Dedek jangan Galau

67 1 0
                                    


PTS

Ehkmmm ehkmmm.

Assalamualikum.

Sore ini -ditemani dengan ponakan gue yang sibuk gelar karpet dan payung, lalu bergaya macem dipantai hahaha- Gue mau membahas sesuatu. Jadi kan, beberapa waktu lalu, lebih tepatnya tahun lalu, gue mulai menulis, dengan tulisan – tulisan awal yang membahas dari gue mulai UN sampai gue jadi Maba. Lalu disitu nyempil tulisan yang berjudul kampus gue, yang di dalamnya gue menuliskan semuanya, dari awal gue daftar, sampai akhirnya gue keterima. Dan di tahun ini, entah bagaimana dedek gemes itu pada baca blog gue hahaha dan mulai bertanya segala macam soal ujian di kampus gue, yang akhirnya gue hapus itu tulisan hahah, karena gue merasa terlalu kontroversial wkwkwk.

Nah, berawal dari situ, gue mulai berpikir, ah kampus gue banyak yang nyari juga ya, kalo kata ajis terkenal lah hahaha, tapi dari pandangan gue, mungkin terkenal buat yang putus asa –becanda ih ini mah- ditolak Negeri. Ya macem gue gitu hahaha.

Dedek – dedek, kalian pasti sakit hati ya harus masuk PTS? Iya awalnya pasti sakit hati –kayak gue- tapi nantinya akan ikhlas dengan sendirinya kok, dari kalian mungkin ada yang mikir "apa sih yang bikin gue ditolak negeri? Gue solat udah, doa udah, belajar udah." Gue juga awalnya gitu, sampe satu semester kuliah gue masih suka ngedumel kenapa Negeri itu nolak gue? Kenapa? Kenapa? Kenapa?. Kalo gue mikirnya gini, mungkin, gue udah solat, tapi solatnya gue belum untuk Allah sepenuhnya, Solatnya gue belum se-khusyuk yang seharusnya, solatnya gue belum se ikhlas yang seharusnya. Gue udah doa, tapi mungkin doanya gue masih Cuma meminta Negeri, yang gua pikir adalah yang terbaik buat gue, gak disertai doa minta ditempatkan dikampus yang memang rezekinya gue. Gue udah usaha, tapi mungkin usaha yang gue nilai udah full banget itu belum sekeras usaha mereka yang bener – bener usaha atau belajar. Dan intinya adalah, Negeri yang gue impikan itu buka Rezeki gue. Pas pembagian IP semester 1, saat itulah gue merasa bahwa PTS adalah yang terbaik buat gue, gue pikir mungkin kalo gue di Negeri, belum tentu gue dapet IP segini, kalo di Negeri itu belum tentu juga gue dapet temen yang bikin gue nyaman kayak sekarang, kalau di Negeri itu belum tentu gue bisa bersaing dengan mereka – mereka. Karena yang terbaik kata gue belum tentu yang terbaik menurut Allah buat gue. Jadi ya sejak itu, hasrat gue untuk ikut SBMPTN tahun ini lenyap tak bersisa. Gue mulai menikmati kehidupan gue di kampus gue sekarang, mulai menikmati jadi anak HIMA, mulai mencintai jurusan gue ini hahaha. Ya intinya jangan nyesel masuk PTS ya dedek – dedek, Tuhan itu jauh lebih tau yang terbaik buat kalian dibanding kalian sendiri.

Udah ya galau galau nya hahaha. Sekarang gue mau cerita. Cerita banyak pokoknya, yang mungkin bisa jadi pengetahuan buat kalian yang mulai kuliah hahaha.

1. Kalo kalian masuk PTS jangan Gengsi. Biasa aja. Kalian itu tergantung kalian sendiri, bukan tergantung dimana kalian sekolah. Kalo kata aa nya gue "Adek, dengerin, emas kalo ditaro di tempat sampah tetep bakal jadi emas, orang tetep bakal nyari, tapi kalo sampah, ditaro di etalase bareng emas tetep sampah, meskipun nilai nya ditambah dengan apapun, tetep orang pasti lebih milih emas kan." Nangkep maksudnya gak?. Ini bukan maksud gue Pro ke yang di swasta dan kontra ke anak yang di Negeri ya. Cuma kan ini POV gue sebagai anak PTS yang mencoba menyemangati dedek dedek yang senasib. Kalo lu yang baca anak PTN, ya Alhamdulillah, jangan di sia-siain, karena banyak banget yang pengen di posisi lu saat iniJ

2. Kalo kalian masih gengsi juga, kalo ditanya temen masih jawab "disana." "diswasta." Gue saranin jangan jawab begitu, itu keliatan banget kalo kalian masih belum 'terima nasib'. Pede aja sih, "lu nerusin kemana?" jawab aja "ke A." atau kalo gak gitu, jawab aja "Senin di ITB, selasa di IPB, Rabu di UI, kamis di UGM, jumat di ITS, sabtu minggu mamam nopel sama pelem." Kalo ada yang nanya jurusan apa. Jawab aja "Senin tekim, Selasa Manajemen, Rabun Akuntansi, Kamis IKK, jumat pendidikan agama, sabtu minggu me time." Ini ini paling gak jelas. Yaudah skip aja haha.

3. Yang ketiga ini adalah, buat lu yang baru kuliah, jangan ke makan isu haha. Isu – isu awal lu masuk kuliah itu yang pertama lu denger pasti "Masuk sini mah gampang, keluarnya susah." Gaessss, hellawwww, lu pikir makan rendang abis itu sembelit masuk gampang keluar susah. Ini kuliah ya, it depend sama usaha lu, mau cepet lulus ya belajar yang rajin. Jadi kalau kakak tingkat lu, temen lu atau siapapun ngebacot A I U E O, dengerin aja, tapi jangan langsung dimakan mentah – mentah, diolah dulu, kalo makanan itu lu rasain dulu, kalo enak lu masukin kalo ngga lu muntahin kan –its seriously will be the bad analogi hahaha- tapi ya gitu kan, kalo masuk diakal ya lu inget, biar jadi pelajaran, kalo gak masuk akal, biarin masuk kuping kanan keluar kuping kiri aja. Karena kalo semuanya gak lu pikir dulu dan langsung lu percaya jatohnya nanti jadi sugesti "Ah lulus dari sini susah." Yaudah lu bakal beneran susah lulus dari situ.

4. Isu dosen. Ini biasa lu denger, kalo lu udah mulai dekat dengan kakak tingkat, ah kepanjangan, senior aja okey. Nah kalo lu udah deket sama senior biasanya mulai mengalirlah obrolan soal dosen diantara kalian. Sekali lagi, jangan langsung telen ya. Semisal senior lu atau teman lu –yang biasanya tahu karena saudara atau temennya ada di kampus yang sama- ngomong "Si dosen ini mah susah nilainya." "si dosen ini mah suka gak sesuai." "Si dosen ini mah baiknya Cuma sama yang ganteng." "Ati – ati dah lu kalo ama ini dosen.". Adek – adek ku, kalo ada yang bilang gitu jangan dipercaya –meskipun biasanya itu 80% bener wkwk- ya pokoknya jangan langsug dipercaya, Dosen gak jahat kok, balik lagi itu tergantung keseriusan lu kuliah. Ya kali, tugas gak dikumpul, sekalinya dikumpul telat, hobi tipsen, presentasi Cuma numpang nama, masih mau nilai bagus. Jadi yangrajin ya, kalo baru semester satu, gak usah tipsan tipsen wkwkwk

5. Jadi Mahasiswa yang pintar. Pintar disini, maksud gue bukan pintar yang Cuma bisa mikir ya, tapi pintar dalam segala hal. Kalo Cuma pinter mengahapal mah, di SMA aja banyak, kalo Cuma pinter ngitung mah, temen lu yang disuka dicontekin di SMA banyak kan? Maksud pintar disini ada pintar segalanya, pintar menempatkan diri mungkin ya bahasa paling bagusnya. Dek, kalian udah kuliah, plis lah mental nya juga mental anak kuliah, jangan dikampus mental anak cemen sekolahan. Udah bukan saatnya lagi ya dek yang lu ke kampus Cuma buat setor muka doang kaya sekolah, disekolah mungkin guru lu bakal ngejar – ngejar kalo lu gak hadir, tapi Dosen bukan orang yang akan meributkan ketidakhadiran lu, lu gak dateng ya lu yang rugi. Jadi sebelum menyesal jangan banyak kabur – kaburan. Jangan juga lu gak masuk karena alasa klasik "gak suka gue ama dosennya." Plis lah dek, lu pikir semua dosen seneng lu? Kata dosen gue "sekali kamu menghindari masalah, selanjutnya akan sama." Sekali lu absen karena males sama dosennya, akan keterusan, setiap lu nemu dosen yang gak sreg, lu dipastikan absen. Jadi dek, ayolah, kalo cara dosennya ngajar gak enak, ya baca lah bukunya, udah bukan jamannya lagi disuapi. Udah harus mikir sendiri. Jadi mandirilah haha. yang selanjutnya adalah, dek jangan lu jadi orang yang Cuma numpang nama, numpang nama dalam setiap tugas, ya presentasi, ya makalah, ya segalanya. Pokoknya jangan jadi benalu buat orang lain, kalo gak ngerti ya nanya, ya baca, setidaknya lu usaha, gak Cuma diem kongkang – kongkang kaki pas presentasi gak tau apa – apa. Kalo lu Cuma numpang nama, kasian lah temen lu yang ditanya abis – abisan sama audience pas presentasi, dan lu gak bisa bantu jawab apapun –Curhat cip?- iya pokoknya jangan jadi benalu. Soalnya nanti lu nyusun dan ngerjain skripsi sendiri, terbiasalah untuk mandiri, jangan Cuma kuliah buat tebar pesona sama si dia haha.

6. HIMA dan UKM –padahal gue gak masuk satupun UKM-. Adek adek sekalian. Kalo udah kuliah, coba masuk UKM dan coba aktif di HIMA. Banyak yang lu dapet di UKM atau HIMA yang gak lu dapetin di kuliah biasanya. Nambah temen, nambah kenalan, bikin makin tambah wawasan. Iya pokoknya selama lu mampu bagi waktu dengan UKM dan HIMA jalanin aja. Tapi jangan sampe kuliahnya gak jalan gara – gara organisasi. Yang balance aja.

Udah ah, gue bingung mau ngoceh apalagi. Pokoknya mau lu kuliah di PTN ataupun PTS, di syukuri aja, banyak lo yang pengen kuliah tapi gak bisa. Jadi mari ucap hamdalah. Yaudah.  ini juga bukan maksud gue mengajari, si anak yangs etahun diatas kalian ini cuma mau berbagi dengan kalian, jangan kesindir, jangan baper, jangan serius - serius. Semangat kuliah dedek – dedek gemesh. Kakak – kakak kece nunggu kalian loh hahaha.

Bye bye.

Coretan Where stories live. Discover now