URBAN LEGEND#131: TIKUNGAN AMOY

31.4K 2.1K 114
                                    

" TIKUNGAN AMOY "
- INDONESIA -
- SC : Urbanlejen -

.

***

Tikungan Amoy adalah nama sebuah jalanan menikung di kawasan Desa Bandar Baru, Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia. Nama tikungan ini diambil dari beberapa peristiwa terkait sebuah tragedi kecelakaan berujung maut yang terjadi tepat di tikungan yang dulunya bernama Tikungan Manis. Amoy sebenarnya merupakan panggilan yang biasa ditujukan kepada gadis Tionghoa, keturunan Cina yang tinggal di Indonesia.

***

.

Tahun 1970an, sebuah kendaraan penumpang membawa beberapa orang menuju ke Berastagi, di antaranya kebanyakan adalah gadis-gadis Tionghoa. Kendaraan itu lalu mengalami kecelakaan ketika melintas di sebuah tikungan jalanan Medan ke Berastagi. Tajam dan curamnya tikungan tersebut, mengakibatkan kendaraan lepas kendali sehingga kecelakaan fatal pun tidak dapat dihindari. Korban akhirnya berjatuhan, beberapa gadis-gadis yang ikut dalam kendaraan tersebut tewas seketika.

Sejak kejadian itu, cerita-cerita hantu kemudian merebak di sekitar pengguna jalan yang pernah melintas di daerah itu. Keangkeran tikungan itu kian menjadi nyata ketika malam tiba. Beberapa orang mengaku pernah melintas di situ, dan melihat hantu gadis Tionghoa di tikungan tersebut. Tak berapa lama setelah itu, kendaraan yang mereka kemudikan mendadak mogok.

Di lain kesempatan, seorang wanita mengaku melihat sosok yang cukup aneh ketika melintasi tikungan itu. Seorang gadis keturunan Cina terlihat mengenakan pakaian vampir tiba-tiba muncul di hadapannya hingga membuatnya ketakutan.

Suatu waktu, seorang sopir penumpang melaju dengan mobilnya hendak melintas tikungan tersebut. Dia kemudian melihat seorang gadis yang berusaha menghentikan mobilnya. Sopir itu pun berhenti dan memberi tumpangan kepada gadis itu. Awalnya sang sopir tidak merasakan ada yang aneh, namun ketika tak sengaja melihat ke belakang mobilnya melalui kaca spion, sopir itu langsung terperanjat ketakutan. Gadis yang tadi menumpang berubah menyeramkan dengan tubuh yang berlumuran darah. Tak lama kemudian, mesin mobil yang dikendarainya mendadak mati. Tak tahan dengan teror di depan matanya, sopir itu langsung lari meninggalkan kendaraannya.

Cerita hantu yang menumpang sebuah mobil dialami juga oleh seorang pria yang menghentikan mobilnya setelah dihentikan oleh seorang wanita berpakaian hitam dan putih. Wanita itu lalu memohon tumpangan karena sulitnya mendapatkan kendaraan. Pria itu kemudian mengabulkannya, namun ketika wanita itu sudah duduk di bangku belakang mobilnya. Mobil pria tadi tidak bisa dinyalakan. Tak lama, dia kemudian menoleh ke bangku belakang untuk memeriksa sesuatu. Namun wanita tadi sudah tidak berada di situ, menghilang entah kemana. Pria tersebut langsung ketakutan, dan berusaha menghidupkan kembali mobilnya. Anehnya, mobilnya langsung bisa dinyalakan kembali.

Seorang sopir angkutan kota juga mengaku pernah melihat penampakan hantu gadis Tionghoa di tikungan tersebut. Saat itu, dia mencium aroma harum bunga melati yang tajam sebelum akhirnya melihat seorang gadis muncul dihadapannya dengan berpakaian gadis-gadis Cina jaman dulu.

Seringnya penampakan hantu gadis-gadis Tionghoa muncul di sana membuat tikungan tersebut dinamakan dengan sebutan Tikungan Amoy. Walau begitu, penampakan hantu gadis-gadis Tionghoa tersebut konon tidak membahayakan para pengendara. Justru memperingatkan mereka yang melintas di sana agar berhati-hati karena terjal dan curamnya kondisi jalanan di sana.

.

***

Menampakkan diri justru hanya untuk memperingatkan mereka terhadap kondisi jalan?
Hantu yang baik :v

Urban LegendsWhere stories live. Discover now