Kehidupan Setelah Kematian Tubuh

22 0 0
                                    

Rahasia yang selalu menjadi pertanyaan manusia adalah, apakah ada kehidupan setelah kematian. Kematian itu memang suatu misteri yang tidak dapat diselidiki oleh orang berilmu sekalipun. Bagi akal manusia, dunia yang akan datang itu penuh rahasia, di luar kemampuan manusia untuk menerobosnya. Tetapi bagi orang Kristen tidaklah demikian. Allah telah membuka tabirnya dalam terang firman-Nya. Rahasia setelah kematian itu dikemukakan dalam poin-poin di bawah ini.

ROH MANUSIA MASUK KE TEMPAT PENANTIAN

Alkitab menjelaskan bahwa orang yang mati, rohnya akan masuk ke dalam tempat penantian atau dunia orang mati. Tempat penantian atau dunia orang mati itu dibagi menjadi dua ruangan besar, yaitu pertama, bagi orang yang tidak percaya bahwa keselamatan hanya di dalam Yesus akan masuk ke dalam tempat penantian yang disebut dengan hades. Hades adalah tempat penantian, bukan neraka, tetapi sudah seperti neraka. Di tempat ini ada penderitaan akan nyala api. Orang-orang di dalamnya sudah merasakan penderitaan dan kesakitan yang hebat sambil menunggu penghakiman terakhir oleh Yesus Kristus, untuk kemudian mereka pasti dimasukkan ke neraka, tempat hukuman kekal itu. Orang yang masuk dalam hades pada waktu Yesus datang kedua kali akan dihakimi dan mereka akan menyesal bahwa selama hidupnya dalam dunia mereka tidak percaya kepada Tuhan Yesus Kristus. Waktu kedatangan Tuhan Yesus itu adalah saat yang paling mulia sehingga orang yang masuk dalam hades akan bertelut sambil tertunduk malu, menyesal, dan lidah mereka akan mengaku bahwa Yesus Kristus itu sungguh-sungguh Tuhan dan Juru Selamat.

Kedua, tempat penantian upah surgawi. Tempat penantian ini berisikan orang-orang yang selama hidup di dalam dunia sungguh percaya kepada Yesus, melayani, dan rela berkorban demi kesaksian akan nama Yesus. Tempat ini disebut firdaus dan ini bukan surga. Surga itu baru dapat dirasakan oleh semua orang percaya ketika Yesus sudah datang kedua kali dan menjadi hakim yang adil (bdg. ). Alkitab mencatat bahwa surga yang sesungguhnya turun dari Allah segera sesudah hari penghakiman itu (). Manusia yang ada dalam firdaus tidak akan merasakan kesakitan karena nyala api. Roh mereka sudah mengalami kesejukan dan kenyamanan sehingga boleh disebut, kendatipun firdaus bukan surga, tetapi sudah seperti surga. Di surga itulah orang percaya akan mengalami kenikmatan dan kebahagiaan kekal yang sejati, yaitu ketika roh manusia disatukan dengan tubuh yang sudah diperbarui dan menikmati anugerah kekal Allah itu. Sementara di firdaus, yang merasakan kenikmatan tersebut barulah roh manusia saja. Mereka menanti penghakiman Yesus dan mereka akan muncul dalam keadaan dibenarkan oleh Yesus Kristus. Penghakiman atas mereka yang berada di firdaus hanya untuk menunjukkan upah mereka masing-masing sesuai dengan seberapa efektif dan efisien usaha mereka dalam mendayagunakan karunia dan talenta yang Tuhan berikan ketika mereka hidup dalam dunia.

Manusia Abadi [SELESAI]Where stories live. Discover now