🐝 [Candu]

771 87 13
                                    

Hai ... Pernah enggak sih, kalian merasa candu terhadap sesuatu? Seperti belajar, misalnya.

Ikr kedengarannya bahaya buat kemaslahatan saat rebahan. Tapi, menurutku ini work banget untuk nge-push kamu supaya lebih giat lagi belajarnya. Sampai-sampai kamu jatuh cinta sama yang namanya belajar.

Aku tahu cara belajar setiap orang itu berbeda-beda. Tapi aku mau share cara yang work di diri aku dan barangkali work di diri kalian juga.

Mau tahu tipsnya enggak? Yuk, check it bellow!

1. Cari waktu yang nyaman saat kamu ingin belajar. Minimal tidak ada yang sampai mengganggu konsentrasimu.

2. Bisa sambil duduk, senderan, dan sebagainya senyaman diri kamu.

3. Lengkapi materi dan alat-alat tulis sebelum mulai belajar. Karena ketika belajar dan konsentrasi sudah mulai terbentuk, tapi ternyata tiba-tiba kamu membutuhkan correction fluit dan bendanya tidak ada, fokusmu akan mencar-mencar.

4. Tata buku dan alat-alat tulismu dengan rapi.

5. Saat belajar, jangan menyentuh HP. Kecuali saat kamu membutuhkan materi yang ada di internet.

6. 5 menit belajar, dan kamu be like "Hah, apa ini? Apa ini? Gimana caranya A bisa jadi K? Kok gitu,"

7. Jika langkah 6 terjadi, congratulation! Kamu punya start untuk belajar. Teruskan, jika kamu bingung jangan berhenti di titik itu. Cari penjelasan kenapa A bisa jadi C, atau bahkan bisa jadi Z.

8. Pahami konsep. Jangan langsung tertuju pada hasil akhir, tapi lihat bagaimana cara mendapatkan hasil akhir itu juga.

9. Kamu akhirnya mencari materi di internet dan paham, lalu materinya kemudian ditutup? No, jangan lakukan itu! Mungkin sebagian orang memori ingatannya sangat kuat, tapi sebagian yang lain tidak terlalu. Bukan berarti kamu tidak cerdas, tapi jika hanya "Oh ya, ternyata begini begini," suatu saat nanti akan hilang sendiri. Jadi, lebih baik kamu tulis ulang dan di waktu senggang review kembali catatan kamu.

10. Baru 15 menit, tapi kamu sudah lelah dengan yang namanya belajar. Hei, itu wajar kok! Jangan jadikan belajar 5 jam sehari adalah patokan keberhasilan. Take a break, kamu bisa sambil makan dan minum, bernyanyi, atau senderan. Tapi kalau masih ingin lanjut belajar, jangan sekali-kali berpikiran untuk take a break dengan meninggalkan tempat belajar kamu, kecuali ada urgent.

11. Oke, sesi belajar hari pertama cukup 15 menit. Kalau kamu mau lebih, bisa diteruskan. Itu artinya kamu sudah mulai penasaran untuk mempelajari hal-hal baru.

12. Luangkan waktu dalam sehari untuk membahas soal-soal, atau dalam seminggu setelah kamu selesai mereview materi.

13. Kalau besoknya kamu malas belajar, push diri kamu. Cari kata-kata motivasi yang membuatmu semangat untuk belajar. Contohnya, "Ingat, saingan kamu yang mau masuk UGM bukan cuma teman satu kelas, tapi satu Indonesia!"

14. Konsisten. Itu kuncinya, luangkan waktu setiap hari untuk belajar. Tidak apa-apa kalau hanya 15 menit. 15 menit dan paham konsep lebih baik daripada kamu belajar 5 jam tapi tidak disertai belajar konsep.

15. Kalau kamu lelah, jangan memaksakan diri. Kamu harus punya tubuh yang fit untuk dapat menyerap materi. Kesehatan tubuh itu lebih penting.

Proses candu yang perlu kalian ketahui dan semoga sampai ke tahap yang kalian inginkan :

1. Belajar dengan malas-malasan.
2. Belajar dengan cara dipaksa.
3. Sudah mulai memahami pelajaran.
3. Mulai suka belajar.
4. Menjadikan belajar sebagai rutinitas.
5. Candu belajar.
6. Menjadikan belajar sebagai bagian dari hidup.

Semangat terus untuk kalian semua!

Semangat terus untuk kalian semua!

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Love you~~

TIPS; STUDY STUDENTTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang