Klarifikasi PTN 2019

637 113 63
                                    

Ada yang nge-DM gue, dia tanya banyak hal soal kejelasan gue di cerita gue sebelumnya "Dear Adekel" Dia tanya sama gue, soal PTN dan cerita gue gimana bisa gapyear?

Ceritanya panjang lebar, gue tau ini sebenernya sudah masuk dalam privasi gue. Tapi gak papa, gak ada salahnya gue cerita.

Di cerita gue sebelumnya, gue emang sebutin beberapa pengumuman gue lolos, sekalipun dari sekian jalur gue cuma dapat tiga yang lolos. Tapi kenapa pada akhirnya gue gapyear?

Ceritanya panjang lebar kamvret. Lu yakin mau baca bacotan gue? Yang sebenernya juga kagak ada faedahnya buat kehidupan lu.

Ya udah, daripada kalian pada bertanya-tanya. Dan gue lagi mager buat bales satu satu DM-an beberapa orang, mending gue klarifikasi soal itu disini, biar orang-orang nyinyir diluar sana kagak nyinyirin gue lagi.

Tapi pliss, selama gue ngebacot. Ambil sisi positifnya aja ya. Gue sama sekali kagak ada niatan untuk pamer, apa juga yang meski gue pamerin gue kagak punya apa-apa.

Gue nulis cerita ini ya sebenernya cuma mengungkapkan apa yang gue rasa, apa yang gue alami, kagak lebih. Gue sadar bahwa kapasitas otak manusia untuk suatu hal itu fivety-fivety, kadang ingat, kadang lupa. Sedangkan tulisan itu sifatnya abadi sekalipun gue mati. Ceeeilah gaya gue, sok bijak.

Pertama gue lulus jalur beasiswa salah satu sekolah swasta dikota Malang. Jurusan yang gue suka, tapi akreditasi di sana masih cukup. Atas berbagai macam pertimbangan akhirnya gue melepas perguruan tinggi itu.

Bulan berikutnya, gue dapat potongan harga dari PTS di daerah Jawa Tengah. Prodynya gue kagak tau apa-apa. Tehnik Listrik cuyy, ya kali gue ambil itu prody. Gue dari anak ips langsung pindah haluan masuk tehnik, bisa-bisa gue botak karena harus terlalu keras berfikir.

Gue mah mending masuk prody yang itu bener-bener passion gue, bukan karena paksaan, bukan karena ikut-ikutan teman. Daripada ntar pada akhirnya gue nyesel, ntar baru deh buat drama kalo salah jurusan.

Bagi gue, itu bukan salah di jurusan yang lu pilih. Lu sendiri yang kurang tanggung jawab atas apa yang sudah lu pilih.

Ketiga, gue lolos seleksi ujian masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di salah satu Universitas Islam Negeri di Jawa Tengah. Prodynya gue suka, toh prody dan Universitas itu juga udah gue pilih waktu di jalur SPAN. Tapi waktu itu gue gagal, pas nyoba kedua kalinya gue berhasil.

Tapi masalahnya terbesarnya itu ada di orang tua gue sendiri. Gue kagak dapat restu buat ke sana. Ya gimana ya, sedih sih iya jelas. Apalagi gue ketolak SBMPTN 2019, itu bener-bener berasa patah hati terhebat bagi gue.

Gue mau maksa gimana lagi coba? Gue udah coba jelasin panjang lebar sama mereka. Gue bisa mandiri, gue gak macem-macem, gue bakal cari beasiswa dan segala macem.

Bahkan gue sampe berani ambil keputusan, semisal gue diizinkan untuk ambil itu UIN, udah gue stop jatah jajan bulanan, kos, dan segala macam uang pendidikan. Gue bisa kerja part time, gue bisa cari beasiswa di sana, dan berbagai alasan supaya gue tetap bisa berangkat.

Tapi orang tua gue masih aja kekeh pendirian dan gue kagak boleh ambil itu PTN yang jadi favorit gue. Awalnya gue sih beranikan diri untuk urus berkas gue, gue udah ngajuin bidikmisi di UIN itu, dan lain-lain lah, berkas gue udah lengkap, tinggal gue bayar uang kuliah dan berangkat. Tapi semua itu harus gue tinggalkan. Gue harus bersabar hingga 2020 esok.

Udah jelas kan?

Untuk penjelasan apa itu SPAN, UMPTKIN, UKT, dan SBMPTN. Bisa kalian tanya di kolom komentar, DM, atau untuk lebih komplit kalian baca Dear Adekel dulu wkwkw. .

Oh iya, gue minta doanya ya.
Doain gue lolos SBMPTN 2020 esok. Semoga doa baiknya, bisa kembali pada pribadi kalian masing-masing. Aamiiin.

I'm Colage 2020Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang