Tiga

83 9 0
                                    

Masa-masa kehamilan sungguh menjadi pengalaman yang sangat membahagiakan. Bulan-bulan pertama berlangsung lancar. Tidak pernah ada morning sickness. Saya cuma sekali muntah selama hamil. Itu pun karena saya makan ikan bakar di restoran dan sepertinya ikannya tidak terlalu fresh. Di siang hari, seringkali saya ketiduran di kantor dengan tangan masih di atas keyboard komputer! Rasa kantuk setelah makan siang memang hal yang paling tidak bisa ditahan. Malamnya, saya mengalami evening sickness—mungkin karena saya kecapekan di kantor.

Saat yang paling membahagiakan adalah ketika saya bisa "bermain- main" dengan Raihan. Mirip seperti calon ibu lainnya, saya sering memperdengarkan musik klasik untuknya. Dan ketika saya sentuh perut saya, Raihan sering membalas dengan "memukul" saya. Memang "pukulan" Raihan tidak sekeras "pukulan" Abit di perut adik saya, tapi saya sudah merasa senang bisa bermain-main dengan dia.

Pelajaran berharga yang saya dapat selama kehamilan adalah saya dilatih untuk bersabar. Saya adalah orang yang selalu ingin tahu hasil akhirnya seperti apa dan mengontrol segala situasi. Tapi selama kehamilan, saya tidak bisa tahu bagaimana sebenarnya keadaan bayi di kandungan saya—seperti apa rupanya, jenis kelaminnya, apakah dia mirip saya atau suami saya, sehatkah dia, dan hal-hal lain yang tidak bisa saya kontrol. Kesabaran saya benar-benar diuji untuk menunggu sampai tiba waktunya sehingga baru saya bisa tahu seperti apa hasilnya.

Hingga datanglah bulan keempat. Tekanan darah saya naik terus dan kaki membengkak padahal saya sudah diet keras untuk tidak makan garam sama sekali. Diputuskan di bulan kelima kehamilan, saya harus bed rest selama tiga hari di rumah sakit karena tekanan darah saya mencapai 150.

Semuanya luruh menjadi kegembiraan ketika tiba saatnya untuk melakukan pemeriksaan kehamilan dengan ultrasonografi. Raihan tampak beraksi! Gayanya seperti orang yang bersantai di pinggir pantai dengan kedua tangan diletakkan belakang kepalanya. Sudah seperti bos besar saja. Sayangnya, hasil USG tersebut tidak dicetak.

Celebrate The Wait  | ✓Onde histórias criam vida. Descubra agora