Tips Mingguan: Antagonis yang Nyata

663 61 0
                                    

TIPS MINGGUAN
Antagonis yang Nyata

Antagonis berasal dari Bahasa Yunani kuno yang berarti “Dia yang memulai perubahan.”

Dengan kata lain, antagonis adalah mereka yang memulai suatu “event”dari cerita. Mereka yang merasa begitu kuat hingga mereka akan melewati Batasan hukum serta pandangan masyarakat untuk menciptakan perubahan atau ketidakseimbangan pada dunia. Mereka yang tindakannya hanya bisa dikoreksi oleh protagonist.

Singkatnya : Antagonis beraksi, protagonist bereaksi.

Jadi, apakah yang membuat seseorang menjadi antagonis? Satu-satunya hal yang membedakan antagonis dan protagonist adalah “Satu hari yang sangat buruk atau beberapa pilihan salah di masa lalu.”

Karena di dunia nyata, tidak ada yang namanya antagonis. Tidak ada orang yang terlahir jahat. Tidak ada penjahat yang tertawa sambil menggosokkan kedua tangan sementara merencanakan rencana jahat. Yang ada hanyalah orang-orang yang memiliki masalah dan mencoba untuk menyelesaikannya.

Salah satu karakter antagonis paling nyata adalah Kira Yoshikage dari anime “Jojo Bizarre Adventure: Diamond is unbreakable”

Sebagai permulaan, dia tidak memiliki aspirasi yang besar, dia tidak punya rencana untuk mengubah dunia atau menaikkan statusnya dalam masyarakat

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Sebagai permulaan, dia tidak memiliki aspirasi yang besar, dia tidak punya rencana untuk mengubah dunia atau menaikkan statusnya dalam masyarakat. Yoshikage Kira hanya ingin kehidupan yang normal dan berusaha sangat keras untuk membuat situasi itu terjadi. 

Satu-satunya masalah yang ia miliki adalah kegemarannya membunuh wanita dan memotong tangan wanita tersebut lalu …. Sebaiknya kita tidak membahas lebih dari ini.

Saat pertama tampil, sangat mustahil membayangkan orang sepertinya adalah penjahat dan tidak manusiawi. Seiring berjalannya seri anime ini, para penonton terus menemukan detil yang cukup mencengangkan tentang Kira. 

Kita tahu makanan favoritnya adalah Chicken katsu, kita tahu dia menyukai segelas susu hangat sebelum tidur, kita tahu kebiasaannya menghabiskan waktu makan siangnya di taman sendirian, sangat menyukai kucing dan tidak menyukai anjing.

Dan tidak ada satu pun detil itu yang membuatnya bisa terlihat berbahaya bagi sang protagonist. Pertanyaannya. Kenapa itu penting? Itu adalah detil kecil yang membuatnya terasa hidup. Kumpulan informasi detil yang tidak terlalu penting itu adalah pemicu untuk otak kita bahwa Kira adalah orang yang normal sama seperti kita.

Tanpa sentuhan detil informasi tadi, Kira Yoshikage hanyalah antagonis dalam cerita yang memiliki kemampuan hebat, tidak lebih, tidak kurang.

Tanpa sentuhan detil informasi tadi, Kira Yoshikage hanyalah antagonis dalam cerita yang memiliki kemampuan hebat, tidak lebih, tidak kurang

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Dia memang pembunuh berantai tapi juga seseorang yang menikmati indahnya berjalan santai di bawah sinar matahari yang hangat. Seseorang yang mencoba untuk hidup sesuai dengan keinginannya tanpa gangguan sang protagonist.

Dan itu adalah sebuah nuansa yang bisa terhubung ke semua orang, kecuali pada bagian ia membunuh orang lain. Dia bukanlah sebuah “Plot device” yang harus dilewati sang protagonist, dia adalah karakter nyata yang bisa kita rasakan emosinya. Bukanlah antagonis yang hanya membuat kita merasa simpati tapi antagonis yang membuat kita terhubung dengannya secara emosi dalam beberapa aspek.

Kesimpulannya : apa yang membedakan antagonis biasa dan antagonis nyata adalah nuansanya.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=XqMxH0atn18

Jurusan Fantasi The WWGWhere stories live. Discover now