Q&A

1K 101 10
                                    

1. Q : Kenapa judulnya apple and cinnamon?

     A :

Ini merupakan pertanyaan mendasar dari fanfic ini ya, jadi aku letakkan pertanyaan ini di awal. Aku terinspirasi untuk memberikan judul dengan kata 'apple & cinnamon' itu dari judul lagu Utada Hikaru. Lagu itu merupakan salah satu lagu Utada Hikaru favoritku yang entah kenapa pas dengar liriknya, berasa menggambarkan kisah karakter utama kita. Kalian bisa coba dengarkan lewat video di atas. Salah satu liriknya berbunyi gini :

Started out so simple and innocent
So simple and innocent, so simple and innocent, so simple and innocent
Chemistry like apple and cinnamon
Like apple and cinnamon, like apple and cinnamon, like apple and cinnamon
I can't believe that you and me were falling out of love
And that everybody used to be so envious of us
(Chemistry like apple and cinnamon)
What we had was just too good
Good to last

Selain itu, kalau kita rasakan apel, rasa asam manis akan menjadi rasa utama dari buah itu. Sedangkan kayu manis dengan aroma wangi yang kuat namun kalau dicecap akan terasa pedas. Nah, hubungan Levi dan Eren di fic ini akan seperti itu. Tak selamanya kisah mereka akan diiringi manisnya apel dan wanginya kayu manis. Kadang kadang mereka harus merasakan  asam dan pedas untuk menguji kisah cinta mereka. *aku terlalu dalam ya mengartikannya, uhuk! 😳

2. Q : awal tertarik dan apa yang membuat tertarik untuk menulis cerita mengenai rumah sakit?

    A :

Sebenarnya, aku pernah bercerita sedikit mengenai motivasi aku menulis fic ini d awal chapter. Jadi, aku itu sangat terpukau sekali dengan salah satu karya di Archive of Our Own, yg berjudul Karasuno Seijou General Hospital. Nah di sana, authornya menulis fic dengan setting rumah sakit dengan karakter Haikyuu!! Terus aku kepikiran, kenapa aku ngga bikin cerita setting rumah sakit saja y? Rumah sakit itu adalah setting universe yang melibatkan banyak karakter, emosi dan konflik, tentu ngulik setting rumah sakit akan menyenangkan. Tapi, aku ngga mau nulis yang ceritanya cuma terfokus pada love live & slice of live, aku pengen suasana rumah sakit terasa sehingga kita benar benar menikmati perjalanan kisah para karakternya. Maka dari itu, aku riset selama kurang lebih dua bulan untuk nulis kerangka cerita, nonton drama medis untuk ngumpulin studi kasus penyakit (karena aku bukan anak ilmu kesehatan), diskusi sama adikku (kebetulan dia mahasiswi keperawatan), main ke perpus nyari buku tentang penyakit dalam. Dan, taraaa...akhirnya terciptalah apple & cinnamon ini. Aku malah ngga kepikiran feedback pembaca yg bilang kalau baca fic-ku ini bermanfaat. Jadi, pas baca feedback itu, aku luar biasa bahagianya untuk berbagi sedikit apa yg aku ketahui soal serba serbi rumah sakit.. ヽ(´∀`)ノ

3. Q : Author cita2 nya jadi dokter ya? Gegara di crita nya banyak nama2 penyakit, alatnya, dll (bahasa teknis)

    A :

Waktu kecil, aku memang bercita-cita jadi dokter namun waktu SMA, berubah lagi ingin memperdalam ilmu sosial karena aku dari kecil suka banget sama sejarah, peradaban dan politik. Keinginanku bikin cerita ini seperti yg aku udah ceritakan di atas, juga dipengaruhi dengan lingkungan keluargaku yg banyak kerja di dunia kesehatan. Sepupuku ada dokter, apoteker dan perawat. Adikku juga perawat. Jadi begitu asal muasalnya..

4. Q :  Bagaimana cara kakak mengumpulkan informasi terkait cerita ini? Saya pikir menulis genre seperti ini pasti membutuhkan banyak referensi, dan berapa lama waktu yg dibutuhkan kakak dalam menyusun satu chapter cerita?

   A :

Butuh waktu yang lumayan lama untuk menulis per chapter ini. Di waktu luang, aku akan menulis kerangka cerita di buku jurnal lalu aku kembangkan poin-poin utama itu pas ngetik di word. Referensiku beragam, namun kebanyakan itu serial drama medis. Kalau untuk waktu, tergantung ya dengan kesibukanku. Kalau aku ngga sibuk, dalam waktu 3-5 hari, satu chapter kelar. Kalau sibuk, dua minggu pun harus ku jadikan batas target waktu agar ficnya selesai. Sejujurnya, aku adalah manusia yang benci membaca fic yg putus di tengah jalan. Maka dari itu, fic-fic lama ku kebanyakan oneshot yg konfliknya singkat. Apple & Cinnamon ini adalah cerita pertamaku yg multichapter dan aku punya ambisi untuk menyelesaikannya. Jadi, untuk pembaca, mohon menanti dengan sabar kalau aku lama update ceritanya. O(≧▽≦)O

5. Q : Umur mereka disini berapa aja? Umur dan dimana mereka ketemu pertama kali?

    A :

Aku baru sadar kalau aku ngga mencantumkan umur karakter utama kita ya.. Padahal ini menjadi salah satu poin penting sehingga kita bisa paham runut kisah mereka. Kalau kita ngeh sama cerita Isabel di chapter sebelumnya, Isabel ada bilang kalau Levi pacaran sama Eren ketika Levi menjadi Presiden Siswa Sekolah dan Eren baru masuk sekolah menengah. Nah, jarak antara umur mereka itu 5 tahun. Awal mereka bertemu saat Levi berumur 18 dan Eren 13 tahun *masih bocah banget si Eren-nya 😁 , pacaran setahun dan mereka pisah itu pas Levi 19 tahun dan Eren 14 tahun. Terus Levi dan Eren ketemu lagi setelah berpisah selama 13 tahun di saat Levi telah berumur 32 tahun dan Eren berumur 27 tahun. Itu aku hitung dengan total Levi menjalani pendidikan dokter selama 3 tahun + koas (intern) 2 tahun, trus kuliah spesialis selama 2 tahun, menjalani resident selama 4 tahun, trus bekerja sebagai attending selama 2 tahun.

6. Q :  Levi sama Eren knp bisa sampe putus?

    A :

Di chapter 10 sudah terjawab kan kenapa mereka putus (lebih tepatnya lost contact). Namun, kalau kalian jeli, Eren ngga cerita soal alasan lain kenapa dia memilih menetap di Marley. Nah, itu ada kisahnya sendiri di chapter lain dimana kita akan tahu dampak putusnya mereka di sisi Eren sampai Eren pun masih merasa sakit hati di chapter ini. Alasan itu adalah alasan yg membuat seorang Eren Jaeger down sama halnya dengan Levi.

***Oke, berarti aku sudah menjawab semua pertanyaan yang telah kalian berikan kan? Kalau ada yg kelewatan, kabari saja. Anyway, terima kasih sekali untuk para readers yang telah membaca dan berpartisipasi di sesi Q&A. Ternyata, sesi ini bisa jadi extra chapter yg menjawab sisi lain Apple & Cinnamon.
Sampai jumpa di chapter selanjutnya, yg kemungkinan di update 2 minggu lagi. ~\(≧▽≦)/~

Hug and Kisses,
٩(๛ ˘ ³˘)۶♥
AOKO.

Apple and Cinnamon [RIREN]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang