Awal

74 3 0
                                    

Ngomongin soal awal, biasanya kadang lupa sama awal yang dulu diambil untuk suatu perubahan atau keputusan.

contohnya aja soal keputusan kuliah, pas SMA dulu pengen masuk jurusan ini dan itu, kampus ini dan itu, dan BOOM.. kenyataan yang diterima sekarang beda jauh sama ekspektasi yang diharapkan dulu.

mulai dari pengennya masuk jurusan biologi, farmasi, teknik sipil, ilmu komunikasi, pendidikan MTK, dan lainnya.. sekarang malah terdampar di jurusan yang benar-benar nggak pernah dibayangkan sebelumnya, yaitu jurusan PGSD, sama Teknik Informatika.

yah yang namanya takdir kan, yang dulunya pengen kuliah disini, taunya jadi nya dimana.. emang bener  the best planner itu allah, ngga ada yang lain.

sekarang kami udah sampai dititik lelah, dan jenuh.. belum lagi ngerasa semuanya susah karena campur tangan si virus corona ini. semester 5 dan 3, rasanya tuh kaya berat banget.. tapi mau gimana lagi? bisanya jalanin aja.

bawaannya pengen istigfar tiap kuliah online, belum lagi bertemu dengan para dosen yang kadang minta di shalawatin.. terus juga bawaannya pengen ngucap takbir selalu tiap ngerjain tugas kelompok yang anggotanya udah kaya titisan mahluk astral..

perbanyak sabar katanya, beda orang beda masalah. untuk masalah yang sebelumnya itu punya si kawan.. panggil aja dia pisang.

nah si pisang ini, memulai awal yang 100% beda dari diriku yang kentang..

okelah, cerita ini akan berkisah tentang perjalanan hidup si pisang dan kentang ya pemirsah.

untuk awal yang dipilih si pisang adalah.. terjun ke dunia kerja dan mengabdikan satu tahun sebagai seorang wanita pekerja keras yang tangguh dan luar biasa.. HAHAHAHA

Awal yang terpaksa dipilih untuk tetap bertahan hidup dan meraih mimpi, tapi gua harap dia nggak terpaksa dan nyalahin tuhan karena hal itu.. dari sekian perjalanan di tahun pertama setelah pengambilan awal yang sedikit ekstrem ini, bisa dibilang awal itu menyakitkan dan penuh kisah kelam.. mungkin bakalan diceritain di lain waktu.

sedangkan awal yang kentang pilih adalah, hijrah ke negeri seberang dan memulai kehidupan kerasnya menjadi anak kos di perantuan, walaupun daerah rantaunya kampung orang tua sendiri, dengan kendala biaya dan masalah hidup lainnya

sumpah..

awal yang datang itu ngga semanis dan sebagus FTV di dalam channel TV.

banyak hal yang bikin ngga nyaman, ataupun hal-hal yang bikin bawaannya bilang gini, "haduh, ya allah.. kok susah banget.. kok gini amat ya allah.. " iya, bawaannya ngeluh..

si pisang sama kentang ini tuh, sama-sama ngeluh.. ada-ada aja masalah yang datang.. yang ketilang polisi, dimarahin di tempat kerja sampai ngga dibolehin istirahat, yang ditagih uang kosan sampai disindir plus dimaki..

sabar sabar.. emang susah kehidupan dua sayuran ini.

sampai akhirnya si pisang berhasil masuk dan mencatatkan namanya di sebuah universitas di kota kami dengan jurusan yang tak disangka dan diduga.. TEKNIK INFORMATIKA.

awal baru dalam kehidupan di dunia perkuliahan mbak pisang. di awal perkuliahan ini banyak banget hal hal yang dikeluhin.. yah emang hobinya si pisang ini ngeluh as always she can do.

jadi saya yang jauh di negeri seberang ini merupakan salah satu kotak solusi bagi mbak pisang.. tapi alhamdulillahnya sekarang udah mulai merubah mindset untuk tetap bersyukur dang ngurangin mengeluh..

karena kalau dengan apa yang kamu punya aja kamu masih ngeluh, gimana allah mau kasih lebih? ya kan?

hingga sampailah kami di titik yang bisa dibilang udah kaya di pinggir jurang, dibelakangnya ada api.. yaitu masa naik semester 5 dan 3

pilihan yang kami punya cuma, terjun kejurang.. atau kebakar api.. serem juga ya perumpamaannya..

sebenarnya si mbak pisang udah berada di posisi ini pas semester 2, biasa.. masalah biaya dan merasa salah jurusan dan bingung mau gimana. pas cerita sana sini, solusi dari orang lain adalah.. udahlah, cuti aja dulu kuliahnya.. kalau nggak berenti aja kuliahnya, jangankan orang lain.. mimom sendiri aja ngasih solusi gitu ke pisang ini. so sorry for that

but..

aku yang kentang ini bilang, apa ngga sayang? nanggung loh dikit lagi, coba liat perjuangan sebelumnya.. kalau berhenti sayang duitnya udah kekubur disana.

dan akhirnya walaupun terseok dan merangkak.. sampai juga mbak pisang ini di semester 3, walaupun ditambah dengan beberapa masalah baru yang datangnya nggak diundang, tapi pulangnya minta diantar.

dan dari perumpamaan terjun kejurang.. atau kebakar api ini, sebenarnya ada jalan lain.. tapi kita sebagai manusia ngga sadar sama jalan yg dikasih sama allah itu

yah contohnya kaya saya si kentang, yang udah terancam cuti kuliah dan beralih untuk sesaat di dunia kerja demi melunasi hutang keluarga, dan kelangsungan hidup..

sebenarnya sampai sekarang, masih ngerasa kaya egois, dan terlalu maksain kehendak sama orang tua.. walaupun bukan kehendak yang pengen beli barang ataupun minta jajan ini itu..

udah pasrah dan bener bener berserah diri ke yang maha kuasa, karena tuhanlah the best planner..

awal yang kita pilih sendiri itu, belum tentu hal yang baik untuk kita, tapi apa yang udah diputuskan allah.. itu artinya udah terbaik dari yang paling baik buat kita dari allah.

dan untuk awal semester 5 ini, siapa sangka kentang lulus beasiswa dan ngga perlu bayar uang kuliahnya.. dan juga mbak pisang alhamdulillah bisa nyicil secara bertahap ukt nya.

setiap awal yang kita ambil dan pilih itu, jangan lupa sertain nama allah dan rasa syukur didalamnya.. mungkin memang nggak semua awal itu berahir bahagia, tapi ingat..

setiap awal yang udah kamu ambil itu, membuktikan kalau kamu punya suatu tujuan yang ingin dicapai, walaupun kamu nggak tau kaya mana bentuk perjalanan yang akan dilalui, dan apa yang bakal kamu hadapi.. jadi jangan nyerah, dan coba liat perjuangan kamu sebelum memilih langkah mulai.. dan coba pikir, apa mau balik lagi ke tahap sebelum memulai?

karena itu, untuk kamu yang udah mau memulai sebuah awal.. kamu itu hebat dan berani..

Titik TerangWhere stories live. Discover now