Pindah Sekolah?

101 12 0
                                    

<<<>>>

Senin, 14 Januari 2019. Hal dan hari yang menjadi sejarah buat mereka yang bahagia atas usaha yang telah mereka perjuangkan demi lolos ke tahap final pentas seni MAN 2.
Selesai upacara, seperti biasanya seluruh siswa langsung kembali kekelasnya masing-masing. Masih dengan suasana yang bahagia, siswa-siswi kelas XMIA2 masih membicarakan kegembiraan dan langkah selanjutnya yang akan mereka lakukan.
...
Begitu mengejutkan, dan menyayat pikiran dan hati semua murid XMIA2. Karena, pemeran utama dari drama dan cerita yang akan mereka tampilkan dipentas seni kelak, akan berpindah sekolah- dan tak bisa mengikuti pentas seni bersama mereka.
Jam pelajaran terakhir, Rivan membicarakan masalahnya yang akan berpindah sekolah itu kepada Ujul yang menjadi ketua kelas. Sungguh mengejutkan teman yang lainnya, Ujul mengucap ulang kembali yang telah Rivan ucapkan tadi kepadanya.
"Woy, Rivan mau pindah sekolah. Wooy!!" Ujul berteriak mengulang terus-menerus kata-katanya, sampai teman-teman yang lainnya mendengar. Bagai menginformasikan sebuah kabar yang sangat penting teriakan Ujul itu.
Seisi kelas menatap Rivan keheranan.
Apa benar, Rivan mau pindah sekolah? Itu yang ada dibenak para siswa XMIA2
"Lo, mau pindah kemana?"
"Kenapa lo mau pindah?" Ujul yang ada disamping Rivan, terus bertanya layaknya wartawan yang sedang memburu berita. Namun, Rivan hanya diam dan menjawab seperlunya.
....
2 Januari 2019. Hari pertama para siswa masuk sekolah, setelah melewati libur panjang disemester satu. Dan hari pertama masuk, setelah melewati audisi pentas seni 25 Desember 2018 yang akan dilaksanakan 16 Februari 2019. Teman-teman yang ada di XMIA2. Sangat disayangkan, tak menikmati sedikit pun libur yang panjang ini. Karena harus berlatih tuk menghadapi audisi pensi.
....
Dikali pertama masuk, Rivan sungguh bersikap aneh. Tak seperti biasanya, mengabaikan suasana bicangan dan cerita teman-temannya saat libur panjang. Rivan adalah pemeran utama yang berperan sebagai Bandung Bondowoso dilegenda Roro Jonggrang.
Teman-temannya sangat heran kepadanya, karena sikap yang berubah 180 derajat. Sikap yang biasanya, bawel, rusuh, mulut yang terus berbicara walau tak bertema. Semua hal tentang yang ingin ia bicarakan, semua dikeluakan dan diucapkan kepada teman-temannya. Tidak sedikit pula, yang tak mengerti apa yang sedang ia bicarakan. Tapi sekarang, 2 Januari 2019. Sikap yang ia miliki disemester satu, tak ada sedikit pun terlihat kembali disemester dua. Sikap yang menjadi pendiam, ketus, berbicara seperlunya, mengabaikan semua yang ada dikelas. Ternyata, 14 Januari 2019. Ia menggentarkan semua teman-temannya yang juga, ikut serta dipentas seni nanti. Kabar yang menjadi isu kegaduhan kelas.
Rivan akan pindah sekolah kejuruan dengan menjadi santri pula disalah-satu pesantren yang dekat dengan sekolah kejuruannya.
Hal ini, orang tuanyalah yang mengatur dan mengharuskannya tuk berpindah sekolah.
Teman-teman yang membujuknya tak akan dan tak bisa meluluhkan tekadnya. Karena, ini. bukanlah kemauannya. Keputusan sang Ayah dan kakak-kakaknya tak bisa diganggu gugat.

Roro Jonggrang dan Tipu Daya PencitraanWhere stories live. Discover now