IMAM TERBAIK

2.8K 116 10
                                    

Savierra POV

Banyak orang lebih menyukai tidur di atas kasurnya kala malam menyapa, daripada beribadah menunaikan tahajjud yang kemuliaannya terbukti nyata.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an mengenai sholat sunnah paling istimewa ini:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

"Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS. Al Israa': 79)

Tahajud yang juga disebut qiyamul lail atau sholat lail merupakan sholat sunnah yang paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah:

أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ

"Sholat yang paling afdhol setelah sholat fardhu adalah sholat malam" (HR. An Nasa'i)

Malam ini, nampak sama seperti malam-malam biasanya. Sebelum menikah memang aku selalu bertahajjud sendiri, tanpa imam. Bergelut dengan heningnya malam. Tapi sekarang, ada satu kewajiban bagiku sebagai istri. Yaitu mengajak suami pada kebaikan yang diridhai Allah Subhanahu wa ta'ala.

Tepat sepertiga malam hari ini, aku terbangun. Kulihat Azzam dengan begitu pulasnya masih bergelut dengan mimpi. Wajahnya lelah, karena pekerjaan dari kampusnya. Setelah menikah, Azzam memutuskan untuk melanjutkan studi S2 nya di kampus yang sama. Tidak jadi berangkat ke Mesir. Tak apa, Allah pasti punya rencana lain.

Aku membelai wajah tampannya. Dua minggu sejak pernikahanku, rasa canggung mungkin sedikit demi sedikit mulai hilang. Tak baik bersikap dingin antar suami istri. Harus saling ramah satu sama lain.

Aku membangunkannya perlahan. Jujur aku tak tega. Azzam terlihat benar-benar lelah. Namun, aku ingin taat padanya dengan cara mengajaknya pada kebaikan. Seperti apa yang dikatakan Rasulullah SAW.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

"Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita tersebut, "Masuklah ke surga melalui pintu manapun yang engkau suka." (HR. Ahmad; shahih).

Dengan perlahan aku membangunkannya, hingga ia mulai membuka mata. Aku tersenyum menatapnya, begitupun dia.

"Kenapa Sya?" Ucapnya seraya membuka mata.

"Sepertiga malam. Tahajjud dulu ya," Ucapku.

"Astaghfirullah, harusnya aku yang bangunin kamu." Ucap Azzam seraya langsung duduk.

"Kak Azzam capek ya?"

Mendengarnya, Azzam tersenyum menatapku. "Iya. Tapi kan ada kamu, jadi nggak masalah buat aku."

Separuh ImankuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang