16. Moonlight (2016)

2.7K 59 6
                                    

Jangan lupa tekan
VOTE & COMMENT
sehabis membaca ulasan berikut. Beritahu juga pada teman-teman kalian jika ulasan ini menarik untuk dibagikan :)

Genre: Drama (Gay/Biseksual)

Genre: Drama (Gay/Biseksual)

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Kulit hitam dan homoseksualitas

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Kulit hitam dan homoseksualitas. Kedua hal itu cukup sering diperbincangkan masyarakat Amerika jika menyangkut-paut dengan isu rasial. Lebih dari itu, film ini mengisahkan tentang seorang bocah lelaki keturunan Afrika-Amerika bernama Chiron yang tumbuh di lingkungan kumuh Miami, menemukan bimbingan dalam sosok Juan, seorang pedagang obat bius yang mengajarinya untuk menentukan jalan hidupnya sendiri.

Seingat aku, film ini menceritakan tiga fase kehidupan tokoh utamanya; Chiron. Mulai dari dia masih anak-anak, remaja sampai jadi pria dewasa. Di masa kanak-kanaknya Chiron bertemu dengan Juan, seorang pengedar obat-obatan terlarang. Tak butuh waktu lama, Juan menganggap Chiron seperti anaknya sendiri. Begitu juga dengan pacar Juan yang berlaku seperti ibu kedua untuk Chiron.

Chiron sebenarnya tinggal bersama ibunya dan tanpa ayah. Mereka berdua tinggal di pemukiman kumuh dan rawan tindak kriminal. Ibu Chiron awalnya gak suka melihat Juan yang terus bertandang ke rumahnya menjemput Chiron untuk dibawa kerumahnya. Namun Chiron juga tak merasa nyaman di rumah tinggal bersama ibunya. Karena ibunya adalah seorang pecandu obat-obatan terlarang. Bisa dibilang Chiron tumbuh dalam keluarga yang broken home dan kurang perhatian.

Di usia remaja, Chiron ternyata memiliki ketertarikan terhadap pria. Dia menyukai teman sekolahnya yang bernama Kevin. Kevin menyambut perasaan Chiron setelah keduanya berciuman untuk pertama kalinya, namun hubungan keduanya itu penuh lika-liku. Seperti Kevin yang agak ragu-ragu terhadap ketertarikan seksualnya. Chiron dibuat cemburu saat melihat Kevin mencumbu seorang gadis di hadapannya.

Di usia dewasa juga nyatanya Chiron meneruskan pekerjaan Juan yaitu sebagai penjual obat-obatan terlarang. Juan sendiri diceritakan sudah meninggal pada saat itu. Semua Chiron lakukan sebab ia tumbuh di lingkungan yang tak berperasaan dan dia pun akhirnya menyesuaikan dirinya dengan lingkungan tersebut. Kalau dihayati, film ini bisa ikut memainkan emosional si penonton yang melihat perjalan hidup Chiron dari dia kecil hingga tumbuh dewasa.

RAINBOW CINEMASTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang