Tips Mingguan: Kenapa Seseorang Tertarik dengan Cerita Fantasi?

2.2K 186 9
                                    

TIPS MINGGUAN
Kenapa Seseorang Tertarik dengan Cerita Fantasi?
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kepopuleran cerita fantasi memang mengalahkan genre-genre cerita lainnya. Tentu saja hal ini menimbulkan pertanyaan: mengapa bisa begitu? Padahal, ada juga orang yang menganggap bahwa cerita fantasi hanyalah cerita yang “buruk”, karena sama sekali jauh dari kenyataan hidup dan hanya akan membuat orang yang membacanya hidup dalam khayalan.

Meskipun ada yang beranggapan begitu, perlu diketahui bahwa pada dasarnya orang memang menginginkan keajaiban dalam hidupnya. Kenyataan hidup yang pahit membuat orang berangan-angan untuk menyelesaikan masalah secara mudah dan cepat. Karena itu, berbagai macam benda ataupun hal ajaib dikhayalkan untuk membantu memecahkan persoalan hidup.

Sebagian besar orang yang tidak ingin imajinasinya sia-sia begitu saja, mulai menuangkannya dalam bentuk tulisan. Kemudian dikembangkan lagi dengan diberi karakter dan alur cerita. Setting mulai terbentuk; karena benda atau hal ajaib tidak ditemukan di dunia nyata, maka dibuatlah dunia imajinasi yang cocok. Sebuah cerita tercipta, dan karena pada dasarnya orang ingin imajinasinya terwujud, cerita itu dibuat semirip mungkin dengan kenyataan hidup.

Dalam dunia Harry Potter, dapat kita lihat adanya sejarah dan juga susunan pemerintahan sihir yang mirip dengan pemerintahan negara Inggris.
Hal ini tentu saja menarik orang-orang untuk membacanya. Selain sebagai sekadar hiburan, dunia dalam cerita fantasi seringkali membuat orang tertarik untuk memimpikannyaatau ingin tinggal di dalamnya.

Cerita fantasi biasanya juga bergenre adventure, di mana sang karakter utama menjalani petualangan menakjubkan yang selalu membuat penasaran; bagaimana kelanjutan ceritanya?

Kadang kita tertarik membaca cerita fantasi seperti Harry Potter, karena kagum akan hal-hal yang ditampilkan pengarang. Contohnya: adanya mata pelajaran yang tidak mungkin ada di kehidupan nyata, hewan-hewan fantastis, dsb.

Pada dasarnya, selera setiap orang berbeda-beda. Seperti orang akan mengatakan bahwa roti coklat lebih enak daripada roti keju. Maka boleh saja orang mengatakan bahwa cerita fantasi tidaklah menarik. Bagaimana dengan kamu?

(Sumber: https://bukuonlinestore.com/mengapa-orang-tertarik-membaca-cerita-fantasi/)

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Ingin mendapat tips lebih cepat tiap minggunya dan lebih singkat alias to the point?
Kunjungi akun Instagram jurusan Fantasi The WWG: @fantasy_thewwg.

Jurusan Fantasi The WWGTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang