💋 Romance Religi (Islami)

425 19 3
                                    

Materi: ROMANCE RELIGI (ISLAMI)
Waktu: Sabtu, 2 Maret 2019 pk. 19.00 WIB
Tutor: dianafebi_
Notulis: Nurmoyz
Moderator: My_Lody

💕💕💕

Halo, perkenalkan nama saya Diana Febi, saya penulis Wattpad juga. Saya akan sedikit menjelaskan tentang Romance Religi

💞 Materi 💞

#Apa itu Romance Religi?

Sebuah genre yang memadukan unsur romance dengan unsur religi, menonjolkan hubungan percintaan yang bernuansa agama. Tujuan dari penulis membalut kisah romantis dengan unsur agama kebanyakan karena ingin menyebarkan dakwah halus melalui kata-kata dan unsur romantis sebagai bumbu pemanisnya.

Biasanya permasalahan yang ditulis dalam tokoh genre ini dibuat berdasarkan kasus yang sering ditemui, misal: Cinta dalam diam, poligami, beda agama, perjodohan dan lain sebagainya. Dan penyelesainya pun dengan cara berdasarkan syariat agama.

Banyak pesan moral yang dapat diambil dari genre ini, selain ilmu agama dan ilmu sosial yang terkadang menjadi permasalahan dari berbagai kalangan. Meskipun bernuansa agamis, nilai keromantisannya tidak kalah dengan genre lain, malah lebih ngena, menurut pemangatan saya sekarang pembaca yang mulai tertarik dengan genre ini karena permasalahannya yang terkadang dialami oleh sebagian besar pembaca.

#Bagaimana Cara Menyeimbangkan Romansa dan Religi Dalam Satu Cerita?

Jika memutuskan menulis genre ini harus siap risiko ketidakbebasan dalam menulis hal apa pun yang muncul dikepala kita, kita harus mensinkronsasikan dengan hadist, ayat ataupun syariat-syariat agama lainnya. Kita tidak bisa serta merta menulis genre ini tanpa landasan ilmu karena risikonya kita bukan membawa suatu amal jariyah namun sebuah dosa jariyah apabila kita ada kekeliruan dalam menerapkan sebuah hadist/ayat ke dalam cerita. Riset itu penting!

Jangan pusing bagaimana cara membuat romansa ala religi, banyak sekali kisah-kisah romantis zaman Nabi. Saya sendiri sering menganalogikan kisah nabi dengan cerita yang saya buat. Kita bisa membuat sebuah contoh kecil seperti kisah cinta sederhana Ali dan Fatimah, atau kisah Nabi Yusuf dan Zulaikha, apalagi tentang kisah cinta Rasulullah shalallahualaihi wasalam. Karena banyak sekali contoh yang dapat kita terapkan dalam membuat kisah cinta religi ala kita sendiri.

My Point dalam menulis religi romantis:
1.Niat yang baik, lurus dan kuat.
2.Keberanian
3.Riset always
4.Sering membaca rekomendasi Novel Religi bestseller.
5.Menulis dari hati.

Semakin kita banyak belajar, kita akan terasa sendiri tanpa kita ketahui. Allah Yuftah Alaikum, semoga bermanfaat dan menginspirasi.
Jazzakumullah ya khair.

--- ♥ Pertanyaan dan Jawaban ♥ ---

1.
Tanya: Kalau kita menulis Spritual - Romance, gimana caranya supaya kita nggak melanggar peraturan untuk tidak menyinggung SARA? Adakah point-point yg harus kita perhatikan untuk jauh dari hal di atas?

Jawab: Simple sih kalo tidak mau melanggar aturan agama, berdasarkan hadist/ ayat Al-Qur'an. Kita juga bisa mengontrol kalimat apa saja yang mau kita tulis. Semisal tentang beda agama, kita harus meninjau ulang apa pantas jika cerita ini diposting dari dua sudut pandang, dari sisi islami dan sudut pandang mereka yang non muslim. Yang terpenting adalah riset dari berbagai sumber. Insyaallah nggak akan melenceng dari syariat agama.

Romance The WWGTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang