O42

370 92 2
                                    

Somi natap jendela yang keliatan keadaan luar. Ini jam tujuh malam sehabis mereka sholat Maghrib. Rencananya mereka mau makan sekalian di pasar malam itu tapi hujan tiba-tiba turun dengan deresnya begitu mereka berenam nyimpun sajadah.

"Yaah," keluh Somi. "Padahal pingin makan martabak sama bakso yang dipasar malem itu."

Donghan ngusap-ngusap kepala adeknya terus berkata sok bijak. "Yang sabar, dek. Percaya abang, dibalik kecewanya lu karena gajadi ke pasar malem, ada yang seneng karena ngga jadi traktir kita martabak."

Sontak semua yang awalnya nyantai disofa ruang tamu buat ngeliatin hujan diluar langsung noleh ke Seonghwa. Yang ditatap cuma nyengir kuda.

"Gak sportif, Bang. Yeu," ujar Yunho si perut karet mulai ngerasa lapar karena terakhir mereka makan pas siang habis nonton itu. Setelahnya cuma main dan makan cemilan. "Laper nih kak, masakin dong."

Umji auto mendelik kearah Yunho, adek bongsornya yang suka baik dan manja ke dia kalo ada maunya.

"Masak mie sana, repot amat," kata Umji setengah maksa. Dia lagi males buat masak soalnya. "Atau goreng telor kek atau apalah. Jangan gue."

Yunho manyun. Kalo dia ga tau kalo makan mie dalam seminggu dua kali berturut-turut itu gak sehat, dia bakal rebus mie sendiri. Gak bakal bilang dulu. Sayangnya cowok berambut hitam ini sudah makan mie kemaren malam, waktu semua orang udah tidur.

Laper dia hehe.

"Gak boleh makan mie sering-sering kak," katanya kemudian bikin Umji melengos.

"Yaudah Seonghwa aja yang masak. Masak bang, tunjukkan bakatmu." Umji ngomporin semua orang biar nunjuk Seonghwa jadi chef malam ini.

Seonghwa ketawa renyah aja. "Yakin lu nyuruh gue masak? Gak takut kebakaran ni rumah?"

Semua reflek nggeleng sementara Umji mendengus kesel. Pinter banget Seonghwa ngelaknya.

"Pesen go-food aja, gue bayarin-"

"Jangan kak, kasian abang gojeknya kehujanan, deres pula."

"Kan dibayar, Ho. Ngapain juga abangnya nerima kalo gak mau kehujanan? Ngotak dong." Umji ngegas.

Yunho nyengir pas ditatap tajam sama kakak sepupunya itu. "Kode aja nih kak biar dimasakin nasgor. Lama nih gak ngerasain nasi gorengnya kakak. Ya kan, Bang?"

"Hooh, enak padahal." Seonghwa ikutan nyahut.

San ngeliatin Umji yang tadinya ngeliat galak ke Yunho jadi agak melunak. Dia ketawa sewaktu Donghan ikutan nyahut,

"Wuih bisa masak ternyata, masakin kita dong, chef Umji."

"Ribut, Han."

"Ayo masak kak. Somi bantuin."

Umji nyerah pada akhirnya dan ngikutin Somi kedapur buat masak nasi goreng terasi yang biasa dia buat. Somi jadi asistennya.

"Kupas bawang merahnya Som, bawang putihnya sudah ada ternyata," kata Umji yang langsung diangguki Somi dengan semangat.

Awalnya cewek yang nyepol rambutnya itu aman-aman aja ngupas si bawang merah sekalian motong kecil-kecil. Umji sibuk sama terasi yang mau dia halusin sama cabe, bawang putih dan garem diatas cobek. Somi mulai nangis pas ngupas bawang kelima.

"Eh kenapa nangis?" Umji baru sadar pas Somi nyeka air matanya pake lengan bajunya.

"Pedes kak, huwaa!"

Umji ngehela napas dan nyuruh Somi buat cuci tangan pake sabun dan nyusul yang lain ke teras depan. Somi minta maaf karena gak bisa bantuin masak tapi Umji santuy aja. Sudah biasa dia masakin orang rumah apalagi para sepupunya itu sendirian.

"Kok kesini dek? Umjinya mana?" Tanya Seonghwa begitu ngeliat Somi nyusul mereka ke teras rumah. Cuma Seonghwa yang nanyain gitu karena ketiga orang yang lain lebih merhatiin kartun Coco yang diputar di laptop Yunho.

Bego memang. Nonton film kartun malam-malam, didepan teras, hujan pula. Emang belum pernah kesambar geledek.

"Masih di dalem, tadi Somi kesini duluan karena pedes mata pas motong bawang." Somi nunjukin matanya yang memerah karena si bawang merah nyebelin itu.

"Jadi Umji masak sendirian?" Tanya Donghan yang diangguki adeknya. "Jahat banget lu dek biarin Umji masak sendirian."

Somi mau nangis karena disalahin begitu. Maklum karena dia anak bungsu dari keluarga besar Papanya dia jadi manja dan agak cengeng. Dimarahin dikit udah berkaca-kaca tu mata. Makanya Donghan sering ngerjain adeknya biar nangis walau ujung-ujungnya dia bakal dijewer Mami Sowon terus diledekin sama Papi Jin.

Emang Papi Jin itu beda.

"Lo juga, Bang. Udah tau kasian malah gaada niat bantuin," kata Yunho.

"Lo juga bambang," sahut Seonghwa.

"Kita berlima sama-sama gak bantuin, udah." Ini Donghan, bikin semua jadi diem dan fokus kembali ke film.

Baru Somi ikut nimbrung, San bangkit dari duduknya dan jalan masuk rumah.

"Mau ngapain, Kak?"

"Ambil minum."

"Ooh."

Cewek yang lagi numis bumbu yang sudah diulek didapur itu mulai kepanasan walau diluar hujan masih deres dan lagi malam. Setelah ngerasa si bumbu perlu didiemin bentar sebelum nasinya dimasukin, Umji jalan kearah pintu pembatas halaman belakang yang terang benderang karena lampu yang dipasang disana dan buka sedikit biar udara panasnya keluar.

"AH! Ngagetin mulu sih lo." Cewek yang ngikat rambutnya tinggi-tinggi itu misuh pas ngeliat San ada didepannya saat dia balik badan mau balik ke dapur. "Mau ngapain disini?"

"Mandorin lo," balas cowok itu sambil nyengir.

"Yeu."

Umji kembali sibuk sama pekerjaannya. Sementara dia sibuk ngaduk-ngaduk si nasi goreng biar rata sama bumbunya, San malah nyandar di tembok dapur sambil minum sekaligus ngeliatin dia.

"Apasih liat-liat. Keluar aja sana kalo cuma ngeliatin doang gak bantuin, ganggu aja." Umji akhirnya kesel sendiri.

"Males ah, tampias didepan. Disini aja sekalian nungguin mateng." Cowok itu malah duduk dikursi meja makan dan lanjut merhatiin Umji.

"Daripada bengong aja, mending bantuin gue goreng nugget buat lauk."

"Nanti gosong. Lu aja."

"Tega banget lu biarin gue sibuk sendiri, anjir," keluh Umji. "Yaudah sini gue yang goreng, lu yang jagain ni nasi ya. Dikit lagi mateng kok."

San awalnya mau nolak tapi akhirnya ngangguk juga. Gak tega dia ngebiarin sepupunya itu kerja sendirian sementara dia santai-santai.

Ditengah-tengah keheningan dapur yang nggak ada sama sekali percakapan dua orang itu, tiba-tiba Umji nyeletuk.

"Duh kok gini ya rasanya?"

San disebelahnya ikut natap dia heran. "Kenapa?"

"Rasanya agak aneh, cicipin sini terus kasih tau apa yang kurang." Umji nyendok nasi goreng ke sendok dan ditiupin sebentar dan ngasih ke San biar anak itu nyoba sendiri.

San natap Umji seolah bilang, lu gak liat gue lagi ngapain sekarang? Tangannya lagi megang nugget mentah dan tangan satunya lagi megang botol minyak goreng. Keduanya kotor karena anak itu emang bar-bar kalo masak bahkan goreng nugget gitu aja sekalipun.

Umji nyengir, terus nyuruh San buka mulut sementara dia nyuapin si nasi goreng yang udah agak hangat itu kemulutnya. "Gimana?"

Cowok itu nelen nasi goreng buatan Umji dengan ekspresi aneh.

"Ji,"

"Iya? Kenapa? Gak enak ya?"

San balas natap Umji terus ngernyit. Bikin Umji penasaran.

Cowok itu bingung mau bilang gimana karena takut nyinggung perasaan Umji. Dia tau sepupunya itu baperan parah. Dikit-dikit dimasukin ke hati. Makanya sering banyak pikiran.

"Bilang aja gak apa-apa, San." Umji ngeyakinin San.

San diem sebentar sebelum akhirnya berucap,

"Lu masukin garem sebanyak apa? Satu bungkus?"

Sepupu « San-Umji ✔Where stories live. Discover now