Riddle F

89 6 0
                                    

Apakah kau dapat merasakan sensasi dari reaksi kulit tubuhmu terhadap udara di sekitarmu?
Setiap manusia yang sehat dan normal pasti bisa kepanasan atau kedinginan.
Apa kau menyadari penggunaan termometer?
Ya, tentang F, aku sedang membicarakan tentang SUHU udara.
Penemunya seorang ilmuwan dari negara berawalan alfabet keSEPULUH (sekali lagi, sebelum daratan hunian di bumi ini menyatu),
yang berpendapat bahwa titik TERBAWAH di urutan XXXII, dan titik TERATAS di urutan CCXII,
yang sayangnya cuma dipakai di negeri Paman SAM.
Gampang sekali bukan?

Meski terik matahari tidak sedang menyengat, Jeanette merasakan dirinya berkobar untuk menemui pembuat riddle yang ditujukan padanya tadi pagi. Sekarang dia sudah tahu jawaban yang benar. Seorang legenda peletak dasar-dasar ilmiah ilmu astronomi modern.

Jeanette merasakan dirinya tidak sedang bermimpi
-- ya, dia memang berada di alam nyata --
setelah mencubit lengannya sendiri dan tentu kesakitan sesudahnya.

Si pembuat riddle mengirimkan suatu pesan dalam bentuk glow in the dark di halaman belakang kertas Riddle C tadi, yang menunjukkan suatu lokasi, jika si penerima berhasil menebak dengan benar teka-tekinya. Itu artinya, jenis kertas yang dipakai bukanlah kertas sembarangan. Dengan kata lain, si pembuat punya akses istimewa akan peralatan tertentu.

Tanpa membuang waktu lagi, Jeanette segera bergegas menuju tempat yang ditunjuk.
Pasti si pembuat riddle bermaksud menemuinya dan memberi solusi terbaik untuk masalah perudungan yang dialaminya -- begitulah jalan pikirannya saat ini.

Ternyata, di situ dia menemukan riddle yang lain lagi. Sebuah teka-teki tentang suhu udara yang membutuhkan waktu cukup lama bagi dirinya untuk ditebak. Untunglah, baru saja kemarin dia berselancar di internet tentang Kerajaan Romawi untuk keperluan riset akademiknya.

Teka-teki ini ditemukannya tersimpan rapi di dalam sebuah kotak kecil, yang sengaja diletakkan agak tersembunyi di rerumputan dekat lubang sebuah pohon. Pesan dalam bentuk glow in the dark di halaman sebaliknya Riddle C tadi berbunyi,
"Ada yang tengah menantimu di depan sebuah pohon di Central Park Distrik Lima Area Singapura. Perhatikan dengan cermat."

Tadinya Jeanette berharap dapat bertemu secara langsung dengan sosok si pembuat riddle. Meski begitu, justru muncul rasa senang serta gelora semangat dalam dadanya. Semua teka-teki ini pasti akan mengarah pada dirinya, beginilah pemikiran serta harapan dalam kepalanya.

Berseberangan dengan lokasi ditemukannya kotak yang berisi Riddle F, berdiri sebuah fasilitas canggih untuk pembelajaran ilmiah. Fun Easy Science dapat dinikmati segala usia, bahkan dari balita hingga usia lanjut.

Merasa tertarik untuk mengetahui lebih, Jeanette masuk ke dalamnya. Kebetulan sekali FES sedang mengadakan sebuah promosi menarik di hari yang cerah ini.

♤♤♤♤♤♤♤♤♤

Bukankah science itu sungguh menyenangkan, Jeanette-ku yang manis?
Kau dapat menebak dengan benar nama bapak atronomi modern, sehingga pengorbananku memakai kertas elektronik khusus glow in dark pada sisi belakang serta pengaturan canggihnya tidaklah percuma.

Memang, tidak jarang aku melewatkan banyak waktuku di Fun Easy Science cabang Area Singapura supaya dapat mengikuti zaman.
Siapa tahu kau dapat berhasil menemukan diriku di sana,
atau instruksi dariku sebagai solusi bagi dirimu untuk melakukan sesuatu yang belum pernah kau lakukan seumur hidupmu.
Hingga suatu saat nanti, kau akan berterima kasih atas kehadiran teka-teki dariku,
dari sang narator The Riddles Conspiracy,
King of Riddle

Keterangan:
glow in the dark; kemampuan untuk dapat menyala dalam kegelapan keadaan sekitar. Biasanya terdapat pada benda-benda tertentu atau tulisan pada kaos.

The Riddles Conspiracy (2018) ✔ Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang