💕Plot Twist dalam Romance

444 36 7
                                    

Materi : Plot Twist dalam Romance
Waktu : 23 Januari 2020 Pk. 19.00-20.00
Tutor : naya_hasan
Moderator 1 : furadantin
Moderator 2 : kumbangmerah
Notulis : Tsabitha1

---♥ Perkenalan ♥---

Moderator (M) : Selamat datang Kak Naya. Kami persilahkan untuk memperkenalkan diri.

Kak Naya (N) : Sambutan sedikit boleh, ya. Selamat malam warga WWG yang berbahaya, eh berbahagia. Boleh, ya saya memperkenalkan diri dulu. Saya Naya, dari Banjarmasin, single (plak), mulai aktif menulis di Wattpad sejak 2019 tapi udah suka nulis dari SD, kok. Sebelumnya, saya nulis di blog berupa fanfiction, isinya ya romance semua. Senang akhirnya dapat bertemu kalian. ❤

M: Senang juga bisa bertemu kak Naya. Kali ini tema kelas kita akan membahas tentang "Plot twist dalam romance" yang dimentorin oleh Kak Naya hasan.

N: Sebelumnya, saya mau mengucapkan terimakasih banyak untuk admin grup WWG Romance yang sudah mengundang saya, sempat kaget dan saya pikir salah kirim waktu itu, karena kayaknya nggak pantas banget mengundang saya yang amat amatir ini, hehe. Terutama, karena materinya plot twist. Jujur, bagi saya plot twist adalah salah satu departemen yang saya masih lemah dan perlu banyak belajar. Tapi loh, kenapa saya ambil kelas ini? Katanya, cara terbaik untuk belajar adalah mengajarkan, pepatah yang sudah saya buktikan sendiri. Bukannya saya mau mengajarkan ya, mungkin banyak di antara kakak-kakak dan adek-adek sekalian di sini yang lebih tahu dari saya. Saya hanya akan sekedar berbagi setahunya saya, dari berbagai sumber yang pernah saya baca maupun pengalaman saya sendiri sebagai penulis maupun penikmat tulisan romance. Lalu kita share dan belajar bersama-sama. Begini boleh, ya? Sebelumnya juga, mohon maaf dulu untuk banyaknya kekurangan dalam diri ini.

M: Kak Naya ingin langsung menyampaikan materi, atau sesi tanya jawab dulu?

N: Materi dulu kali, ya.

M: Oke kak. Waktu dan roomchat dipersilahkan. 😊

---♥ Materi ♥---

Kak Naya (N) : Oke. Agak gugup nih, hehe. Kita langsung aja. Tentang plot twist. Pertanyaannya, kita sering mendengar tentang istilah plot twist, tapi apa itu plot twist? Apakah plot twist hanya ada di ending saja? Gimana sih, plot twist dalam romance?

Plot twist adalah alur yang sengaja dipelintir sehingga memberi efek kejutan. Plot twist tidak harus berada di ending meskipun kebanyakan seperti itu, plot twist bisa terjadi di tengah cerita, akhir ataupun awal. Plot twist juga bisa dimasukkan beberapa kali dalam satu cerita. Tujuannya, sudah jelas ya, untuk membuat (dalam hal ini) pembaca terkejut, terhenyak, berdecak, dan membuat alur tidak membosankan.

Secara gamblang saya kasih tahu dulu ya jenis-jenis plot twist. Sekilas aja kayaknya soalnya di Google juga banyak.

1. Pengungkapan.

Ada sesuatu yang terbongkar di sini, yang diungkapkan yang memberi perubahan pada plot. Misal A dan B jalan-jalan, lalu si A ngaku hamil.

2. Narator yang tidak bisa dipercaya.

Kalau dalam novel yang pernah aku baca, ini Thriller Romance, sih, judulnya Puzzle, kita dibawa berputar-putar dan menebak-nebak siapa pembunuh si B dari sudut pandang si A. Kita sama sekali enggak curiga sama A karena enggak ada sedikitpun dia menunjukkan keganjilan atau motif untuk membunuh B. Tapi nyatanya, si A mengalami gangguan jiwa dan halusinasi parah. Contoh lain dalam romance, saya misalkan cerita saya sendiri ya yang sedang on-going di Wattpad. Karena kebanyakan cerita ini dari sudut pandang pemeran utama, si pemeran utama menebak-nebak tentang pemilik surat-surat misterius yang ia temukan di loker kerjanya. Saya mencoba menggiring pembaca untuk meyakini bahwa surat itu memang dari seseorang yang dipikirkan si tokoh utama, meskipun kebenarannya belum tentu. Dan ya, sebagian pembaca percaya.

Romance The WWGTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang