Part 17

697 34 58
                                    

Qeela duduk di sisi kiri Abid, sementara cowok itu lagi fokus nyetir sambil gumamin lagu Viva La Vida yang dibawain Coldplay di radio. Mereka lagi di perjalanan mau ke kampusnya Abid. Sepasang mata Qeela bolak balik ngeliatin antara bungkus Lays rumput laut, jalanan di depan, dan Abid yang lagi nyetir.

"One minute I held the key... hmmmm..."

Qeela jadi senyum sendiri ngeliat Abid gumamin lagu kayak gitu.

"Kak Abid kenapa sih, kayaknya lagi seneng banget?" abis nanya, Qeela nyuap lagi kepingan Lays ke mulutnya.

Abid noleh, ikutan senyum karena sadar ternyata Qeela merhatiin dia. "Gapapa. Cuacanya lagi enak aja buat jalan-jalan, gak mendung, lumayan juga kan buat ngilangin sumpek," katanya sambil ngangguk kecil ngikutin irama lagu.

"Kak Abid suka tipe lagu kayak gini ya?"

"Kayak gini gimana?" Abid nanya balik.

"Yang ringan, ceria ceria kayak gini. Aku baru tau Kakak sukanya tipe lagu begini." Wajar Qeela nanya karena emang baru di lagu ini Abid nyanyi. Lagu Ne-Yo yang diputer sebelum ini aja Abid diem, seolah dia nyalain radio ini biar gak kerasa sepi-sepi amat. Tapi begitu intro lagu Coldplay kedengeran, Abid langsung goyangin kepalanya walaupun pelan-pelan.

"Basicly, gue suka Coldplay-nya sih, La," kata Abid. "Bukan lagunya harus yang ceria juga sih. Ya sekalipun Coldplay bawain lagu mellow, gue juga bakalan tetep suka," Abid jawab sambil senyum.

"Ooh.. Suka banget sama Coldplay ya, Kak? Sejak kapan?"

"Buat gue, semua lagu-lagunya Coldplay tuh perannya sama penting kayak sohibnya gue. Paham kan, yang bakal selalu ada kapanpun gue butuh, mau gue lagi seneng, lagi stres, lagi apes, lagi capek, pokoknya bakal selalu ada nemenin gue, meskipun cuma di playlist. Gue suka Coldplay udah dari jaman kapan ya, SD kayaknya."

"Wow.." mulut Qeela bentuk huruf o kecil. "Udah bertahun-tahun dong ya?"

Abid ngangguk. "Gue tuh nggak gampang buat suka sama sesuatu, La," kata Abid lagi. "Agak sulit buat cari apa yang pas sama selera gue. Nggak cuma soal lagu, soal makan pun gue akan gitu. Bukan mau milih-milih sih, tapi kalo emang di hati gak sreg ya mau gimana? Makanya gak begitu banyak band yang gue ikutin perkembangan musiknya."

Qeela cuma bisa manut, karena emang dia nggak punya pengetahuan apa-apa soal musik.

"Gara-gara Coldplay juga Kak Abid ambil jurusan musik?"

Kali ini Abid ketawa, entah apa yang lucu dari kalimatnya Qeela. "Terus kalo gue suka film gue bakal ambil kuliah perfilman, kalo gue suka gambar gue bakal ambil seni rupa, kalo gue suka olahraga gue bakal ambil somatokinetika, kalo gue suka--"

"Lah? Bukannya emang gitu? Kalo gak suka sama jurusannya ya dari awal mending gak usah diambil, dari pada ngerasa kepaksa dan akhirnya berenti di tengah semester, kan? Ujung-ujungnya gak selesai dong?"

Ada jeda sebelum Abid nyahut. "Yang lo bilang ada benernya sih, La," kata Abid. "Cuma ada satu hal yang perlu lo garis bawahi, kadang ada hal yang kita sukain itu berakhir cuma jadi hobi, bukan sesuatu yang butuh buat diseriusi. Kasusnya gue ini ya gue beruntung aja karena kuliah yang gue ambil sejalan sama kesukaan gue sama musik."

Qeela dengerin aja.

"Kayak yang lo bilang tadi, biar ke depannya gak ngerasa kepaksa pas dijalanin, lo harus bisa yakinin diri dulu kalo jurusan yang bakal lo ambil itu beneran bakal lo seriusin." Abid noleh ke Qeela. "Itu tujuan gue bawa lo ke kampus gue sekarang. Biar lo sekalian bisa mikirin baik-baik ntar lo mau kuliah apa."

Gak kerasa, mobilnya Abid udah mulai masuk ke gerbang utama kampusnya. Sepanjang jalan yang mereka lewatin, Abid ngejelasin secara singkat gedung dari fakultas apa-apa aja itu. Dia juga bahas kegiatan mahasiswa di luar pembelajaran, kayak organisasi atau unit kegiatan mahasiswa. Sampe akhirnya mobil itu Abid berhentiin di tempat parkir Fakultas Bahasa dan Seni. Abid ngelepas seatbelt-nya.

HI(S)TORYWhere stories live. Discover now