Chapter 3 - Alasan (3)

1.6K 224 8
                                    

Suasana ruang pembelajaran bagi junior sekte Lan yang damai tiba-tiba berubah riuh. Salah seorang junior berlari tergesa-gesa membuatnya hampir saja tersandung jatuh. Jika dilihat dari gelagat dan ekspresinya, tampaknya ia sedang membawa kabar yang cukup penting.

"Hari ini HanGuang Jun menyuruh kita berburu malam secara berkelompok."

Kelas kultivasi hari ini adalah pelajaran tentang kisah-kisah sejarah dunia kultivasi dan sejarah leluhur sekte Lan dari seorang pendongeng. Bagi orang di luar sekte Lan, pelajaran ini pasti sangat jenuh dan mebosankan.

Hal itu juga yang dirasakan oleh seorang Lan Jingyi. Beberapa kali ia menggoyang-goyangkan badannya membenarkan posisi duduknya. Sesekali ia mencoba melirik Lan Sizhui yang duduk di sebelah kirinya. Berada di posisi paling depan terdekat dari sang pendongeng. Melihat Lan Sizhui mampu mempertahankan posisi duduknya dan mendengarkan semua kisah dengan khidmat, ia tidak tahu harus kagum atau harus tertawa geli.

"Kali ini pasti akan terjadi hal yang menarik. Ya kahn, Sizhui ?"

Yang ditanya hanya melirik sedikit tanpa berkata apa-apa. Ia masih tidak ingin berhubungan dengan orang yang berisik dan menyebalkan seperti Jingyi. Ia bahkan bergumam dalam hati, "sejak kapan orang ini duduk disebelah ?"

"Satu... Dua... Tiga... Jadi kita adalah kelompok delapan orang. Baiklah semuanya, perkenalkan. Dia yang akan memimpin kelompok kita. Kalian semua pasti sudah tahu namanya adalah Lan Sizhui. Kalian setuju kahn ? Bagus."

Lan Jingyi mengatakan itu semua hanya dalam satu tarikan nafas. Enam orang junior Lan lainnya hanya berdiam dan mengangguk kecil. Walaupun mereka sungkan dan belum pernah berbicara dengan Lan Sizhui, tentu saja mereka tahu bahwa diantara mereka semua, kemampuan Lan Sizhui lah yang paling menonjol.

Mendengar namanya disebutkan dan ditunjuk secara sepihak, Lan Sizhui sontak membelalakkan matanya ke arah Lan Jingyi. Mengisyaratkan bahwa ia tidak setuju. Ia bahkan tidak tahu nama sebagian besar dari mereka. Sejak kecil Sizhui hampir selalu berbicara hanya kepada HanGuang Jun saja dan sesekali ia mendapatkan kesempatan berbicara dengan Zewu Jun atau Lan Qiren. Sehingga sampai saat ini, ia masih terbiasa berbicara dengan gaya yang sangat sopan dan penuh hormat. Ia tidak tahu bagaimana jika ia harus berbicara dengan teman-teman kelompoknya nanti.

Jingyi, "Kenapa kau melototiku seperti itu ? Jika aku mengusulkan ini kepada HanGuang Jun, aku yakin beliau pasti setuju."

"Kenapa kau sangat yakin, Jingyi-xiong ?" Salah seorang junior sekte Lan mengutarakan pendapatnya. Walaupun cerewet, tapi apa yang dikatakan Jingyi selalu merupakan opininya yang jujur. Sehingga ia bertanya-tanya kenapa Jingyi bisa mengatakan hal itu seakan-akan tahu bahwa HanGuang Jun pasti akan menyetujuinya.

"Tentu saja. Kalaupun HanGuang Jun tidak setuju, kita cuman harus menunjuk orang lain sebagai gantinya. Gampang."

Lan Sizhui merasa tidak puas dengan alasan yang diberikan oleh Lan Jingyi. Dengan campuran perasaan kesal dan malu, ia meninggalkan ruangan pembelajaran dengan diiringi tatapan bingung teman-temannya.

"Jingyi-xiong, aku tahu dia adalah murid paling berbakat disini, tapi apa tidak apa-apa kita menunjuk orang seperti itu menjadi pemimpin kita ?"

Lan Jingyi, "Tidak apa-apa.. tidak apa-apa... dia hanya malu dan tidak tahu harus mengatakan apa. Lihat saja nanti, dia pasti akan menunjukkan kalau dia pantas. Lagipula, kahn ada aku di sisinya."

Lan Jingyi mengatakan kalimat tersebut dengan penuh percaya diri, sedangkan para junior lainnya hanya bisa tersenyum tidak mengerti. Mereka berpikir, toh selama ada Jingyi, mereka tidak perlu berbicara langsung dengan Lan Sizhui . Karena setidaknya, Jingyi akan mewakili mereka menyampaikannya.

Dan benar saja. Saat waktunya perburuan malam tiba, Lan Sizhui mampu memimpin dan mengarahkan teman-temannya dengan sangat baik. Ada lebih dari lima puluh mayat berjalan yang berhasil mereka kalahkan. Belum lagi beberapa mayat berjalan yang berhasil mereka pancing masuk ke dalam jebakan jaring. Tentu saja ini adalah hasil yang cukup memuaskan.

"Saya tidak tahu apa yang membuat ada begitu banyak mayat berjalan sehingga mengganggu penduduk yang lewat, tapi saya pastikan semuanya sudah kami atasi." Lan Sizhui datang melapor kepada Lan Wangji yang menunggu di depan salah satu penginapan milik penduduk.

"Kerja Bagus."

Ucapan tersebut benar-benar mampu membuat Lan Sizhui merasa sangat senang dan sedikit bangga. Ia pun membungkukkan badannya dan berucap, "terimakasih atas bimbingannya, HanGuang Jun."

"Kembalilah ke tempat teman-temanmu." Lan Wangji sedikit menundukkan kepalanya membalas hormat yang diberikan Sizhui . "Dan katakan kepada mereka untuk menuliskan laporan perburuan malam hari ini."

"Baik, HanGuang Jun."

Lan Sizhui berlari kecil mencari teman-temannya dengan perasaan bahagia. Ia merasa bahwa selain tidak mengecewakan HanGuang Jun, ia juga mampu membayar kepercayaan teman-teman yang mempercayainya sebagai pemimpin mereka. Karena itulah ia sangat bahagia dan ingin berterima kasih atas kepercayaan mereka kepadanya.

Saat ini teman-temannya sedang menunggu di salah satu kedai di kota itu untuk sejenak beristirahat dan merayakan keberhasilan mereka.

"Kau benar Jingyi-xiong, Sizhui -xiong benar-benar menakjubkan. Ia tahu apa yang dilakukan untuk mengalahkan mayat-mayat itu dengan cepat." Salah satu junior sekte Lan berkomentar.

Lan Jingyi, "Tentu saja. Dia adalah yang terbaik."

"Tapi tetap saja, kami beruntung ada kau disana. Kalau tidak, kami mungkin tidak dapat berkomunikasi dngan baik." Sahut junior lainnya.

Memang saat perburuan malam tadi, Sizhui memberikan instruksinya dengan kata-kata lirih yang hampir mustahil didengar di medan pertempuran. Jika ia merasa harus menggunakan jimat, ia berkata lirih "jimat", kemudian Lan Jingyi yang hampir selalu berada di sampingnya berteriak "jimat, gunakan jimat kalian semua." Dengan kombinasi mereka berdua, perburuan pun bisa diselesaikan cukup cepat.

"Tapi Jingyi-xiong, apa benar kau merekomendasikannya menjadi pemimpin kita karena kau mengetahui kemampuannya? Kalau aku tidak salah, kau baru saja mengenalnya. Kau bahkan belum cukup dekat dengannya."

Lan Jingyi, "Hmm... memang benar. Sebenarnya HanGuang Jun lah yang menyuruhku melakukannya."

Lan Sizhui tidak sengaja mendengar percakapan mereka. Entah apa yang ada di benaknya sekarang. "Apakah Jingyi selama ini mendekatiku hanya karena perintah HanGuang Jun ?", "Apakah semua prilakunya selama ini bukan karena ia ingin berteman denganku, tapi semata-mata hanya karena ingin melakukan perintah HanGuang Jun?" Ada banyak pertanyaan yang seketika mengerubungi hatinya.

"Ah... Sizhui-xiong, apakah kau tidak ingin bergabung dengan kami ?" Salah seorang junior sekte Lan yang melihatnya berlari kembali menuju pintu keluar. Meninggalkan orang yang bertanya dengan keadaan bingung.

Best Friend [[Vakum]] (Lan Sizhui x Lan Jingyi / Zhuiyi)Where stories live. Discover now