74. Always unexpected

13.1K 982 482
                                    

Alec masih juga terpesona dengan anak bungsu, dia diem aja kayak kagak ngerti apa-apa ternyata dia ngerti banyak hal. Salah besar Alec menganggap bocah kecil itu polos aja. Ternyata mereka menyerap banyak pengetahuan dari sekitar.

Gio berbahasa Indonesia karena emang itu bahasa pengantar yang dipake sehari-hari. Gio ngerti bahasa Inggris lah kakaknya masih sering ngomel pake bahasa Inggris, mother tongue Aleccia itu bahasa Inggris. Nah bahasa Jawa ini yang unik, dia tiap hari kalo siang sampe sore barengan sama bude sum dan mbak ana. Dan ternyata juga diwaktu yang singkat itu dia jadi menyerap kosa kata dan cara berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Jawa.

Amazing emang bocah itu, Alec saja meski diasuh sama bude sum sejak bayi tapi bahasa Jawa kagak bisa. Sama ibu memang bude sum dilarang bicara pake bahasa Jawa kalo ada Alec. Waktu kecil Alec sempat gagap bahasa.

Kebanyakan orang pake bahasa Indonesia, ibu Alec sering pake bahasa Belanda, ayah kalo ngomong campur Indonesia Inggris, ditambah bude sum bicara pake bahasa Jawa. Alec jadi speech delay.

Sampai Alec seusia Gio kalo ngomong nyampur dan yang denger kagak paham. Bahasa Indonesia, Belanda, Jawa dan Inggris jadi satu.  Makanya sama ibu alec di rumah dibatasi penggunaan 2 bahasa saja biar Alec gak gagap. Alec kan emang otak pas-pasan urusan bahasa. Gelud doang pinter.

" Alec bengong terus.....!" Kata jully yang lagi puk-puk pipi pake Genaissance de La Mer biar tetep kinclong.

" Ini masih kaget gio ngomong Jawa, berhitung juga lancar. Warna juga ngerti." Jawab alec sambil ngelus rambut gio yang tidur di pangkuannya dengan ayem.

" Anak kecil itu pinter, cuma emang seringnya orang gede nganggap remeh." Jawab Jully.

" Masih krucil Jul, kalo ngomong pinter bener. Perasaan aku gak pernah ngajarin. Udah pinter aja. Itu darimana coba." Kata Alec.

" Alec sibuk terus, nunggu kamu yang ngajarin ini anak kelamaan. Mereka belajar sendiri lah. Balita itu golden age, asal kita rawat dengan baik. Trus kalo disiplinkan gak usah dibentak." Kata Jully.

" Emang kenapa....?" Tanya alec heran.

" otak anak itu sekali kena bentak syarafnya itu bisa mati beberapa bagian." Kata Jully.

" Begitu ya...." Sahut Alec.

" Iya Alec. Kita disiplinkan anak-anak dengan tegas, tegas gak harus marah, gak harus membentak. Memory anak bakal mengingat meski dia diam." Sambung Jully.

" Psikologi anak kompleks ya Jul..." Sahut Alec.

" Iya, makanya ada anak yang trauma, mereka tetap mengingat hingga dewasa karena mereka gak bisa memaafkan pola asuh yang salah dari orang tuanya." Kata Jully.

" Ruwet ya....tapi beneran gak nyangka Gio masih seuprit begini udah pinter aja." Kata Alec.

" Ya memang, anak-anak itu pintar. Mereka nunjukin kemampuan mereka kalo lagi pengen doang. Gak pengen ya diem, makanya anak diem bukannya bodoh, mereka cuma lagi gak pengen aja. Makanya sekolah Gio gak ada target pembelajaran dia kudu sampe mana tiap semesternya." Kata Jully.

" Pinter, dan geludnya juga pinter." Bales Alec.

" Anak-anak tumbuh itu perlu lingkungan yang baik. Gio tiap hari gelud sama Aleccia, tapi mereka bercanda. Kalo gak ada ya dicariin.  Gak apa-apa Alec. Gio sama Aleccia itu kelebihan energi. Kalo udah cukup umur kita arahin dia ke aktivitas fisik buat salurin energinya. Biar gak gelud Mulu.....!" Ceramah Jully.

" Gio suka drum, mungkin kita bisa ajakin dia Les nge drum. Suka gelud, daftarin aja bela diri biar geludnya tambah mantep." Kata Alec.

" Lho kok malah seneng kalo anaknya gelud. Ya liat dulu anaknya nanti enjoy yang mana. Kita orang tua cuma memfasilitasi aja." Sahut Jully.

Dear Daddy - Alec Fam Season 1Where stories live. Discover now