Bacotan Sekitar

146 53 13
                                    

Untuk yang ini, gue masih bisa banyak berkomentar. Yang jelas gue cuma bisa banyak-banyak sabar, dan berusaha untuk meredam kecamuk yang kian meradang.

Gue sih cuma mau bilang, kalo rezeki seseorang itu sudah ada yang ngatur. Tugas manusia hanyalah usaha, berdoa, dan berserah diri pada yang maha kuasa. Untuk selebihnya biarlah Allah yang menentukan.

Gue pribadi juga gak bangga kok jadi anak gapyear. Kalo misalnya gue punya kesempatan untuk memutar waktu, gue pengen mulai itu semua dari awal. Gue juga pengen ngerasain jadi mahasiswa kek temen-temen gue yang lain. Tapi masalahnya tuhan sedang menguji gue dengan kesabaran.

Gue udah menahan beban moral, plis dong setidaknya mulut itu diajarin tata krama. Stop banding-bandingkan seseorang seenak cocot lu. Kadang orang punya otak kagak pernah dipakek sih, punya mulut gak bisa mengontrol mana yang baik mana yang tidak.

Ya ampun sekalipun lu niatnya bercanda. Plis dong paham, untuk beberapa kepentingan sekecil apapun itu tak pantas kau buat bahan candaan.

Jangan jauh-jauh, gue udah ngalamin sendiri. Pas gue belanja di warung depan, ada dua ibu-ibu lagi belanja juga. Gue kan datang paling akhir ya dilayani paling akhir. Eh ibu-ibu itu udah selesai dapat barang yang dibeli bukannya pulang malah duduk dulu di warung itu.

Gue beli gula sekilo sama mie instan. Tiba-tiba yang punya warung tanya "Mbak udah lulus SMA ya?."

Gue jawab santai "iya," niat gue awal sih cuma mau beli itu doang terus gue pulang. Eh malah di tanya macem-macem. Si ibuk yang duduk itu tanya "Gak lanjut kuliah mbak?."

"Iya bu doakan insha Allah tahun depan."

"Lho kenapa gak tahun ini aja?."

"Hehe. . gak papa buk," jawab gue ingin  menyudahi percakapan itu.

Tapi si ibu lanjut kepoin gue. "Lah mbaknya kan jaman SMA suka menang olimpiade. Kok gak lanjut, ya paling lulusan SMA jadi pelayan toko."

"Astagfirullah," ucap gue dalam hati dan meredam dong emosi gue. :"

Gue cuma senyum langsung pulang deh, males banget jawab pertanyaan ibu-ibu komplek itu.

*****

Gue juga pernah ditanya sodara soal yang sama. Tapi ya balik lagi gue bilang gue gapyear. Terus sodara gue auto bandingin gue sama sepepu gue yang lolos snmptn Unair.

Dia cerita panjang lebar lah soal sepupu gue itu. Untung nenek gue yang stop pembicaraan itu dan untungnya nenek gue mendamaikan suasana.

Nenek jawab lah kalo sebenernya gue gap itu bukan nasib tapi pilihan. Nenek gue malah matikan asumsi dia soal sepupu gue, dengan bilang kalo gue sebenarnya dapat beasiswa tapi kehalang restu.

Jadi gue batal mewek deh didepan sodara gue.

*****

Untuk itu, gue minta tolong banget dong buat semuanya. Untuk masalah pribadi semacam itu sekiranya tak sesuai dengan yang mau, atau ada yang lebih bagus dari itu. Mending kontrol aja tuh cocot jangan sampai menyakiti hati orang lain.

Coba bayangin kalo semisal anak lu yang berada di posisi itu, atau itu lu sendiri. Mau kagak kalo diperlakukan seperti itu?

Udah gitu doang, intinya gue sebel sama bacotan unfaedah kek begituan. Apalagi udah masuk pada privasi seseorang. Udah stopp jangan lanjutkan.



...
Dengan gue nulis disini hati gue bisa sedikit lega alhamdullilah hehe. .
Sebenernya itu kata-kata ya buat orang-orang itu tapi mana mungkin iya gue mau maki-maki orang tua kek gitu, jadi gue luapin emosi gue disini.
Maap🙁

I'm Colage 2020Hikayelerin yaşadığı yer. Şimdi keşfedin