4. Nina Punya Juna

19.5K 1.7K 116
                                    

Juna

Pulang sekolah, abis main futsal dulu sampe keringetan kayak biasa, gue langsung tidur-tiduran di sofa sambil nyemilin keripik singkong. Cemilan favorit gue seumur hidup. Biasanya, kalau Nyonya Besar pulang, gue bakal dimarahin karena tiga alasan. Satu, gue makan sambil tidur-tiduran, gimana kalau keripiknya jatoh ke sofa? Dua, karena gue cuma ganti baju dan bukannya mandi, gimana kalau sampai sofanya bau? Tiga, dia emang demen aja kayaknya marahin gue. Jadi, ada aja alasannya. Dan gue bisa nyimpulin satu hal; dia lebih sayang sama sofa dari pada sama anaknya.

            Dan ada dua hal yang dibenci Arjuna Adinegara di dunia ini. Satu, kalau ada yang gangguin orang yang gue sayang. Dua, kalau ada yang gangguin gue sendiri. Kayak sekarang.

            "Jun, Jun, Jun."

            Gue pura-pura nggak denger. Jelas banget itu suara Rangga. Mentang-mentang rumahnya deket dan dia temen gue dari jaman jebot jadi berasa masuk rumah sendiri ya tiap ke rumah gue?

            "Jun, Jun, Jun," katanya lagi. Makin gangguin gue.

            Akhirnya, gue nengok juga gara-gara si Rangga masih aja manggil-manggil gue. Padahal dia tau gue paling nggak suka digangguin kalau lagi serius melakukan sesuatu. Dan sekarang, gue lagi serius ngemil.

            "Berasa maen film Jin dan Jun tau nggak, lo?"

            Rangga berdecak. "Garing lo."

            "Bodo." Gue langsung balik lagi ngemil. Males ladenin si Rangga. Kalau dia udah ke rumah tanpa diundang gini, biasanya dia lagi ada maunya. Mau numpang boker, contohnya.

            Hehe.

            Bohong deng.

            "Temenin gue yuk."

            Tuh. Lihat, kan? Emang ada maunya ini bocah.

            "Ogah," kata gue langsung jawab.

            "Ih, belum juga bilang temenin apaan," katanya, nggak terima. Bodo amat, udah gangguin gue, bilang gue garing pula. Enak aja minta temenin-temenin.

            Gue diem aja deh, jadinya.

            "Kenalan gue ada yang ultah. Gue diundang. Nggak enak kalau nggak dateng. Ikut, yuk? Males kalau sendirian," katanya ngejelasin.

            Ulang tahun? Biasanya sih, bakal banyak makanan sama—

            "Banyak cewek cantik, loh."

            Nah, itu. Ini anak bisa baca pikiran gue apa gimana, ya?

            Ngomong-ngomong cewek cantik, gue langsung inget si Anu jadinya. Hehe. Enggak, namanya bukan Anu. Maksud gue, si Itu. Enggak juga, namanya bukan Itu. Namanya Karenina. Beuh. Namanya aja cantik, man! Tebak dong gue tau dari mana?

            Dari Pak Irwan.

            Pas ngabsen.

            Nggak keren banget, kan?

            Bodo, deh. Yang penting tau.

            "Malah ngelamun." Rangga mukul bahu gue. Buset, ini bocah. "Ngelamun jorok ya, lo?" lanjut Rangga.

            "Emangnya gue si Ando, mikir jorok mulu."

            Rangga sekarang ketawa. Nggak bilang gue garing. Padahal jelas-jelas barusan gue bukan pengen ngelucu. Emang, kadang apa yang menurut kita lucu belum tentu menurut orang lain lucu. Dan sebaliknya. Dan itu berlaku dalam segala hal. Jadi, cara berpikir setiap orang itu berbeda dan kita nggak bisa maksa kalau cuma pemikiran kita yang bener. Tumben gue ngomong bener.

Na!Where stories live. Discover now