💕Blurb yang Mengesankan

715 28 0
                                    

Materi: Blurb yang Mengesankan
Waktu: Selasa, 28 Januari 2020, pk. 19.00 WIB
Pemateri: Dadan Erlangga DadanErlangga
Moderator: kumbangmerah
Notulis: kopa_iota

---❤️ Pembuka ❤️---

Sebelum mulai, mari kita berdoa menurut kerpercayaan masing-masing. Semoga kegiatan malam ini bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.

--❤️ Materi ❤️--

Langsung aja ya. Temen-temen pasti udah pada tau kan, apa itu blurb. Secara teori, Blurb itu merupakan deksripsi promosional yang ada di sampul belakang buku. Kalau Sinopsis, penjelasan singkat atau pemendekan sebuah novel, yang di dalamnya menceritakan plot cerita, serta menyebutkan tokoh-tokohnya dengan lengkap, pengungkapan konflik, serta penyelesaiannya.

Sederhananya, Blurb itu penjelasan singkat penulis untuk calon pembaca atau pembeli buku, sedangkan Sinopsis merupakan penjelasan singkat penulis untuk editor.

Peserta: Jadi sinopsis ada penyelesaian, sedangkan blurb tidak ada ya Kak?

Kak Dadan: Ya, betul.

Jadi kalau diurut dari yang terpanjang sampai yang terpendek itu kira-kira begini:

Novel---Sinopsis---Blurb

Sinopsis merupakan pemendekan dari novel, blurb merupakan pemendekan dari sinopsis. Sekarang aku tanya, blurb dari novel apa yang pernah kalian baca, yang menurut kalian menarik banget?

Peserta 1: Akiyoshi Rikako, Absolute Justice

Peserta 2: Asya Story

Peserta 3: Aku pernah tuh kak baca novel mozachiko

Peserta 4: Cinta Akhir Pekan

Nah, oke. Kalian udah sebut judul-judulnya. Dari situ, kita bisa mempelajari, gimana sih caranya menulis blurb yang bagus atau menarik. Aku kasih 3 contoh blurb dari 3 buku ya, nanti kita pelajari sama-sama.

1. Katarsis - Anastasia Aemilia

Tara Johandi, gadis berusia delapan belas tahun, menjadi satu-satunya saksi dalam perampokan tragis di rumah pamannya di Bandung. Ketika ditemukan dia disekap di dalam kotak perkakas kayu dalam kondisi syok berat. Polisi menduga pelakunya sepasang perampok yang sudah lama menjadi buronan. Tapi selama penyelidikan, satu demi satu petunjuk mulai menunjukkan keganjilan.

Sebagai psikiater, Alfons berusaha membantu Tara lepas dari traumanya. Meski dia tahu itu tidak mudah. Ada sesuatu dalam masa lalu Tara yang disembunyikan gadis itu dengan sangat rapat. Namun, sebelum hal itu terpecahkan, muncul Ello, pria teman masa kecil Tara yang mengusik usaha Alfons.

Dan bersamaan dengan kemunculan Ello, polisi dihadapkan dengan kasus pembunuhan berantai yang melibatkan kotak perkakas kayu seperti yang dipakai untuk menyekap Tara. Apakah Tara sesungguhnya hanya korban atau dia menyembunyikan jejak masa lalu yang kelam?

2. Cinta Akhir Pekan - Dadan Erlangga

Arlin yakin ia telah diperkosa!

Setelah menginvestigasi dan menginterogasi keempat teman prianya yang menginap dan berpesta di suatu akhir pekan, semua punya alibi yang meyakinkan bahwa mereka bukan pelakunya. Lalu, siapa?

Dunia dan masa depan Arlin runtuh dalam semalam. Ia bahkan sempat memutuskan akan mengakhiri hidupnya karena tak sanggup menanggung aib dan malu.

Ketika akhirnya salah seorang mengaku sebagai pelakunya dan bersedia bertanggung jawab, Arlin tak serta-merta percaya. Arlin mengenal pria itu sejak di bangku SMP, dan dia terlalu baik untuk melakukan hal sebejat itu.

Romance The WWGTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang