Intuisi, Pertanda, dan Rencana Semesta

2.4K 91 15
                                    

Udah dua hari undangan dari Manda gue cuekin, cuma gue taro asal di atas meja belajar. Gue lebih milih buat sibukin diri sama beragam kegiatan. Buat distraksi. Terus menerus mikirin bakal dateng atau engga ke nikahannya Manda bikin gue stress, dan gue sadar lebih baik waktu gue di alokasiin untuk hal yang lebih baik daripada mikirin hal itu.

Konsepnya jadi nyerempet kabur gitu sih, cuma... mau gimana lagi. Saat ini, ya cuma cara ini yang gue bisa lakuin. Huhuft ngedz ga sih.

Undangan itu dateng pas hari Selasa. Di anter sama driver gojek, tepat ke alamat rumah gue. Nyokap yang nerima, dan tanpa buka isinya, Nyokap langsung naro undangannya ke kasur kamar gue. Malemnya yang pas gue pulang dari ngumpul sama Aurel, gue pun baca undangannya. Sejak saat itu, perasaan gue jadi kacau.

Amburadul pokoknya.

Sekarang hari Kamis. Jadi, gue masih punya waktu 3 hari kurang buat mutusin bakal dateng apa engga. Tapi, untuk sekarang, mari kita simpen dulu pilihan-pilihannya untuk diputusin nanti.

Masih banyak waktu. Atau, hati gue yang belom siap memilih? Pilihan sederhana, antara bener-bener merelakan, atau jadi laki dan dateng dan kasih ucapan selamat yang terakhir kalinya, buat dia.

-o-

Wanjrit, sendal gue ada yang nuker pas lagi Jumatan! Mana sendal bagus lagi, baru aja gue beli minggu lalu pake duit hasil freelance. Sekarang gue kebingungan ini mesti pulang pake apa. Masa nyeker sih? Musafir aja ga gini-gini amat perasaan.

"Kenapa Mas? Kok bengong aja?" tanya seorang bapak-bapak, pas gue lagi duduk di tepi pelataran masjid.

Gue cuma bisa garuk-garuk kepala, sambil senyum mesem. Dan kayaknya sih si bapak paham, abis ngeliatin kaki gue yang nyeker sementara banyak sendal berserakan di sekitar gue.

"Oh, saya ngerti. Udah coba cari Mas?" tanya si bapak lagi.

Gue ngangguk, pelan. "Udah, dari tadi pas bubaran solat. Tetep ga ketemu, padahal saya yakin kok naro nya disini."

"Atau, kalo engga pake sendal jelek yang di sini aja," si bapak nunjuk ke beberapa sendal jepit butut yang berserakan, "namanya juga darurat. Daripada nyeker kan."

"Ga ah, Pak. Nanti kalo yang punya nyariin gimana? Masa nyeker? Kalo gitu saya sama aja ngambil sendal orang dong."

Yah, emang kudunya di ikhlasin sih. Ga apa-apa, duit masih bisa di cari. Sendal masih bisa di beli. Lagian, liat aja dari sisi yang lain; gue bisa anggap jalan kaki nyeker itu sekalian terapi. Kayak macemnya terapi jalan di batu-batu itu tuh.

Gue pun berdiri, lalu pamit ke si bapak. Si bapak pun senyum, sambil bales salam gue. Abis itu, gue berlalu ninggalin area masjid. Wadaw, aspal siang ini panas, coooy. Tahan, tahan. Lima menit jalan juga sampe rumah kok.

Ga jauh gue ninggalin area masjid, gue di cegat sama si bapak tadi pake motor. Sekarang doi lagi standarin motornya, tapi mesin motor ga di matiin. Ga ngomong apa-apa, si bapak langsung copot sendalnya, terus letakin ke deket kaki gue. "Saya kan pulang naik motor, si Mas pake sendal saya aja," kata si bapak, singkat.

"Lah, tapi Bapak jadi nyeker gima--"

"--gapapa, lha wong naik motor ini. Sudah, saya duluan," katanya lagi. Lalu, setelah mengucap salam, si bapak kembali ngegas motornya, berlalu ninggalin gue dan sepasang sendalnya.

Gue bengong sambil ngeliatin sendal peninggalan si bapak. Sendal kulit, bagus lagi. Kayaknya sih mahal. Itu orang apa ga rugi ya ngasih sendalnya ke gue? Ajaibnya, gue baru aja keilangan sendal terus di gantiin sama sendal lainnya. Ga mirip sih, cuma keliatan sama bagusnya kok. Gue langsung nengok ke atas, bertanya-tanya dalem hati sama Tuhan apa maksudnya kejadian begini. Tapi...

The MAD TripTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang