Synesthesia

Galing kay cupacups_

78.3K 12.5K 3.1K

family : where life begins and love never ends Higit pa

Synesthesia
Dhatu
Jendra
01
02
03
04
05
06
07
08
09
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22

Srestha

6.8K 697 496
Galing kay cupacups_

Kenalin, nama gue Srestha Daniel Anargya.

Papa, Mama, dan adek-adek gue manggil gue kakak Ta, kalau yangti sama yangkung manggil gue Mas Srestha karena Papa asalnya dari Solo dan keluarga Papa yang lain juga memanggil gue dengan panggilan Mas Srestha.

Gue suka banget nama Srestha.

Papa bilang Srestha itu artinya anak pertama, terbaik dan yang bermanfaat. Harapan Papa dan Mama supaya gue menjadi anak bermanfaat bagi orang lain.

Tapi, panggilan gue ketika di sekolah berbeda dengan saat gue di rumah.

Di sekolah gue dipanggil Daniel.

Gue mulai dipanggil Daniel dari mulai gue SD karena kata temen-temen gue nama Srestha itu susah diucapkan.

Gue nggak masalah mau dipanggil Srestha atau Daniel, dipanggil sayang juga nggak nolak kok.

Tapi sorry, sayang gue cuma buat Mama.

Gue adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Lahir dari pasangan yang berbahagia, yang saling menyayangi sehingga menghasilkan buah hati kayak gue ini.

Gue mau menceritakan sedikit tentang keluarga gue.

*

Ini Papa gue, namanya Papa Kai.

Ganteng ya Papa gue?

Alhamdulillah katanya nurun ke anaknya.

Papa sama Mama sering cerita kalau waktu kecil dulu wajah gue mirip banget sama Papa. Dan waktu gue liat foto gue masih kecil, ternyata emang bener mirip.

Papa Kai itu orangnya tegas, saking tegasnya beliau udah menentang kisah cinta gue sejak kecil.

Papa selalu berusaha memisahkan gue dengan cinta sejati gue. Sedih men, hubungan gue udah nggak dapet restu dari kecil.

Padahal gue cinta mati sama dia.

Kasur.

Iya, kasur itu cinta sejati gue. Tapi tiap subuh Papa pasti misahin gue sama kasur. Beliau nggak segan-segan membasahi kasur gue dengan segelas air kalau gue nggak mau dibangunin salat subuh.

Karena gue ini kebo banget.

Selain itu Papa juga tegas masalah aturan. Kayak misalnya dari kecil gue nggak dibiasain main hape. Dari kecil Papa membiasakan gue buat baca buku, atau main sesuatu yang mengandalkan fisik. Jadi walaupun temen-temen gue udah banyak yang bawa hape kemana-mana tapi gue enggak.

Papa beliin gue hape kok, cuma ditinggal di rumah dan ada waktu sendiri kapan gue main hape kalau lagi hari sekolah. Kalo weekend bebas.

Jadi waktu buat main hape gue terbatas. Kalo gue melanggar Papa nggak segan-segan buat menyita hape gue.

Pernah gue main game di hape sampe ngelewatin jam belajar, hape gue disita seminggu sama Papa. Gue kira ada diskon dikit nggak full seminggu karena kasian sama gue gitu, ternyata enggak.

Masalah motor juga, Papa melarang gue untuk membawa motor sebelum usia 17 tahun dan punya SIM.

Beliau bilang gue masih di bawah umur, segala sesuatunya masih jadi tanggung jawab beliau. Gue masih belum dewasa secara hukum. Kalau terjadi sesuatu sama gue saat gue naik motor itu mutlak salah beliau karena beliau yang bertanggung jawab sama gue.

Banyak aturan banget ya Papa gue?

Tapi gue nggak merasa tertekan kok, karena udah kebiasaan dari kecil. Tapi kadang gue suka bandel gitu ngelanggar-ngelanggar dikit. Nggak kadang sih, sering malah.

Gara-gara sering melanggar itu juga gue sering dimarahi Papa.

Tapi gue tau dibalik sikap tegasnya, maksud papa adalah bikin gue jadi anak yang tangguh, anak yang disiplin, dan menghormati aturan.

Walaupun mungkin gue sering bandel dan sering bikin kesel Papa tapi Papa selalu sabar menghadapi gue.

Banyak hal yang gue lakukan yang membuat Papa marah. Salah satunya adalah gue pernah nyuri mangga milik Pak RT.

Waktu itu gue masih kelas 4 SD. Seperti biasa tiap sore gue main sama temen-temen gue, waktu itu lagi musim mangga dan di rumah Pak RT itu mangganya enak banget. Karena beliau pernah bagi-bagi makanya kita tau.

Sore itu kita lagi main sepedaan dan ngeliat pohon mangga di rumah Pak RT udah berbuah. Ya udah kita ambilin deh itu mangga-mangga dari pohonnya, tapi ketahuan sama Pak RT.

Orang tua kita dipanggil dan Papa meminta maaf atas kesalahan gue.

Sampai di rumah gue dimarahi sama Papa. Itu pertama kalinya gue liat Papa bener-bener marah sama gue. Karena tau gue ngambil mangga punya Pak RT. Gue nangis karena nggak pernah liat Papa semarah itu.

Tapi kemudian Papa minta maaf sama gue karena udah memarahi gue, beliau kecewa karena gue mencuri. Gue jadi ngerasa bersalah karena Papa jadi sedih gara-gara gue.

Walaupun Papa udah marah-marah tapi Papa kemudian memeluk gue, memberi nasehat ke gue biar gue nggak mengulangi perbuatan gue lagi.

Gue sering banget bikin Papa kesel dan marah. Tapi Papa selalu sabar menghadapi kenakalan gue.

Karena itu, Ta sayang banget sama Papa.

***

Mama Zibel.

Cantik banget ya, Mama gue ini?

Jadi kalau ada yang bilang gue ganteng sudah jelas terjawab karena Papa gue ganteng dan Mama gue cantik.

Mama adalah wanita yang paling gue sayang di dunia ini.

Kalau kasur itu cinta sejati gue, kalau Mama ini segalanya buat gue.

Gue rela membuang semuanya demi Mama. Semuanya di sini dalam artian, kasur, hape, sepeda, PS. Karena cuma itu yang gue punya.

Mama gue namanya Krystal, tapi waktu gue masih lucu-lucunya dulu gue nggak bisa menyebut nama Krystal dengan benar, jadilah gue menyebutnya Zibel.

Dan sampai sekarang Papa masih suka ngeledekin Mama dengan panggilan Zibel. Mungkin nama itu adalah panggilan sayang buat Mama yang gue ciptakan.

Mama ini Mama paling juara di dunia, buat gue tentunya.

Mama gue cantik, baik, masakannya enak, pokoknya itu Mama terbaik buat gue. Mama juga selalu belain gue kalau gue dimarahin Papa. Mama sabar banget menghadapi kelakuan gue.

Tapi kalau sama Mama harus siap-siap diomelin, terlebih kalau gue nyari barang dan nggak ketemu. Mama selalu bisa menemukan barang yang gue cari tapi nggak ada.

Kadang gue curiga sebenernya barang-barang gue diumpetin sama Mama, karena beliau selalu bisa menemukan barang yang gue cari tanpa harus mencarinya.

Misalnya dari kamar gue teriak karena baju gue ilang, Mama cukup berkata dari tempatnya tanpa beranjak mencari ke kamar gue. Dan emang di situ, padahal pas gue cari nggak ada sebelumnya.

Juara banget pokoknya Mama gue ini.

Mama itu punya usaha fashion. Selera fashion Mama bagus banget. Dari kecil gue udah dipakein baju-baju dengan style yang bagus.

Mama juga selalu masakin makanan yang enak-enak. Dari kecil gue dibiasain bawa bekal sama Mama, katanya biar gue jarang jajan di luar karena udah dibawain makanan yang enak sama Mama.

Tapi tetep aja karena hobi gue makan ya gue selalu jajan tiap istirahat walaupun udah bawa bekal juga.

Gue deket banget sama Mama dari kecil, bahkan dulu gue sering banget rebutan Mama sama Papa. Sampe sekarang juga, Mama selalu jadi rebutan antara Papa, gue dan kedua adik gue.

Pokoknya kalau ada nominasi Mama terbaik di dunia, Mama gue pasti pemenangnya.

***

Dhatu

Adek perempuan gue.

Kalau dulu wajah gue mirip Papa, Dhatu ini wajahnya mirip Mama.

Dhatu itu apa ya, ya dia biasa aja sih kayak wanita pada umumnya.

Hehe, nggak ding.

Dhatu ini adek perempuan gue satu-satunya. Perempuan kedua dalam keluarga gue setelah Mama.

Karena wajahnya mirip Mama, Dhatu itu cantik kayak Mama.

Jadi gue suka kepo sama cowok-cowok yang deketin Dhatu. Gue suka nanya-nanyain Dhatu di sekolah ada cowok yang gangguin dia atau enggak. Kalau ada biar berhadapan dulu sama kakaknya.

Jangan sembarangan sama adek gue.

Dhatu itu lebih kalem, ya mirip-mirip lah sama Papa. Tapi ya dia kadang sengklek dan centil juga kalo udah sama orang terdekatnya. Cuma dibanding sama gue yang orangnya agak-agak emosional, Dhatu itu lebih tenang.

Dulu katanya gue sempet marah waktu awal-awal Dhatu lahir karena merasa perhatian semua orang beralih ke Dhatu. Gue lumayan inget kalau gue sempet nggak suka dengan kehadiran Dhatu karena gue merasa diabaikan.

Tapi seiring waktu gue seneng punya adik. Gue sayang banget sama Dhatu. Dari kecil gue udah memainkan peran gue sebagai kakak yang baik dan sedikit sok tau ke Dhatu.

Kata Mama dulu gue suka bacain Dhatu cerita walaupun gue belum bisa baca. Gue sering ngelarang Dhatu makan makanan manis, kalo ini kayaknya lebih karena makanannya mau gue makan sendiri sih.

Intinya gue berusaha buat jadi kakak buat Dhatu. Dia juga jadi mengandalkan gue dalam segala hal.

Waktu gue baru mau masuk SD, waktu itu gue baru lancar naik sepeda roda dua pertama kalinya, layaknya expert gue menyuruh Dhatu buat naik ke boncengan gue. Dia yang waktu itu baru mulai lancar ngomong duduk di boncengan sambil pegangan baju gue.

Seneng katanya mau naik sepeda sama Kakak Ta.

Baru gue mengayuh sepeda beberapa meter, kita berdua jatuh karena gue belum bisa menahan beban dua orang.

Bukannya nangis Dhatu malah ketawa pas kita berdua jatuh.

Dia bilang. "Hehe Thatu shama kaka Ta jatuh."

Akhirnya kita berdua nggak nangis malah jadi ketawa bareng. Papa yang nemenin kita sepedaan juga ikut ketawa melihat kita berdua nggak nangis walaupun jatuh.

Satu hal lagi yang gue suka banget sama Dhatu, temennya cantik-cantik. Hehehe.

Ya begitulah Dhatu, perempuan kesayangan gue setelah Mama.

***

Jendra.

Adek terakhir gue.

Bocah kecil yang sok dewasa.

Selisih umur kita enam tahun lebih. Lumayan jauh karena gue udah kelas satu SD dan dia baru lahir.

Sama seperti terhadap Dhatu, gue juga memainkan peran yang baik sebagai kakak. Terlebih karena Jendra laki-laki, jadi secara permainan kita berdua hampir sama.

Dari kecil dia suka ngikutin gue ke mana-mana. Mainan mobil-mobilan, sepedaan, atau mainan apapun dia sering mengikuti gue.

Bagi dia mungkin gue ini panutannya kali ya.

Karena kalau gue mau main dia selalu minta ikut, padahal kan dia masih kecil dan gue ngerasa udah gede. Jadi kadang kalau gue main sama temen-temen gue, Jendra gue ajak juga.

Walaupun jarak umur gue sama Jendra itu enam tahun tapi secara mental kayaknya kita berdua seumuran. Hal itu terlihat ketika kita berdua semakin dewasa.

Dia walaupun masih kecil tapi udah tau dia mau jadi apa, gue juga ada kepikiran kayak gitu tapi nggak kayak Jendra. Beda lah pokoknya.

Entah dia yang terlalu dewasa atau gue yang terlalu bocah.

Tapi memang sifat gue dan Jendra ini kayaknya berbanding terbalik.

Dia bener-bener bisa dewasa di usianya sedangkan gue bener-bener kaya bocah di usia gue.

Jendra, adik kecil kesayangan keluarga kami.

***

Kata mereka tentang Srestha Daniel Anargya

Papa Kai :

Srestha itu jagoan pertama Papa. Anak yang Papa dan Mama nantikan kehadirannya setelah setahun pernikahan kami.

Anak yang kami harapkan bisa menjadi orang yang baik dan bermanfaat untuk sekitarnya. Anak yang selalu kami banggakan. Anak yang menjadi penyemangat kami di kala lelah.

Srestha itu dari kecil sudah cukup aktif anaknya, dan semakin besar semakin sering membuat kening Papa berkerut karena tingkahnya.

Tapi Papa dan Mama menikmati setiap waktu dan setiap hal yang dilakukan Srestha, karena dia juga membuat saya belajar banyak hal. Bagaimana dalam menghadapi semua tingkah anak-anak setiap tahapan perkembangannya.

Srestha itu susah dibangunin buat salat subuh. Sampe kadang saya harus sedikit keras sama dia. Saya mungkin sedikit tegas sama anak-anak saya, terlebih Srestha.

Mungkin karena dia anak pertama dan selama tiga tahun lebih perhatian saya dan Krystal hanya terpusat padanya. Dia sedikit berbeda dengan adik-adiknya. Dia lebih manja dibanding kedua adiknya.

Mungkin ini juga salah saya sama Krystal, karena Srestha anak pertama kami jadi kami yang belum punya pengalaman ini selalu ingin memberikan yang terbaik untuk Srestha.

Saya dan Krystal tidak selalu menuruti keinginan Srestha, tapi karena pada waktu itu dia anak satu-satunya jadi dia tau bagaimana mengambil hati Papa dan Mamanya.

Srestha itu kecilnya mirip banget sama saya, tapi lebih deket sama Mamanya. Nggak pernah lepas dari mamanya. Rasanya setiap hari Krystal itu dikuasai sama Srestha sampai saya kadang cemburu karena Krystal selalu sama Srestha dibanding saya.

Jadi waktu Srestha kecil dulu, saya dan dia sering memperebutkan Krystal dengan cara mencari perhatian Krystal.

Srestha itu kakak yang baik untuk adiknya. Kedua adiknya mengagumi Srestha. Dan Srestha pun juga sayang sekali sama kedua adiknya.

Srestha itu segalanya untuk Papa.

*

Mama Krystal :

Srestha itu anak pertama Mama.

Anak yang Papa dan Mama nantikan kelahirannya. Anak yang membuat Papanya menangis saat melihat bagaimana dia lahir ke dunia.

Anak yang mau sebesar apapun tetap Mama anggap sebagai anak kecil.

Srestha itu emosinya mirip Mama.

Dari kecil pun dia emang paling aktif dibanding adik-adiknya. Dia suka iseng dan jahil sama Papa, Mama dan adik-adiknya.

Anak yang menyenangkan, dan perhatian terhadap orang-orang di sekitarnya. Walaupun dia suka marah-marah dan emosian kayak Mamanya tapi dia sayang sekali sama keluarga.

Srestha itu tempat belajar pertama kali buat Mama dan Papa sebagai orang tua. Gue, Kai sama Srestha sama-sama belajar gimana menjadi keluarga.

Srestha itu sering membuat kening Papanya berkerut. Karena semakin besar semakin luas pergaulan Srestha dan dia pun semakin berkembang.

Banyak hal yang dilakukan Srestha yang membuat Papa kesal ataupun marah.

Tapi kami berusaha memahami, Srestha sedang ada dalam masa remaha. Masa-masa pencarian jati diri. Jadi kita berusaha sebaik mungkin agar Srestha tetap berada pada jalurnya.

Dan sejauh ini apa yang dilakukan Srestha masih ada di tahap yang wajar. Lumrah dilakukan oleh anak seusianya.

Srestha itu populer.

Dari kecil saat dia mulai preschool, banyak temen-temennya yang perempuan itu suka deket-deket sama Srestha. Dan itu berlanjut sampai Srestha TK, SD, SMP sampai sekarang SMA.

Srestha itu kesayangan semua orang.

*

Eyun :

Srestha itu keponakan pertama gue.

Gue sama Srestha deket banget, karena gue anak terakhir jadi ketika Srestha lahir gue seneng karena punya temen main baru.

Semasa kecil dulu gue adalah musuh dia kalau kita main spiderman. Gue adalah musuh Srestha satu-satunya karena sama Papanya aja dia nggak mau main spiderman, cuma mau sama gue.

Mantap memang keponakanku.

Srestha itu baik banget, perhatian sama gue. Dia itu anaknya iseng, jahil, kadang sok tau, tapi nyenengin. Dia perhatian banget sama gue.

Karena gue sering tinggal di rumah kakak, jadi waktu gue mulai kerja Srestha suka banget nanyain gue kalau makan gimana, kenapa gue pulangnya malem terus, kadang kalau gue tidur di rumah ditanyain juga kenapa nggak bobo sama Ta aja.

Pokoknya Srestha itu ponakan kesayangan gue.

*

Dhatu :

Kakak Ta itu usil banget.

Dia suka banget kepoin hapeku, nanya-nanya di sekolah ada cowok yang gangguin aku atau enggak. Nanya ada cowok yang aku suka apa enggak.

Padahal ujung-ujungnya dia pasti bilang, "dek, kenalin kakak ke temen kamu yang itu dong."

Tapi kakak Ta emang banyak yang suka. Temen-temenku kalau main ke rumah pasti nanya dan minta kenalan sama kakak Ta.

Tapi kakak Ta genit, suka tebar pesona kalau ada temenku main. Dia yang biasanya mager di kamar, kalau ada temenku main sok-sokan sibuk mondar mandir keliling rumah.

Tapi kakak Ta itu baik banget. Dia pernah ngasih uang jajannya buat aku karena uang jajanku ketinggalan.

Padahal aku tau, kakak Ta itu makannya banyak. Biasanya uangnya habis buat makan, tapi dia kasih ke aku semuanya.

Akhirnya aku beli makan dan aku makan berdua sama kakak.

Jadi adik Kakak Ta juga seneng, karena Kakak Ta itu temennya banyak banget.

Kakak Ta itu terkenal. Di sekolah dulu, kayaknya semua guru kenal sama Kakak Ta. Sampai sekarang juga, apalagi sama cewek-cewek, kakak Ta itu terkenal banget.

Kadang suka ada kakak kelas yang nyamperin aku dan nanyain soal Kakak Ta, terus mereka suka kasih barang-barang ke aku karena tau aku adiknya Kakak Ta.

Tapi aku nggak mau, soalnya Kakak Ta nggak suka kalau aku terima barang-barang yang dikasih cewek-cewek itu. Aku sendiri juga nggak mau sih nerimanya.

Kakak Ta itu apa ya, pokoknya walaupun dia jahil tapi aku sayang banget sama Kakak Ta.

*

Jendra :

Kakak Ta itu usil, suka gangguin aku. Suka ngusilin aku.

Dia itu selalu mau tau urusanku.
Padahal dia kan sudah besar, tapi terus menggangguku.

Kakak Ta itu keren, yang suka sama dia banyak.

Aku pernah lihat kakak Ta pulang sekolah bawa cokelat banyak banget, pas aku tanya katanya dari fans-nya.

Emang kakak Ta itu artis?

Tapi cokelatnya dibagi sama aku sama kak Dhatu jadi aku senang walaupun kita harus rebutan dulu.

Dulu waktu kecil aku suka ikut kakak Ta ke mana-mana karena dia itu keren banget. Temen Kakak Ta banyak sekali dan aku juga ingin bermain sama Kakak Ta dan teman-temannya.

Aku sama kakak Ta itu dekat sekali. Suka main sepeda bersama, suka main mobil-mobilan juga. Tapi waktu kakak Ta sudah besar dan punya banyak teman dia jadi lebih sering bermain sama temannya.

Kakak Ta jadi makin sibuk karena jqrang bermain sama aku. Padahal aku kangen mau main bersama Kakak Ta.

Kata Mama Kakak Ta udah besar makanya banyak kegiatan. Jadi kadang nggak bisa main sama aku. Tapi kalau hari Sabtu sama Minggu kita semua suka main-main bareng jadi aku senang.

Kakak Ta itu tau banyak hal. Aku suka nanya-nanya sama Kakak Ta. Dan Kakak Ta juga suka jelasin ke aku.

Pokoknya seneng punya kakak kayak kakak Ta.

*

Gian Aditya Pratama

Srestha itu bro gue banget.

Kebetulan kita berdua satu kompleks, jadi gue udah kenal sama Srestha dari kita berdua masih kecil.

Dari preschool, SD, TK, SMP sampe SMA kita selalu ada di sekolah yang sama. Bedanya gue lebih tua setahun dibandingkan dia.

Tapi walaupun gue lebih tua setahun tapi badan dia lebih gede dibanding badan gue.

Bisa dibilang Srestha itu sahabat gue banget. Kita banyak melalui hal baik maupun hal buruk bareng-bareng.

Dulu waktu kecil kita pernah nyolong mangga puny pak RT dan dimarahi abis-abisan sama bokapnya Srestha.

Ini bakal dibaca papanya Srestha nggak sih?

Soalnya gue takut sama beliau, galak.

Nggak ding, tapi Papanya Srestha baik banget. Gue di keluarga Srestha ini udah dianggep kayak keluarga sendiri.

Srestha ini temen gue di segala macam suasana. Kita saling tau rahasia masing-masing, kapan pertama naksir cewek, kapan pertama mimpi basah, kapan pertama nonton bok--- nggak jadi deh.

Takut sama Papanya Srestha.

Gue sama Srestha itu dumb and dumber.

*

Giawan Gibran Gemilang

Gue temennya Daniel yang paling ganteng. Biasa dipanggil Wawan atau 3G, singkatan dari nama gue.

Tapi pas SMA gue udah bukan 3G lagi, udah 4G. Giawan Gibran Gemilang Ganteng.

Gue kenal Daniel dari SMP tapi nggak pernah sekelas, cuma tau kalo dia namanya Daniel karena dia itu populer di kalangan cewek-cewek.

Dan pas SMA gue ternyata sekelas sama dia dan kita berdua jadi temen sebangku.

Temenan sama Daniel itu seru. Anaknya rame dan fansnya banyak banget. Jadi gue ketularan deh.

Makasih ya Niel, udah mengangkat derajat gue jadi orang-orang menyadari kalau gue juga ganteng.

*

Aksa Nirwasita

Gue kenal Daniel dari Adit, kebetulan gue temen sekelas Adit. Dan karena Adit deket sama Daniel, jadi dia sering ngajakin Daniel buat main bareng dan gue pun jadi kenal sama dia.

Orangnya lucu, walaupun badannya gede kelakuannya kaya bocah. Kalau sama Daniel itu rasanya kayak main sama anak SD.

Tapi kadang-kadang pemikirannya dalem walaupun tertutup sama sifat usil dan kekanakannya.

***

Hallo!

Terjawab sudah kan nama lengkap Srestha?

Dhatu sama Jendra nggak ada fotonya karena visualisasinya menyusul di masing-masing perkenalan mereka.

Sebentar deh aku agak bingung. Kenapa banyak yang kaget dan nanyain kalo anak Kai sama Krystal itu tiga?

Kan di chapter terakhir Ad Astra Per Aspera Krystal lagi hamil jadi anaknya tiga kan?

Kenapa pada nanya lagi kan aku bingung ngejawabnya. --"

Ipagpatuloy ang Pagbabasa

Magugustuhan mo rin

3.7M 75.4K 48
"Kamu milikku tapi aku tidak ingin ada status terikat diantara kita berdua." Argio _______ Berawal dari menawarkan dirinya pada seorang pria kaya ray...
1.3M 55.1K 57
[Follow dulu untuk bisa membaca part yang lengkap] Pasca bercerai dari Affandra Weltz, Gauri Chandrata mendapati dirinya mengandung bayi sang mantan...
52.2K 2.5K 22
Rafael William Struick,seorang pemain bola Keturunan,yang kemudian sumpah WNI.Hingga dirinya bisa membela Timnas Indonesia.Pemain berdarah Indonesia...
946K 3.2K 21
Ingin cerita lebih lengkapnya lagi, Silahkan klik Link di profil saya... 🙏🙏😊