Kelas Umum: Tips Membuat Cerita Fantasi yang Unik dan Menarik Perhatian Pembaca

675 52 1
                                    

Hari dan Tanggal : Minggu, 15 maret 2020
Waktu : Pukul 19.00 - 20.00 WIB

Materi : Tips Membuat Cerita Fantasi yang Unik dan Menarik Perhatian Pembaca
Pemateri : kiranada
Moderator : Tary
Notulis : Nova Lindah

🏹🏹🏹

Pembuka :

Malam semua, perkenalkan aku Tary kebetulan malam ini bakalan jadi moderator, ditemenin kak  Nova_Lindah yang akan jadi notulen. Jadi simak dengan baik-baik materi atau tips yang akan di bagikan kak Kiranada ya.

🏹🏹🏹

Perkenalan :

Halo, selamat malam semua, panggil aja saya Kira. Aku biasa menulis thriller, fantasi, dan cerpen kecil-kecilan(?). Akhir-akhir ini baru nyoba roman.

Kalian boleh cek WP-ku dengan akun 'kiranada' atau kalau mau lihat beberapa review dan update cerita di wattpad, bisa cek IG dengan username: kiranada_

Di sini anggap aja saya sharing, jadi jangan anggap sedang menggurui, biar kita sama sama belajar yaa wkwk bisa aja kalian yg disini lebih jago, aku cuma mau berbagi pengalaman :3

🏹🏹🏹

Materi :

EFEKTIVITAS MENULIS FANTASI
(tips menulis fantasi versi Kiranada)

Dalam KBBI, kata 'fantasi' memiliki arti
(1) gambaran (bayangan) dalam angan-angan; khayalan.
(2) daya untuk menciptakan sesuatu dalam angan-angan.
(3) hiasan tiruan.

Ketiga definisi di atas mengulangi makna fantasi sebagai 'angan-angan', 'tiruan', atau 'tidak nyata'. Dalam materi ini, kita akan menyinggung fantasi sebagai genre sebuah prosa. Maka, mari sepakati terlebih dahulu bahwa fantasi adalah jenis (genre) prosa  dengan tema utama yang mengangkat fenomena khayalan; tidak nyata; fiktif.

Oleh sebab itu, halal hukumnya jika dalam genre ini, cerita yang kita buat dibubuhkan sesuatu yang tak masuk akal atau tidak ada di dunia, selama tidak mengganggu kasualitas alur, sehingga tidak menimbulkan plothole.

Contoh prosa bergenre fantasi: Serial Harry Potter, Serial Percy Jackson and The Olympians, Serial Heroes of Olympus, Trilogi The Lord of The Rings, Kitab Omong Kosong, Lelaki Harimau, dongeng2, dll

Perkembangan genre saat ini telah pesat. Banyak genre-genre yang semula tunggal, kini berkembang sehingga memiliki peranakan. Seperti roman yang kini punya subgenre: teenlit, fiksi remaja, fiksi penggemar, chicklit, young adult, erotis. Fantasi juga mengalami perkembangan, sehingga punya peranakan, di antaranya: fiksi sains, distopia, dan cyberpunk.

1. Fiksi Sains: cerita fiktif dengan pembubuhan sesuatu yang bersifat ilmiah dalam mewujudkan konsep utama.
2. Distopia: cerita dengan latar sosial yang sengit persaingan antara penduduk dengan penguasa. Biasanya penguasa yang digambarkan adlh diktator bertangan besi.
3. Cyberpunk: cerita dengan latar utama masa depan, dengan konsep teknologi berbeda-beda. Biasanya afterappocalypse, tapi banyak juga yang futuristik.

🏹🏹🏹

Tips Menulis Fantasi (versi Kira)

1. Tentukan Tema yang Jelas
Buatlah konsep yang jelas. Kadang kala kita temukan cerita fantasi yang hanya mengedepankan keren, superpower, pengetahuan mitologi yang buanyak, atau konflik antartokohnya, sampai yang baca bertanya-tanya ini sebetulnya cerita tentang apa. Kalau mau buat high fantasy, ya jangan tiba-tiba dimunculkan zombie gorila, lalu pasukan vampir yang menengahi, eh ternyata semua kerusakan negeri adalah campur tangan ilmuwan yang datang dengan mesin waktu. Kan.. :" bingung, jadi sebetulnya bagian mana yang mau ditonjolkan? Cerita tentang apa yang ingin disuguhkan?

Jurusan Fantasi The WWGWhere stories live. Discover now