Lazarus-Pedia #3

977 188 6
                                    

Samodiva

Menurut Legenda:

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Menurut Legenda:

Samofiva/Samovila/Viila adalah peri penghuni hutan. Mereka adalah makhluk mitologi asal Bulgaria (Slavian) yang berwujud wanita cantik rupawan dengan suara yang dapat memikat siapa pun yang mendengar. Konon katanya, suara nyanyian Samodiva bisa membuat para pria lupa diri dan para wanita menjadi gila.

Mereka terkenal akan kelicikannya dalam menjerat lelaki untuk dijadikan mangsa. Mereka biasanya akan memancing mangsa dengan nyanyian, menyeretnya ke dalam bayang-bayang gelap, dan akhirnya menyedot semua energi hidupnya. Beberapa sumber mengatakan, mereka menghisap nyawa Manusia dengan ciuman, beberapa bilang hanya dengan mendengarkan nyanyian mereka, dan yang lain berkata dengan hubungan badan.

Samodiva dikenal sebagai makhluk yang senang menari. Mereka menari semalaman suntuk hingga fajar menyingsing. Target dari tipu dayanya yang satu ini seperti biasa, adalah laki-laki. Tapi perempuan juga tidak menutup kemungkinan bisa terkena pengaruh ini. Mereka yang melihat tarian Samodiva, akan diajak oleh mereka untuk menari, sesuai dengan irama mereka. Konon para korban akan terus menari secara tidak sadar sampai energi hidupnya terkuras habis oleh Samodiva yang mengajaknya menari dan mati di saat fajar menyingsing.

Dan kalian tahu apa yang lebih parah? Katanya, tidak ada penangkal untuk lantunan lagu Samodiva. Jika mendengar nyanyian aneh dari dalam hutan, segeralah berlari menjauh dan jangan mendekatinya.

-

Dalam Dunia Lazarus:

Samodiva berasal dari Bumi. Dari dunia malam yang selama berabad-abad tersembunyi dari pandangan manusia. Semenjak Jalinan merenggang, keberaadaan makhluk-makhluk mitologi seperti Samodiva bukan lagi hal yang tersembunyi.

Samodiva sebenarnya tinggal di hutan, tapi karena di dunia Lazarus hutan banyak sekali dibuka untuk lahan industri uap, Samodiva menjauh ke wilayah dengan bayang-bayang lebih pekat, kembali ke asalnyaL ke lautan Tempat di mana angin berembus begitu kencang.

Karena Samodiva sering diasosiasikan dengan angin, saya membuat mereka menyerang kapal udara. Aneh memang kenapa roh pengganggu di hutan, diasosiasikan dengan angin? Dan menurut mitos, Samodiva bisa berubah menjadi embusan angin dan akan menyanyikan kidung duka bagi para pahlawan. Entah maksud legenda ini pahlawan seperti apa, tapi kelihatannya tidak semua aspek Samodiva itu jahat.

Selain terkenal akan empatinya, Samodiva terkenal sebagai salah satu penjaga rahasia kedokteran para peri. Seperti kebanyakan peri, mereka membagikan secara rahasia informasi soal obat dan racun. Menurut legenda, jika ada yang ingin mengetahui obat penawar suatu penyakit, mereka bisa pergi ke hutan yang dihuni oleh Samodiva pada tengah malam dan jika mereka mendengar suara indah berbincang soal obat-obatan, mereka lebih baik menguping dan pura-pura tidak ada. Karena jika ketahuan, entah apa yang akan dilakukan para Siren hutan itu pada jiwa-jiwa malang yang menguping.

Lazarus ChestWhere stories live. Discover now