67 | rasa sabar.

11.1K 1.9K 1.2K
                                    

bgm : Kekasih Sejati - Monita. ( aku kasih saran mulmednya selalu dinyalain ♥♥ )




mantep ye apdet terus awokawokaowk






;:;:;:;

Eunwoo tumbuh di keluarga berada. Ayahnya kristiani, pengusaha besar dalem bidang pertambangan dalem negri dan ibunya desainer pakaian muslimah ternama. 

Dia lahir dari orang tua dengan kepercayaan berbeda, namun hari, bulan juga tahun yang dilaluinya gak terpengaruh banyak akan hal itu. 

Tiap kali Ramadhan menjelang ayahnya bakal ngehormatin ibadah Sang istri, apalagi ketika beliau ada waktu di rumah, gak segan pun ikut puasa. Hingga lebaran tiba dan tetangga-tetangga atau keluarga silaturahmi ayahnya pasti bakal ikutan nyambut atau ikut nyamperin kediaman kerabat mereka.

Begitu pun sebaliknya, saat Natal atau hari raya Kekristenan lain mamanya bakal masak banyak makanan juga kue, ngebiarin rumah dihias ornamen hijau-merah untuk kedatengan teman, rekan kerja dan keluarga besar Sang suami yang berkunjung.

Tahun-tahun yang Eunwoo lewatin di rumah ya demikian damai meski ibadah orang tuanya gak sejalan, maka hal itu pula berpengaruh ngebentuk keperibadiannya lebih bebas dan terbuka.

Sebuah contoh, dia pribadi tipikal muslim yang gak permasalahin bilang 'Selamat natal' ke umat kristiani. Meski sebagian muslim lain anggep hal tersebut gak boleh, namun untuknya sendiri, selama gak pindah kepercayaan ya kenapa harus ngehindarin hal-hal kecil demikian? Yang bisa jadi memperkuat tali persahabatan antar umat beragama?

Hanya dari sudut pandangnya yang bebas tentu aja. Eunwoo pun gak minta orang lain ngikutin.

Sedikit cerita akan masa lalu ... 

Dirinya ngira semenjak pas bayi udah dibaptis, sebab keluarga dari Sang ayah keliatan cukup keras dan pemeluk Kristen taat yang tiap minggunya selalu nyempetin ibadah gereja walaupun super sibuk, etapi ternyata enggak, ayahnya justru pernah ungkapin hal serius ketika Eunwoo umur dua belas tahun—dimana Sang ayah pikir dia udah cukup besar saat itu.

Beliau bilang; "Eunwoo, agama bukan sesuatu yang diwarisi orang tua. Itu tentang kepercayaan kamu sendiri, tentang jati diri kamu, tentang apa yang ngebuat jiwamu damai. Ayah sama mama gak bakal maksa kamu ikut siapapun, kamu mau peluk agama di luar Islam atau Kristen juga pilihanmu, jadi kamu belajar pelan-pelan aja. Kelak hati dan akal kamu pasti bakal nentuin ... mana yang Tuhanmu, mana yang harus kamu percayai."

Sebab itu pernah ada saat di mana Eunwoo pengen jadi Atheis aja karena dia gak mau bikin ibu atau ayahnya kecewa dengan kelapangan hati keduanya yang sedemikian penuh kasih. 

Namun lambat laun, di saat dia ngerasa gak milikin agama, ayahnya yang selalu sibuk dan ibunya yang selalu nyempetin diri pulang ke rumah tepat waktu pun jadi sebuah kejomplangan dalam pendidikan rohaninya.

Kosan KejuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang