🏬 [Hobi Bisa Menghasilkan Uang]

1.3K 123 21
                                    

✨✨✨✨𝑯𝒐𝒃𝒊𝒌𝒖 𝒂𝒑𝒂, 𝒚𝒂?✨✨✨✨

1. Hobi Menulis
Nah, kalau kamu suka menulis gelutilah bidang itu dengan serius. Kenapa?

Pertama, karena tulisan atau naskah yang kamu bikin itu bisa dikirim ke media cetak atau penerbit. Kalau diterima tentunya akan menghasilkan uang.

Kedua, kamu bisa menulis di media massa. Kamu bisa mencoba mengirimkan cerita-cerita ke majalah-majalah yang ada. Sekali muat umumnya bisa mendapat honor Rp200.000 - Rp1.000.000. Lumayan kan?

Ketiga, self publishing. Maksud self publishing adalah menerbitkan buku secara mandiri. Jadi, kita punya naskah, kita buat cover, layout, dan jilid sendiri, kemudian kita jual sendiri. Meskipun modal yang keluar juga lumayan besar, sekitar RP500.00 - RP1.500.000. Tapi, kamu bisa mendapatkan keuntungan besar kalau kamu rajin promosiin buku kamu. Semangat terus!

Keempat, membuat tulisan review. Setelah kamu selesai membaca buku baru, cobalah untuk meresensi sebuah buku dan mengirimnya ke media cetak. Biasanya, kamu akan mendapatkan bonus buku tambahan dari penerbit dan juga uang saku tambahan sebagai ucapan terima kasih.

Kelima, menulis di Joylada. Apa tuh Joylada? Jadi guys, Joylada itu novel chat. Zonanya K-Popers yang bisa bikin kamu halu akut kalau udah baca ceritanya. Kamu bisa mendaftar sebagai penulis baru dan menulis di sana. Setiap joy atau hasil tulisan kamu yang dipublish itu bakal dihargai atau dapat bayaran. Bayarannya bisa ditarik kalau udah nyampe target RP100.000. Lumayan kan buat kantong anak sekolah? XD

2. Hobi Menggambar
Seru, nih!

Pertama, kamu bisa jual gambar-gambarmu melalui media online. Daripada cuma berakhir di galeri dan dibiarin aja 'kan. Kita bisa jual sama penulis-penulis yang lagi bingung mau bikin cover buat karyanya. Atau bikin vector art dan dijual di media online.

Kedua, jual dalam bentuk barang. Kamu bisa naikkin value karya kamu dalam bentuk merchandise yang bisa dijual. Misalnya, dalam bentuk photocard, tote bag, mug, cover buku catatan, kaos, dan sebagainya. Bisa juga dijual buat acara graduation atau wisuda, pernikahan, perayaan ulang tahun, dan sebagainya.

3. Hobi Main Game
Game bisa menghasilkan uang? Cek tips di bawah ini.

Pertama, real money trading. Kamu bisa main game lalu ngumpulin equipment, senjata, peralatan, dan kekomplitan item karakter. Lalu kamu bisa menjualnya ke orang lain. Kenapa? Karena biasanya pemain newbie alias baru membutuhkan fitur yang lebih canggih.

Kedua, jasa naikkin level. Selain membeli karakter, cara mudah mendapatkan karakter dengan level tinggi adalah menyewa jasa gamer lain. Gamer ini dibayar untuk menaikkan level karakter yang diminta.

Ketiga, jasa tester. Sebelum sebuah game dijual bebas, proses untuk mematangkannya begitu panjang. Proses itu mencakup uji coba game untuk mengetahui apakah ada bug atau cacat pada game tersebut. Dalam hal inilah diperlukan jasa tester yang berfungsi untuk menguji permainan itu.

Keempat, jadi Youtuber. Channel game bisa berupa video tanding. Makin seru pertandingan, makin besar peluang menarik view dan subscriber. Review game dan komentar mengenai suatu game atau kompetisi juga bisa dijadikan konten. Selipkan humor sebagai bumbu agar suasana lebih cair.

4. Hobi Bermain Musik
Pertama, kamu bisa buat pertunjukkan kecil. Gak pa-pa kalau penontonnya sedikit. Lama-lama juga akan menarik minat banyak orang. Kamu bisa memulainya di coffee shop atau restoran yang tertarik memakai jasa live music.

Kedua, membentuk band. Kamu bisa promosikan band kamu supaya bisa main di berbagai acara. Misalnya, acara opening atau closing open house di universitas. Tentunya kamu akan mendapat bayaran.

Ketiga, komposer lagu. Buatlah beberapa lagu dan tawarkan pada teman musisimu. Siapa tahu lagu tersebut akan disukai banyak orang. Kalau bisnismu lancar, pasti akan banyak musisi yang datang kepadamu untuk membuatkan lagu.

Keempat, rental alat musik. Kamu bisa memberi tarif per hari jika ada yang ingin menyewa alat musikmu.

5. Hobi Membaca
Membaca bisa hasilkan uang? He heh, iya.

Pertama, kamu bisa menjadi pengulas buku. Kamu bisa mulai mencoba untuk melamar freelance resensi ke surat kabar atau majalah. Banyak kok, surat kabar yang membuat resensi buku. Selain mendapatkan penghasilan, kamu juga bisa mendapatkan buku baru untuk diulas secara gratis.

Kedua, menjadi freelance editor. Bagi para penulis yang ingin karyanya diterbitkan, tentunya membutuhkan editor untuk menyunting naskahnya. Namun sekarang editor bukan hanya yang harus ngantor, karena ada juga penerbit yang membutuhkan tenaga freelance editor. Nah, peluang pekerjaan jasa ini bisa banget kamu lakukan di rumah

Ketiga, kamu bisa menjual dan menyewakan buku bekas. Cukup gunakan media sosial yang kamu punya atau buat akun baru untuk mem-posting buku-buku koleksimu.

6. Hobi Rebahan
Spesial nih buat yang pengen dapet uang tapi sukanya rebahan sama goleran.

Pertama, kamu bisa mencoba trading saham. Kamu bahkan bisa memantau pergerakan grafik saham sambil tiduran dan bersantai di rumah. Sekarang trading saham bisa dilakukan secara online dari mana aja. Kamu tinggal nyiapin komputer atau smartphone dan koneksi internet yang stabil.

Kedua, menjadi penulis. Kalau tulisanmu bagus dan menarik, siapa tahu nanti dilirik penerbit. Oh iya, kamu juga bisa mengirim karyamu ke penerbit lewat online.

Ketiga, jadi admin media sosial. Sekarang ada banyak perusahaan maupun pebisnis yang menggunakan media sosial. Mereka pasti membutuhkan admin yang bisa mengelola akun media sosialnya. Kamu bisa coba menawarkan diri untuk mengelola akun tersebut. Namun, pastikan kamu paham betul penggunaan media sosial agar bisa mengelolanya dengan maksimal. Ya, asal jangan jadi admin akun gosip aja, ya. :(

6. Hobi Kerajinan Tangan
Kamu bisa bikin buket bunga flanel kece dan dijual lewat media online. Misalnya, buket balon, buket uang, buket snack, buket bunga, dan sebagainya.

Kamu juga bisa bikin aksesoris dari manik-manik. Dari manik-manik itu, bukan hanya kalung dan gelang yang bisa kamu ciptakan. Tetapi juga anting, hiasan rambut, dan juga gantungan kunci unik.

7. Hobi Masak
Pertama, kamu bisa bikin jajanan enak kayak pie susu teflon, pizza rumahan, bola pisang cokelat, pancake milo, dan sebagainya. Terus bisa kamu posting di media sosial dan sekalian promosiin juga. Siapa tahu ada yang minat dan pengen beli.

Kedua, membuat buku atau blog resep makanan. Jika sudah populer blog kamu bisa menjadi lahan uang yang menjanjikan, karena akan ada perusahaan atau web lainnya yang akan memasang iklan di blog kamu.

Btw, hobi apapun bisa menghasilkan uang kok. Kuncinya tuh asal kamu tekun dan gak gampang nyerah. Suatu saat nanti bakal sukses. Semangat terus!

***

Sekian dulu dari aku.
Sampai ketemu lagi, boobye!

Sampai ketemu lagi, boobye!

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Love you, tapi boong.
WKWKWK^____^

TIPS; STUDY STUDENTTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang