🎂 💕Online Mentoring III

193 16 2
                                    

Trik Promosi Agar Naskah Dibaca Banyak Orang

Jumat, 18 Oktober 2019
Pukul 20.00 WIB

Pemateri: J.P SUNU (PENULIS TERPOPULER DI Cabaca.id)

Moderator: kiikii-

Notulis: nofiyanti17

📖 Perkenalan 📖

Sebelumnya izinkanlah saya memperkenalkan diri. Nama lengkap saya Joko Purnomo Sunu, tetapi saya menyingkatnya menjadi J.P. SUNU agar mudah diingar.

Apa yang saya akan saya sampaikan di sini, sebenarnya hanyalah membagikan pengalaman saya ketika berusaha mempromosikan novel DUA CEMARA, yang terbit di https://cabaca.id/#/user/94

📖 Materi 📖

Novel DUA CEMARA diterbitkan dengan perjanjian khusus yang membuat saya agak under pressure , yaitu: jumlah pembacanya tidak boleh turun setiap minggunya, sampai novel tamat. Jika jumlah pembaca turun, maka novel itu akan dihapus dari cabaca.id

Beruntung saya punya akun twitter dengan jumlah follower agak lumayan yaitu 20K 👉
https://mobile.twitter.com/sabdaliar

Maka dengan menggunakan fasilitas tweetdeck, yaitu fasilitas penjadwal tweet yang disediakan oleh twitter, saya memposting tweet 12X dalam sehari, dengan menyertakan link novel saya di CABACA di mana novel saya diterbitkan.

Di samping twitter saya juga menggunakan instagram, meski follower saya tidak begitu banyak di IG (saya agak menyesal dulu agak telat masuk IG).

Di IG saya hanya sanggup update 1X sehari untuk mempromosikan novel, karena konten IG harus tampak menarik secara visual. Itu tak mudah buat saya. Seperti contoh ini misalnya 👉 https://www.instagram.com/p/Bv3Cdg9jBOQ/?igshid=1utggp44fhxpw

Di samping menggunakan Twitter dan IG, saya juga memanfaatkan WhatsApp, yaitu dengan mengirimkan link novel saya di CABACA ke semua orang di kontak saya.

Namun, karena kontak WA tidak terlalu banyak, maka saya mulai mencari kontak WA orang yg tidak saya kenal di internet, sehingga saya bisa mengirimkan link ke ribuan kontak WA. Saya tidak menyarankan cara ini, karena akun WA saya kemudian diblokir hingga 5 hari karena dianggap spammer.

Di samping menggunakan cara online, saya juga memanfaatkan kartu nama sebagai media promosi. Kartu nama itu saya edarkan kepada semua orang yg saya temui di perpustakaan, pameran buku, toko buku (jika kondisinya memungkinan, karena kadang diawasi satpam), pusat2 keramaian di mana banyak anak mudanya seperti acara car free day misalnya. Jumlah kartu nama promosi yang telah saya edarkan hingga saat ini sudah berjumlah ribuan lembar.

Kalau teman-teman tertarik menggunakan kartu nama sebagai sarana promosi, saya sarankan agar menggunakan desain kartu nama yg memang ditujukan utk keperluan promosi (bukan kartu nama untuk memperkenalkan diri). Gunakan font ukuran besar, dan perhatikan kontras warna latar depan dan belakang. Contoh kartu nama saya adalah seperti ini 👉 https://www.instagram.com/p/BvGRp_uDbhM/?igshid=vfa2i8njiyqm

Kira-kira itu dulu yang bisa saya sampaikan. Jika ada teman-teman bertanya mengapa menggunakan cara-cara seperti di atas untuk promosi novel? Karena bagi saya itu cara-cara yang mudah dan murah, sehingga saya bisa melakukannya sesering mungkin.

Romance The WWGTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang