KENDALIKAN EGO, LIDAH DAN JEMPOL

12 2 0
                                    

Chester Bennington, anggota dari band Linkin Park. Adalah satu dari beberapa artis yang membuat saya sangat kaget ketika mengetahui Ia mengakhiri hidupnya. Saya termasuk salah satu fans mereka. Tetapi tiba-tiba ada komentar "ngefans kok sama orang yang bunuh diri" atau "kok masih mau ngefans sama orang yang bunuh diri" 🤭 mari kita pahami bersama.

CB pernah mengalami pelecehan seksual di masa lalunya. Bullying, dll. Lalu menjadi trauma. Alkohol menjadi salah satu pelariannya. Tahukah bagaimana rasanya ada suara-suara lain yang ikut hadir di kepala atau bahkan berteriak keras di telinga? Mungkin CB berusaha menyingkirkan 'suara-suara' ini. Bermaksud melupakan melalui pelariannya. Namun yang terjadi justru melahirkan masalah baru.

Belum cukup sampai di sana, sahabatnya yang mungkin sangat berarti, Chris Cornell, meninggal dunia, juga dengan mengakhiri hidup. CB mengakhiri hidupnya tepat di hari ulang tuhun CC. Entah apa yang ada di pikiran dan perasaannya, hanya dia dan Tuhan yang tahu. Yang saya coba mengerti adalah, CB sungguh tersiksa dengan semua masa lalu yang mengikutinya. Trust me.

Trauma pelecehan dan bullying sudah sangat menyiksa. Ditambah melawan ketergantungan dan tiba-tiba ditinggal selamanya oleh sahabatnya. Mungkin dunianya sudah hancur. Sudah tidak ada lagi alasan atau kekuatan untuk dia tetap bertahan di dunianya. Depresi. Maka bagi CB mengakhiri hidup adalah jalan terakhir untuk kembali tenang, selamanya.

Mengutuk bunuh diri silahkan, namun sebelum mengutuk pelakunya, ada baiknya pelajari latar belakang hidupnya. Hmm.. mungkin akan ada komentar "kurang iman dan kurang bersyukur" 😥 Teman-temanku tercinta, ini bukan soal itu. Kalimat tersebut jika dikatakn kepada mereka yang depresi, akan membuat lebih drop. Hati-hati ya.

Jika merasa ada sesuatu di dalam diri yang kalian sendiri tidak mengetahui kenapa, carilah solusi dan bantuan. Lebih mendekatkan diri kepada Tuhan itu jelas yang utama, tapi tidak salah apabila ingin berbagi ke sesama. Jika diperlukan, temui ahlinya.

Jangan mudah menghakimi pelaku (CB) dan fans-nya. Tapi jadikan ini pelajaran dalam mengambil langkah saat tertimpa masalah agar tidak menimbulkan masalah baru. CB mungkin berdosa karena mengakhiri hidup, tetapi Ia bisa menyelamatkan banyak nyawa. Karena setelah kepergiannya, teman dan keluarganya aktif membantu mereka yang mempunyai keinginan mengakhiri hidup. So.. apa yang bisa kita bantu?dimulai dari diri sendiri aja deh, kendalikan ego, lidah dan jempol 🤭

BUKAN CERITAWhere stories live. Discover now