TIGA

33.5K 2K 282
                                    

“Huuuufth…  Ya Tuhan, sampe kapan nasib gue kayak gini?” Ziva merengek sendiri seraya menyetrika pakaian.  Sesekali jemari lentiknya menyapu keringat yang mengucur di pelipis. 

Hawa panas yang bersumber dari setrika membuatnya merasa gerah.  Sudah berkali-kali ia menyalakan Ac di ruangan itu namun tidak menyala.  Entah apanya yang rusak.  Mau sampai kapan ia berkutat di ruangan panas khusus penyetrikaan itu sementara ia butuh waktu sepuluh menit untuk menyetrika sehelai pakaian.  Setiap kali selesai menyetrika sehelai pakaian, ia menoleh ke setumpuk pakaian menggunung yang menanti untuk disetrika.  Sudah lima hari pembantu yang bertugas menyetrika berhenti bekerja, dan pakaian sudah menumpuk selama lima hari.  Ziva juga mendapati setimbun pakaian anak kecil, tak lain pakaian Afiqa, adiknya Ammar yang masih sekolah TK.

“Oh my God, bisa gempor tangan gue.  Baru sehari kerja udah gini banget nasib gue.  Gimana sebulan?  Apa iya gue bakalan betah?  Rugi banget gue nggak belajar nyetrika selama ini, jadinya repot gini.  Trus ini baju apa lagi, nih.  Modelnya ribet banget.  Gimana cara nyetrikanya?”  Ziva membolak-balikkan gaun milik nyonya besar di atas meja setrikaan.  Modelnya yang aneh membuatnya kesulitan harus memulai menyetrika dari mana.  Bahannya licin, dan Ziva sangat mengenal bahan itu.  Mahal, bro.  Ia juga memiliki pakaian dari bahan yang sama.  Hanya saja, ia tidak tahu bagaimana pembantunya dulu menyetrika pakaiannya itu.

Ziva mulai meletakkan setrika di atas baju tersebut.  Ia heran, semakin setrika digosok di atas baju, kain bergelombang tersebut semakin krispi dan mengeriting. 

“Hah?  My God, ini kenapa baju bisa jadi kayak kentaki goreng gini?”  Ziva membelalak kaget.  Ia akhirnya menjauhkan setrika dari baju.  Telapak tangannya mengelus permukaan kain lalu menjerit histeris.  Pakaian nyonya besar benar-benar berubah jadi krispi.

“Mampus gue, bakalan kena marah, nih.  Gue tau banget ini baju mahal gila.  Duuuh… siap-siap potong gaji, deh.  Atau potong leher aja?  Ya ampun, gimana ini?  Belum apa-apa udah bikin masalah.  Ziva, lo payah banget, sih?  Ampun Tuhan, cukup hukuman-Mu buat gadis payah kayak gue.”  Ziva menghentak-hentakkan kakinya ke lantai kebingungan. Ia terkejut saat menoleh dan mendapati Ammar sudah berdiri di belakangnya.

Ups, ini si ganteng main selonong nggak pake diundang.  Mampus deh gue, ketahuan bikin baju majikan jadi krispi.  Ammar bakalan ngadu ke nyokapnya dan gue langsung dipecat.  Apes.  Ziva membatin panik.

“Kenapa menjerit?” tanya Ammar.

Ziva hanya mengernyit, takut dimarahin jika menjawab.  Bagaimana mungkin Ammar tidak kesal jika melihat pembantu baru sudah merusak baju mahal milik ibunya.

Pandangan Ammar beralih ke sehelai pakaian di atas meja setrikaan.

“Iya itu gara-garanya.”  Ziva menggigit bibir bawah mengikuti arah pandang Ammar.

“Oh..”

Hanya oh?  Kirain bakalan ngamuk?  Ziva nyengir.

Ammar mengambil baju itu lalu membuangnya ke tong sampah yang terletak di sudut ruangan.

Ziva membelalak kaget melihat tingkah Tuan Mudanya itu.

“Kok, dibuang?  Tuan Muda marah?” Masih saja Ziva bertanya Ammar marah atau tidak.  Mungkin setelah itu Ziva akan ditarik dan dibawa menghadap nyonya besar.

“Udah rusak.  Nggak bisa dipakai lagi.  Jadi dibuang aja.”

Ziva terdiam.  Tidak tahu apakah Ammar sedang marah atau bagaimana.

“Mama punya banyak koleksi baju.  Bahkan mama memiliki satu ruangan khusus untuk menyimpan baju-bajunya.  Jika satu aja hilang, Mama nggak akan tahu.  Lupakan itu.”

Ziva mengangguk.  Ia masih belum mengerti apakah Ammar sedang membelanya atau memperingatkannya.  Ekspresi wajah Ammar tampak tenang dan sulit ditebak.

“Ini artinya Tuan Muda nggak akan ngelaporin saya ke nyonya besar, kan?” tanya Ziva polos.

“Enggak.  Dengan satu syarat.”

“Oh eh.. Mm… syarat?  Apa?”

“Seminggu lagi akan ada party yang diadakan kampusku dalam rangka menggalang dana untuk korban bencana alam.  Kamu harus mendampingiku, sebagai pacar.”

“Hah?  Pacar?  Maksudnya pacar pura-pura?”

“Ya.”  Tangan Ammar menjulur kea rah Ziva membuat gadis itu bingung dirinya mau diapain. 

Ziva tertegun saat telunjuk pria itu mengusap tetesan keringat yang mengaliri pelipisnya. 

“Satu lagi, kalo kamu mau pergi ke kampus, tinggalin aja pekerjaanmu.  Selesaikan urusan kampusmu dulu.  Urusan kerjaan belakangan.  Yang penting setelah urusan kampusmu selesai, kerjaanmu beres.”

Ziva mengangguk lagi.

“Aisa!” panggil Ammar membuat Aisa, gadis seumuran Zova tergopoh memasuki ruangan.  Ziva mengenal gadis itu sehari kemarin, mereka berbagi banyak kisah dan terlihat sangat kompak.

“Ya, Tuan Muda!” Aisa yang bertugas sebagai tukang sapu lantai pun muncul.

“Bantu Ziva mengangkati semua pakaian dan perlengkapan untuk menyetrika ke kamar Ziva.  Di ruangan ini Ac-nya rusak.”  Ammar kemudian melenggang pergi.

Aisa tersenyum menatap Ziva.  “Yuk, gue bantuin.”

Ziva mengangguk penuh semangat.  Mereka mengangkuti pakaian dalam keranjang, setrika sekaligus mejanya ke kamar Ziva.

“Kok, bisa sih Tuan Muda nyuruh lo tidur di kamar ini?” ucap Aisa sembari duduk di sisi ranjang dan mata berputar mengamati seisi kamar.

“Nggak tau.  Emang kenapa?”

“Ini tuh kamar tamu.  Padahal kamar pembantu masih ada yang kosong di belakang.  Trus kalo ada tamu mau ditarok mana?”

Ziva terdiam dengan sejuta pikiran.  Bagaimana bisa Ammar meletakkan dirinya di kamar tamu?  Pantas saja Ammar mengambil alih tugas yang seharusnya Dalman lakukan, ia melarang Dalman menunjukkan kamar dan justru Ammar sendiri yang menunjukkan kamar untuk Ziva.  Ternyata Ammar sengaja melakukan hal itu supaya dirinya mendiami kamar tamu.

“Bisa ajarin gue nyetrika nggak?” ucap Ziva.

“What?  Lo nggak bisa nyetrika?”

“Kalo gosok-gosok doang sih semua orang bisa.  Tapi gimana triknya biar nyetrikanya bisa kelar dalam waktu singkat?  Ngalipatnya juga gimana?”

“Duh, ini tuan putri kagak bisa nyetrika tapi kerjanya di bagian nyetrika.  Kalo enggak, kita tukeran aja.  Lo yang bagian nyapu ngepel, gue yang bagian nyuci sama nyetrika, gimana?”

“Enggak mau.  Entar gue masuk-masuk ke kamar nyonya besar lagi buat nyapu ngepel.”

“Apa bedanya?  Lo narok baju hasil setrikaan juga bakalan masuk ke kamar majikan.  Ya udah, sini gue ajarin.  Salah-salah nyetrika, bisa diomelin nyonya Prity abis-abisan entar lo.”

Ziva mengernyit, ia baru tahu nama nyonya besarnya adalah Prity.  Prity Zinta kali ya?

“Emangnya nyonya besar itu cerewet, ya?” tanya Ziva.

“Banget.  Liat aja, dari mukanya aja udah keliatan bengisnya.  Melebihi cerewetnya angsa.  Apa lagi kalo udah marah, merepetnya bisa sampe satu jam.  Mulutnya tajem bin pedes banget.”

“Lo pernah kena marah?”

“Pernah.  Sampe-sampe gue nangis.  Dia ngatain gue babu tolol-lah, begok-lah, nggak bisa kerjalah, macem-macemlah.  Sakit banget hati gue.  Tapi mau gimana lagi, gue butuh kerjaan ini.”

Ziva mengerucutkan bibir.  Bagaimana jadinya jika ia yang terkena omelan si Prity?

Aisa mulai mengajari Ziva cara menyetrika dan melipat pakaian yang baik dan benar.  Ia juga turut membantu menyelesaikan pekerjaan Ziva.

***

Tbc

Mana nih yang mau lanjut? 👆

Married With Tuan MudaWhere stories live. Discover now