💕Konflik dalam Romance

1K 72 1
                                    

Materi: KONFLIK DALAM ROMANCE
Waktu: Selasa 5 Februari 2019 Pk. 19.00
Tutor : malashantii
Notulis: Ry-santi
Moderator: Aresreva

💕💕💕

Moderator (M) :
Selamat malam Kak malashantii, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu. Silakan perkenalkan diri.

Kak Malashantii (MS):
Saya penulis yang dikenal dengan nama pena Malashantii. Apoteker. Ibu dua anak. 😁😁 Oh, iya. Masih menulis di Wattpad sampai ini dengan nama akun sama, Malashantii. Alhamdulillah empat di antaranya sudah terbit menjadi buku. Kita mulai saja ya.

💞 Materi

Sebelum membahas tentang konflik novel romance, kita tengok dulu definisi dan batasan novel dengan genre ini. Saya kutip dari apa yang diterjemahkan oleh Gradien, ya. Jadi, novel romance adalah novel yang menceritakan kisah perjuangan dua manusia (pria dan wanita) untuk menggapai kebahagiaannya melalui hubungan cinta/asmara dan berakhir bahagia.

Perhatikan frasa kuncinya:
Perjuangan dua manusia.
Hubungan asmara.
• Dan, berakhir bahagia.

Lantas, konflik itu apa?
Konflik adalah ... hmm, gampangnya begini: tokoh kita menginginkan sesuatu, tapi muncul penghalang sehingga dia sulit/tidak bisa mencapai tujuannya.

Tapi, tujuan akhir novel romance itu apa, sih?
Tujuannya, umumnya adalah, akhir yang bahagia.

Selama menggarap novel, biasanya saya memisahkan jenis konflik menjadi dua; internal dan eksternal.

Konflik Internal adalah konflik kejiwaan yang terjadi dalam diri tokoh. Konflik macam ini biasanya terselesaikan dengan adanya keputusan hati.

Sedangkan,

Konflik Eksternal, adalah konflik yang terjadi antara seorang tokoh dengan sesuatu di luar dirinya. Konflik eksternal ini bisa berupa konflik fisik maupun konflik sosial. Konflik macam ini bisa terselesaikan dengan keputusan tokoh, atau ditambah dengan campur tangan faktor lain.

Jadi, sebaiknya novel kita diberikan konflik yang semacam apa?

Ketika mengerjakan naskah, biasanya saya mencampurkan beberapa konflik menjadi satu. Internal, maupun eksternal. Pergolakan di dalam diri tokoh-tokoh utamanya, ditambah lagi dengan kondisi di lingkungan sekitar yang tidak mendukung misalnya. Atau, kehadiran orang ketiga dan keempat.

Bagaimana supaya bisa greget, sebagaimana yang disebutkan dalam judul kelas yang sedang kita hadiri sekarang? 😁 Kita harus mengatur agar konflik itu dimulai sesegera mungkin. Jangan membuka tulisan dengan pengenalan yang bertele-tele. Kemudian, perlahan naikkan tensi cerita. Konflik jangan langsung diselesaikan, atau dengan kata lain, selesaikan bertahap. Bisa juga dengan memasukkan konflik baru dalam perjalanan penyelesaian konflik yang sudah ada. Kuncinya, sabar dalam menuturkan cerita, jangan memberikan penyelesaian yang terlalu cepat dan mudah. Namun, jangan pula memberi konflik yang tidak habis-habis sehingga juga. Usahakan seimbang.

Romance The WWGTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang