Painful Secret

16 0 0
                                    

“Anak Bapak dan Ibu mengalami gangguan makan yang disebut anoreksia.”

Bagai disambar petir di siang bolong, Nirbita terkejut ketika mendengar obrolan dokter dengan kedua orang tuanya yang kebetulan cukup keras dan pintu kamar sedang terbuka. Anoreksia? Ya Tuhan ... selama ini Nirbita hanya sering mendengar nama penyakit itu di kalangan selebriti atau berita-berita di portal berita daring.

Sekarang ... dia yang mengalami penyakit itu sendiri dan sepertinya bukan main-main. Astaga, selama ini apa yang dia lakukan demi memiliki bentuk tubuh ideal dan termakan streotipe masyarakat? Diet, olahraga ketat, bahkan tidak makan sama sekali dan hanya mengonsumsi pil pelangsing serta sayur dan buah-buahan. Mengerikan!

Tangannya yang masih dialiri infus terulur memegangi perut yang ternyata sudah kurus dan menunjukkan tulang rusuk yang menyembul. Air mata pada pipinya jatuh merembes membasahi pipi.

***

Sebenarnya apa intensi Nirbita membuat sebuah akun Instagram dan membagikan tutorial make up-nya kepada khalayak ramai? Karena Nirbita ingin semua orang bahagia dan menjadi dirinya sendiri, bukan? Jadi, untuk apa membeli pengikut demi mendongkrak popularitas? Keinginan Nirbita mendirikan sebuah akun berisi tutorial make up adalah cara dia untuk mengekspresikan diri kepada banyak orang.

Nirbita paham jika dirinya tidak sesempurna Kyla Jenn, tapi setidaknya ia ingin self-acceptance dengan apa yang Tuhan berikan. Dia telah makan banyak asam garam soal kehidupan pahit selama di bangku sekolah menengah, karena dasar itu lah, Nirbita ingin semua orang melihat bahwa mereka cantik apa adanya.

“Cara naikin followers sama visitors gimana, sih? Nyangkut mulu di dua lima,” tanya Nirbita. Gemas sekali rasanya menunggu orang-orang untuk mengunjungi akun Make Up and U dan menyukai video yang sudah Nirbita buat dengan susah payah. Jadi, cara apa lagi selain membeli jasa jual beli followers?

“Lo coba aja tag ke akun-akun terkenal kaya Kyla Jenn, Tasya Farasya, atau ke Uya Kuya juga terserah,” timpal Kalila asal. “Biasanya banyak yang liat di bagian tag pas mereka bosen.”

Benar juga apa yang dikatakan Kalila, jika sering menilik akun-akun Instagram orang terkenal, maka banyak sekali orang-orang yang menandai postingan mereka dengan akun orang terkenal karena sesekali pengguna Instagram melongok ke bagian itu. “Boleh, tuh, sekalian gue mau bikin tutorial lagi, nih.” Alis Nirbita naik turun memandang Kalila. Dia turun dari ranjang, keluar kamar dan menghilang entah ke mana. Selang beberapa menit, ia kembali dengan membawa sebuah sendok stainless untuk makan.

“Lo mau ngapain, Ta?”

Nirbita tidak menjawab pertanyaan Kalila dan justru meraih tempat pensilnya yang tergeletak di atas meja belajar. Dia mengeluarkan sebuah spidol warna merah marun dan meraih pensil alis. Lampu bundar portable yang selalu dibawanya dinyalakan lalu memasang stand untuk ponselnya. “Hai, guys! Balik lagi di Make Up and U!” ucap Nirbita dengan nada riang setelah memencet tombol rekam pada ponselnya. “I hope you enjoy my latest dewy look. Nah, buat hari ini, aku bawa tutorial simpel banget buat kalian yang enggak bisa bikin alis sesuai kontur. Caranya gimana? Let’s check it out!

Setelah membuat opening yang sering diucap, Nirbita mematikan seluruh peralatannya dan kembali merebahkan diri di samping Kalila. “Lah, udah gitu doang?”

“Iya, soalnya besok mau bikin yang full. Nunggu Sasi juga,” jawabnya. “Besok temenin gue ke mal sekalian beli sesuatu buat kelengkapan video.”

Sepertinya Nirbita memang tidak main-main dengan keinginannya untuk menjadi seorang beauty vlogger. Jika di kelas Nirbita adalah mahasiswi yang bisa dibilang cukup ambisius demi sebuah nilai, maka sebagian besar hidupnya pun demikian. Contohnya seperti ini, bahkan Kalila dibuat menggeleng-geleng dengan tingkah Nirbita yang selalu konsisten dan tekun menjalani sesuatu.

AN ETERNAL HAPPINESS ✔Where stories live. Discover now