Hari ke-223

384 51 0
                                    

Hari ke-223

Shuhaib bin Sinan Ar-Rumi

Belajar Islam Di Darul Arqam

Dengan perjuangan yang melelahkan, akhirnya Shuhaib tiba di Tanah Suci, Makkah. Dia bertemu dengan Ibnu Jid'an. Shuhaib sangat beruntung, Ibnu Jid'an memberi kesempatan kepadanya untuk belajar berdagang. Dia juga menjalin persahabatan dengan Ammar bin Yasir.

Shuhaib adalah tipe pekerja keras. Dalam waktu singkat dia sudah berhasil mengumpulkan harta. Dia menjadi pedagang kaya raya. Tapi Shuhaib tidak melupakan tujuannya datang ke Makkah. Dia mencari-cari berita tentang nabi yang pernah diceritakan oleh dukun di Romawi.

Shuhaib mendapatkan kabar bahwa Nabi Muhammad ﷺ dan para sering berkumpul di Darul Arqam. Dia segera bertolak ke sana. Sesampai di tempat yang menjadi pusat dakwah Islam tersebut, dia bertemu dengan sahabatnya sendiri, Amar bin Yasir.

"Mau apa kamu ke sini, wahai Shuhaib," tanya Amar.

Shuhaib malah balik bertanya, "Kamu juga, apa yang kamu lakukan di sini."

"Aku ingin bertemu Muhammad dan mendengarkan perkataannya," ujar Amar.

"Aku juga begitu," timpal Shuhaib.

Keduanya pun masuk menemui Rasulullah. Mereka berdua masuk Islam. Mereka berada di Darul Arqam hingga larut malam. Mereka pulang diam-diam. Hari-hari berikutnya pun mereka datang lagi. Siang hari mereka bekerja dan malam hari mereka menyimak risalah Islam.

Di Makkah, Shuhaib memang kaya. Namun bagaimana pun dia tidak memiliki keluarga atau leluhur yang bisa melindunginya dari orang-orang yang berbuat jahat terhadapnya. Terlebih lagi setelah menjadi Muslim, tentu jika diketahui musyrikin Quraisy dia akan menjadi sasaran kebencian mereka.

Rahasia Shuhaib akhirya bisa diendus oleh orang Quraisy. Shuhaib dianiaya, disiksa dengan berbagai jenis siksaan seperti halnya yang dialami oleh Amar bin Yasir dan kedua orang tuanya, Bilal bin Rabah, dan orang-orang lemah lainnya yang tidak memiliki pelindung.

Rasulullah ﷺ meminta Shuhaib dan orang-orang yang senasib dengannya agar bersabar. Saat itu beliau memang belum menerima perintah dari Allah untuk berhijrah. 

365 Hari Bersama Sahabat Nabi #2Where stories live. Discover now