan alternatif yang ilmiah dan aman bagi para kendaraan yang secara teori tidak akan bisa berjalan dengan bantuan boiler semata. Terdengar seperti deus-ex-machina, tapi percaya deh, jika ada mekanisme logis di baliknya, bakalan ajib tuh dunia.

Dan itulah yang sedang saya coba lakukan pada Lazarus. Dengan Xifos dan Iaraghi, batu bertuah, kapal uap, dan tentunya hubungan antara Jalinan dengan Lazarus sendiri, saya berharap kisah ini bisa mengikat pembaca sampai ke ujung petualangan Alto.

Akhir kata, sekian Lazarus Pedia perdana kita.

Silakan nikmati chapter selanjutnya.



Lazarus ChestTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang