Hari Ke-208

765 84 0
                                    

Salamah dan Umar bin Abi Salamah

Kakak Beradik yang Dididik Rasulullah

Setelah ayahnya, Abu Salamah meninggal, ibunya dinikahi Rasulullah. Sebelum dinikahi, Ummu Salamah pernah berterus terang mengenai tiga masalahnya, salah satunya adalah masalah anak. Rasulullah menyatakan bahwa dia akan menyayangi dan bertanggung jawab mendidik dan menafkahi anak-anaknya. Maka Salamah pun menjadi anak tiri Rasulullah. Dia bersama adiknya, Umar bin Abu Salamah mendapatkan didikan Rasulullah.

Umar bin Abi Salamah pernah menuturkan Rasulullah yang membimbingnya adab makan. Bukhari, Muslim, Ahmad, dan Ibnu Majah meriwayatkan dari Umar bin Abi Salamah. Dalam hadis tersebut diceritakan, pada saat makan, Umar kecil mengambil makanan dari segala sisi, maka Rasulullah menegurnya dengan berkata, "Wahai anakku, bacalah basmalah. Makanlah dengan tangan kananmu. Dan makanlah apa yang dekat darimu." Seperti itulah makan yang sesuai dengan adab-adab islami. Baca basmalah dulu. Memasukan makanan ke mulut menggunakan tangan kanan. Kemudian mengambil makanan yang paling dekat dengan tempat duduk kita.

*

Saat Salamah beranjak dewasa, Rasululah selaku ayahnya menikahkan Salamah dengan Umamah, putri Hamzah bin Abdul Muthalib. Rasulullah melempar pertanyaan kepada para sahabat, "Apakah kalian melihat kemiripan antara keduanya?"

Salamah hidup hingga masa khalifah Abdul Malik bin Marwan. Sementara Umar telah meninggal dunia lebih dahulu.

365 Hari Bersama Sahabat Nabi #2Where stories live. Discover now