CHAPTER THREE

67 10 0
                                    

1 of  ?

Q : Ada banyak orang yang penasaran tentang keluarga anda. Terlebih tentang anda sendiri. Banyak yang menganggap anda hebat. Bagaimana anda bisa membesarkan lima anak seorang diri?
Min Na : Itu tidak sehebat yang dibayangkan. Nyatanya anak-anak yang lebih tua lah yang banyak membantu saya. Geonu dan Heeseung selalu menjaga adik-adik mereka dengan sukarela.

Q : Anda masih aktif bekerja?
MN : Bisa dibilang saya seorang freelancer. Saya hanya datang ke kantor jika memang saya ada perlu. Selain itu, jika ada pekerjaan lain pun saya mengerjakan semuanya dirumah. Walaupun Sunghoon, Jungwon, dan Kyungmin home-schooling, saya harus tetap mengawasi mereka.

Q : Mungkin pertanyaan ini sedikit sensitif, tapi memang banyak yang penasaran. Baru-baru ini anda memberitahu Heeseung dan Geonu tentang sesuatu yang tidak terduga. Apakah ada perubahan dari sikap mereka setelah anda menceritakan hal itu?
MN : Hmm... jika dianggap tidak terduga, sebenarnya mereka berdua telah menduganya. Mungkin mereka memang kecewa dugaan mereka ternyata benar. Kalau tentang perubahan sikap, sepertinya tidak ada yang berubah dari Heeseung, tapi Geonu sekarang lebih sering berbicara formal dengan saya. Seakan saya orang asing.

Q : Saya dengar Geonu pergi dari rumah. Apa itu benar?
MN : Geonu sekarang tinggal di asrama sekolah. Ia mendapat fasilitas itu karena predikat siswa terbaik yang didapat.
Q : Saya ucapkan selamat kalau begitu.
MN : Terima kasih.

Q : Saya mendapat pertanyaan lagi. Kali ini tentang nama mereka. Apa alasan anda tidak memberikan nama keluarga anda atau suami anda?
MN : Jujur saya sempat ingin melakukan hal itu, maksud saya mengganti nama mereka. Tapi rasanya terlalu serakah untuk mengambil segalanya. Saya ingin mempertahankan identitas mereka. Tapi tetap saja kita tidak tahu apa yang akan terjadi nanti.

Q : Sebenarnya banyak yang menyayangkan tindakan anda tentang hal itu. Banyak yang setuju dengan ucapan Geonu. Orang-orang pikir memang lebih baik mengadopsi mereka dan memberikan nama keluarga anda.
MN : Orang-orang bebas mengkritik keputusan saya, karena mereka tidak akan tahu bagaimana rasanya menjadi saya. Orang-orang yang membenci saya akan tetap membenci saya bahkan ketika saya berusaha menjelaskan hal ini.

Q : Ada rencana untuk mengadopsi mereka?
MN : Tentu saja. Saya ingin melakukannya, Tapi semuanya tidak mudah, orang tua mereka jadi salah satu alasannya.

Q : Selain Heeseung dan Geonu, apakah ada 'anak yang lain'?
MN : ...

.
.
.
[]

***
*QnA berdasarkan pertanyaan-pertanyaan melalui DM Instagram & Twitter.

SER'5 : Please Be All Ears!Tahanan ng mga kuwento. Tumuklas ngayon